Woman
·
6 Mei 2021 10:41

Membilas Rambut dengan Air Beras, Benarkah Bisa Memberikan Manfaat Baik?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Membilas Rambut dengan Air Beras, Benarkah Bisa Memberikan Manfaat Baik? (73039)
Ilustrasi Rambut. Foto: Ilustrasi Masker Rambut
Air beras lebih dikenal karena manfaatnya untuk wajah dan tanaman. Namun, siapa sangka air ini juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan rambut. Bahkan beberapa orang telah melakukan cara ini dan terbukti rambutnya menjadi lebih berkilau dan halus dari biasanya.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah masyarakat Desa Huangluo China yang mendapatkan predikat sebagai desa dengan rambut terpanjang sedunia. Predikat tersebut diberikan oleh Guinness World Record pada tahun 2004 karena panjang rambut anak-anak perempuan di desa itu mencapai 5 kaki orang dewasa.
Dikutip dari Enjin Sight, rahasia mengapa perempuan di desa tersebut dapat merawat rambut panjang dengan sangat baik terdapat pada air beras. Diketahui juga bahwa sudah dari turun temurun masyarakat Desa Huangluo menggunakan air beras untuk membilas rambut.
Baru-baru ini pun warga TikTok diramaikan dengan percobaan membilas rambut dengan air beras. Menurut warganet, hal tersebut dilakukan untuk mengetahui manfaat apa yang akan didapatkan. Entah kebetulan atau tidak, kebanyakan orang yang mencoba tren ini selalu berakhir dengan mendapatkan rambut yang berkilau dan lebih halus.
ADVERTISEMENT
Lantas, apakah benar membilas rambut menggunakan air beras dapat membawa manfaat yang baik? Dikutip dari Cosmopolitan, berikut penjelasannya.

Kandungan pada air beras membawa manfaat, tapi tidak untuk semua orang

Membilas Rambut dengan Air Beras, Benarkah Bisa Memberikan Manfaat Baik? (73040)
Ilustrasi beras. Foto: dok.shutterstock
Menurut dr. Morgan Rabach, MD dari LM Medical, New York, menyebutkan bahwa air beras mengandung nutrisi seperti asam amino, inositol, vitamin B, vitamin E, mineral dan antioksidan. Kandungan-kandungan yang ada di dalam air beras itu yang dipercaya memberikan manfaat untuk kesehatan rambut.
Namun, bukan berarti penggunaan air beras dapat memberikan manfaat yang sama untuk orang lain. dr. Morgan kembali menjelaskan bahwa khasiat yang didapatkan dari air beras bergantung pada jenis rambut, tekstur, serta gaya hidup masing-masing individu.
Apabila pola hidup serta cara kamu merawat rambut tidak baik sebelumnya, hal itu juga berpengaruh pada perawatan air beras yang kamu lakukan. Bisa saja tidak ada hasil apa pun atau paling buruknya yakni rambut mengalami kerusakan.
ADVERTISEMENT

Air beras bisa memberikan dampak positif sekaligus negatif untuk rambut

Membilas Rambut dengan Air Beras, Benarkah Bisa Memberikan Manfaat Baik? (73041)
Ilustrasi Rambut Tebal dan Bervolume. Foto: Dok. Shutterstock
Meskipun beberapa orang merasakan hasil positif dari penggunaan air beras untuk membilas rambut. Namun, sebagai perempuan, penting untuk mengetahui dampak apa saja yang dirasakan baik secara positif dan negatifnya.
Air beras memang memiliki kandungan yang dipercaya berguna untuk kesehatan rambut seperti menguatkan, memperhalus, ataupun menambah volume rambut. Tetapi perhatikan juga penggunaan air beras yang justru bisa membuat rambut menjadi kering.
Misalnya air pati atau bisa disebut dengan kandungan yang tidak larut bisa membawa kerusakan untuk rambut, seperti kerapuhan atau penumpukan kandungan di kulit kepala. Untuk kamu yang memiliki rambut tipis, lebih baik berhati-hati karena bisa saja hasil yang didapatkan malah menyebabkan rambut patah.
ADVERTISEMENT
"Apabila rambut kamu tipis, maka air beras akan menimbulkan penumpukan protein yang menyebabkan kekeringan dan kerusakan ekstrem dengan cepat," ungkap dr. Rabach.

Cara pembuatan air beras

Membilas Rambut dengan Air Beras, Benarkah Bisa Memberikan Manfaat Baik? (73042)
Ilustrasi air beras. Foto: dok.shutterstock
Pembuatan air beras untuk membilas rambut tidak begitu sulit, kamu cukup mencampurkan air lebih banyak sekitar empat gelas dari beras. Kemudian, kamu bisa merebusnya dan lakukan penyaringan agar tidak ada kotoran ketika ingin dibilas. Untuk hasil yang semakin maksimal, kamu bisa mengaplikasikannya setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.
Bagaimana Ladies? Selamat mencoba, ya!
Penulis: Johanna Aprillia