Woman
·
9 Oktober 2020 20:16

Membersihkan Rumah Bisa Bantu Meredakan Stres, Benarkah?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Membersihkan Rumah Bisa Bantu Meredakan Stres, Benarkah? (15847)
Ilustrasi membersihkan rumah. Foto: Shutterstock
Ladies, pernahkah kamu merasa sangat stres tapi malah ingin membersihkan rumah?
ADVERTISEMENT
Jika pernah, kamu tak perlu merasa aneh. Sebab menurut beberapa psikolog, melakukan kegiatan bersih-bersih rumah seperti menyapu atau cuci piring memang bisa meredakan stres.
Sebuah studi yang dirilis pada jurnal Mindfulness menemukan beberapa fakta baru pada orang yang menjadi partisipan dalam program mencuci piring yang mindful. Ternyata, selama mencuci piring, para partisipan dengan sengaja menghirup aroma sabun dan membiarkan kulitnya menikmati air hangat atau yang mengalir.
Membersihkan Rumah Bisa Bantu Meredakan Stres, Benarkah? (15848)
Ilustrasi mencuci piring bisa jadi cara mengatasi stres. Foto: Shutterstock
Hasilnya, kegiatan tersebut berhasil mengurangi nervous sebanyak 27 persen pada partisipan Dan 25 mengalami perubahan baik pada kesehatan mental.
Selain itu, sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Conecticut di AS menyebutkan bahwa stres atau keresahan sementara yang kita rasakan juga membuat kita bersih-bersih dengan lebih baik.
ADVERTISEMENT
Riset tersebut mengatakan bahwa seseorang yang mengalami stres akan cenderung melakukan suatu hal secara berulang-ulang, salah satunya adalah bersih-bersih. “Kita cenderung ingin melakukan sesuatu ketika resah. Dan biasanya kita ingin melakukan sesuatu yang bisa dikontrol,” ungkap paikolog klinis, Alicia H, Clark, Psy.D seperti dikutip dari GoodHouse Keeping.
Membersihkan Rumah Bisa Bantu Meredakan Stres, Benarkah? (15849)
Ilustrasi membersihkan rumah untuk jaga kesehatan mental. Foto: Shutterstock
Menurutnya, seseorang yang merasa bersih- bersih bisa meredakan stres, biasanya adalah mereka yang mengalami keresahan sementara atau keresahan yang tidak sampi mengganggu aktivitas sehari-hari. “Saat melihat sesuatu di sekeliling, kita cenderung memandangnya dalam bentuk visual, jadi kalau kita sudah banyak pikiran, tentu kita akan makin stres melihat rumah atau kantor berantakan, tentu pikiran akan semakin down,” pungkasnya.
Dalam pikiran kita, clutter atau barang-barang berantakan dianggap sebagai urusan yang belum selesai. Jadi tak heran kalau kondisi tersebut bisa membuat kita merasa stres. Oleh karena itu, membersihkan barang-barang yang berantakan juga bisa jadi solusi untuk meredakan stres itu sendiri.
Membersihkan Rumah Bisa Bantu Meredakan Stres, Benarkah? (15850)
Membersihkan Rumah Bisa Bantu Meredakan Stres, Benarkah?. Foto: Shutterstock
Jadi ketika kita memutuskan untuk membersihkan semua sudut rumah ketika stres, itu adalah sebuah bentuk kepedulian yang baik terhadap diri sendiri. “Itu artinya kamu berusaha mengontrol sesuatu yang bisa dikontrol sekaligus membuat lingkungan sekitar jadi tempat yang lebih nyaman,” jelas Dr Alicia H. Clark.
ADVERTISEMENT
Sebab menurutnya, seseorang sering kali mengalami stres karena tidak bisa mengontrol apa yang sedang terjadi dalam hidupnya. Jadi ia menyarankan, selain olahraga dan melakukan hal menyenangkan lainnya, kita juga harus menyempatkan waktu untuk membersihkan rumah setidaknya 10 menit per hari.