Woman
·
13 November 2020 18:19

Melihat Penampakan Berlian Pink Langka yang Laku Dilelang Rp 357 Miliar

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Melihat Penampakan Berlian Pink Langka yang Laku Dilelang Rp 357 Miliar (363302)
The Spirit of the Rose, berlian ungu-merah muda terbesar di dunia dengan 14,83 karat, sebelum di lelang di Jenewa Foto: Denis Balibouse/Reuters
Sebuah berlian langka berwarna gradasi pink-ungu laku terjual seharga 26,6 juta dolar AS atau Rp 357 miliar di pameran pelelangan, Sotheby. Berlian yang dideskripsikan sebagai benda alami terindah ini berasal dari Rusia dan disebut dengan berlian 'The Spirit of Rose'.
ADVERTISEMENT
Dilansir Reuters, berlian ini awalnya dilelang dengan harga permulaan Rp 248 miliar dan diperkirakan bisa terjual hingga 23 juta dolar AS (Rp 327 miliar). Di luar dugaan, berlian yang berbentuk oval ini justru ditaksir Rp 30 miliar lebih tinggi dari harga perkiraan. Kabarnya, pembelinya adalah seorang miliuner yang tidak mau disebutkan namanya.
Melihat Penampakan Berlian Pink Langka yang Laku Dilelang Rp 357 Miliar (363303)
The Spirit of the Rose, berlian ungu-merah muda terbesar di dunia dengan 14,83 karat, sebelum di lelang di Jenewa Foto: Denis Balibouse/Reuters
Ahli perhiasan asal Swiss yang memimpin pelelangan ini, Benoit Repellin, mengatakan bahwa berlian ini menjadi pencetak rekor sebagai berlian gradasi pink-ungu yang terjual dengan harga paling mahal selama pelelangan. Berlian seberat 14,83 karat itu adalah berlian merah muda terbesar yang pernah dilelang.
Berlian ini terbuat dari potongan bongkahan batu berlian merah muda terbesar yang pernah ditemukan di Rusia. Kemudian disempurnakan dan dipercantik oleh ahli berlian asal Rusia, Alrosa, pada Juli 2017 lalu. Menurut para ahli berlian, batu berlian berwarna dianggap sebagai aset paling berharga bagi kaum jetset. Dalam beberapa tahun terakhir ini, banyak miliuner yang rajin berburu berlian warna-warni, termasuk juga berlian pink ini.
Melihat Penampakan Berlian Pink Langka yang Laku Dilelang Rp 357 Miliar (363304)
The Spirit of the Rose, berlian ungu-merah muda terbesar di dunia dengan 14,83 karat, sebelum di lelang di Jenewa Foto: Denis Balibouse/Reuters
Bahkan saking larisnya diburu, pertambangan berlian di Australia Barat, Argyle, harus menghentikan produksinya karena stok berlian yang menipis. Diketahui, Argyle adalah salah satu tambang besar yang memasok berlian merah muda terbesar di dunia.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Managing Editor 77 Diamonds (situs penjualan berlian online terbesar di Eropa), Tobias Kormind, jual-beli berlian pink bisa mendapatkan keuntungan yang berkali-kali lipat dari harga belinya.
Melihat Penampakan Berlian Pink Langka yang Laku Dilelang Rp 357 Miliar (363305)
The Spirit of the Rose, berlian ungu-merah muda terbesar di dunia dengan 14,83 karat, sebelum di lelang di Jenewa. Foto: Denis Balibouse/Reuters
"Pembeli yang beruntung bisa mendapat untung dari harga berlian merah muda, karena harganya melonjak di tahun-tahun berikutnya akibat berlian yang mulai langka," jelas Tobias.
Ya, berlian berwarna-warni ini menjadi salah satu batu mulia yang paling diburu di dunia. Batu berwarna ini digemari karena memiliki bentuk kisi tertentu yang bisa membiaskan cahaya yang dianggap sangat indah.