Ilustrasi Rambut Tebal dan Bervolume

Mengenal 3 Kondisi Rambut dan Cara Merawatnya dengan Produk yang Tepat

9 Desember 2020 10:01
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Mengenal 3 Kondisi Rambut dan Cara Merawatnya dengan Produk yang Tepat (82830)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Rambut Sehat dan Bervolume Foto: Dok. Shutterstock
ADVERTISEMENT
Memiliki rambut yang indah dan sehat merupakan idaman bagi setiap orang, terutama perempuan. Sehingga tak heran jika banyak perempuan rela melakukan beragam perawatan khusus untuk mendapatkan rambut idaman tersebut.
ADVERTISEMENT
Berbicara soal perawatan rambut, ada banyak sekali jenis perawatan yang biasa dilakukan oleh perempuan; seperti keramas, menggunakan hair conditioner secara teratur, hingga creambath di salon-salon kecantikan. Akan tetapi sebelum menentukan perawatan tersebut, alangkah baiknya kamu mengetahui jenis atau kondisi rambut yang dimiliki agar perawatannya pun bekerja secara maksimal.
“Langkah awal untuk mengetahui jenis perawatan yang tepat adalah dengan mengenal jenis rambut atau masalah rambut yang dimiliki. Apakah rambutnya normal, berminyak, kering, atau rontok,” kata Christina Yusuf, Senior Hair Care R&D Manager Dove Indonesia, kepada kumparanWOMAN pada Rabu (25/11).
Menurut Christina, jika kamu sudah mengetahui kondisi atau permasalahan rambut yang sedang dihadapi, maka kamu pun bisa menentukan perawatan rambut yang tepat dengan produk hair care yang sudah dirancang untuk berbagai jenis dan tipe rambut. Nah, untuk mempermudah kamu dalam melakukan perawatan sesuai dengan jenis atau kondisi rambut, berikut kumparanWOMAN rangkum informasinya.
ADVERTISEMENT

Rambut rontok

Mengenal 3 Kondisi Rambut dan Cara Merawatnya dengan Produk yang Tepat (82831)
zoom-in-whitePerbesar
ilustrasi rambut rontok Foto: Shutterstock
Rambut rontok adalah kondisi ketika helai-helai rambut copot dari kulit kepala atau area lain di tubuh. Kondisi ini disebabkan oleh berbagai hal, termasuk faktor genetik, perubahan hormon, hingga konsumsi obat-obatan tertentu.
Ketika mengalami rambut rontok, kita mungkin akan jadi sangat khawatir akan munculnya kebotakan atau rambut yang tampak tipis. Karena itu, untuk mencegah hal-hal buruk itu terjadi, lakukanlah beberapa perawatan berikut ini:

1. Keramas pakai produk sampo dan kondisioner untuk rambut rontok

Menurut Christina, rambut rontok membutuhkan perawatan khusus dan ekstra. Oleh karena itulah, kamu tidak bisa sembarangan dalam memilih produk sampo dan kondisioner.
“Saya sarankan untuk menggunakan produk sampo dan kondisioner khusus untuk rambut rontok. Penggunaan dua produk itu wajib banget karena bisa mengurangi kerontokan,” ujarnya.
Mengenal 3 Kondisi Rambut dan Cara Merawatnya dengan Produk yang Tepat (82832)
zoom-in-whitePerbesar
Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo Foto: Dok. Dove
Sebagai referensi, kamu bisa memilih produk Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo. Produk ini diformulasikan khusus untuk rambut rontok dan bisa menutrisi rambut dari akar hingga ke ujung rambut. Sehingga rambut pun akan terlihat lebih cantik, sehat, dan bervolume.
ADVERTISEMENT
Selain itu, formula pada sampo ini juga bisa melindungi setiap helai rambut, dan diklaim bisa mengurangi kerontokan hingga 98%. Dengan Nutrilock aktif, Dove Total Hair Fall Treatment Shampoo bisa menyerap ke tiap helai rambut untuk membantu meminimalisir rambut patah dan menjadikannya kuat dan indah setiap digunakan.

2. Pilih sisir yang tepat

Menurut dermatolog asal AS, Stephanie S. Gardener, MD, kepada WebMD, menyisir rambut dengan teknik yang tepat bisa mengurai helai-helai dan mencegah rambut rontok yang lebih banyak. Pastikan kamu memilih sisir yang tepat dan menyisir rambut secara menyeluruh dari bagian kulit kepala hingga ujung rambut. Kamu juga harus menghindari untuk menyisir rambut dalam keadaan basah, sebab rambut basah sangat rapuh dan bisa menyebabkan kerontokan rambut yang parah.
ADVERTISEMENT

3. Hindari menggunakan alat styling panas

Alat styling (seperti hair dryer dan catok rambut) memang sering kali diandalkan untuk membuat rambut jadi lebih rapi dan menawan. Tetapi perlu diingat, suhu panas pada hair dryer maupun catokan bisa membuat rambut jadi rapuh dan mudah rontok.
Karena itu, hindarilah menggunakan alat styling rambut, untuk meminimalisir kerontokan rambut. Jika ingin tetap mengeringkan rambut dengan hair dryer, pastikan jarak pengering dengan rambut tidak terlalu dekat, ya Ladies!

Rambut berminyak

Mengenal 3 Kondisi Rambut dan Cara Merawatnya dengan Produk yang Tepat (82833)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Rambut Berminyak Foto: Shutter Stock
Ciri khas dari rambut berminyak adalah kondisi sebum yang berlebihan di kulit kepala. Pada jumlah yang normal, sebum berguna untuk menjaga kelembapan rambut dan menghindari rambut dari kekeringan dan kerusakan. Sedangkan, sebum berlebih dapat mengakibatkan rambut jadi berminyak, mudah lepek, sering mengalami ketombe, dan cenderung tampak kilap.
ADVERTISEMENT
Karena itulah, perawatan rambut berminyak pun tidak boleh sembarangan. Berikut cara merawat rambut berminyak yang bisa kamu praktikkan di rumah.

1. Gunakan sampo yang tepat

Mengenal 3 Kondisi Rambut dan Cara Merawatnya dengan Produk yang Tepat (82834)
zoom-in-whitePerbesar
Dove Volume Nourishment Shampoo Foto: Dok. Dove
Menggunakan produk yang tak sesuai dengan jenis rambut ternyata bisa membuat rambut terasa lebih berat pada bagian akar dan membuat kulit kepala semakin berminyak. Karena itu, gunakanlah produk sampo khusus untuk rambut berminyak, seperti Dove Volume Nourishment Shampoo. Produk ini diklaim mengandung formula Oxyfusion yang bisa memberikan kelembapan alami dan menambah volume ekstra pada rambut.
Selain itu, formula Oxyfusion juga bisa membuat rambut lebih lembut, lembap, dan menambah volume ekstra pada rambut sampai 95%. Dengan busanya yang lembut, wangi, dan menyegarkan, rambut kamu akan terasa benar-benar rileks, sehat, dan ternutrisi.
ADVERTISEMENT

2. Tetap gunakan kondisioner

Rambut berminyak tidak bisa dijadikan alasan kamu untuk menghindari kondisioner. Sebab, menurut Christina, kondisioner berfungsi menutrisi helai rambut sehingga rambut pun jadi lebih halus dan ringan.
“Pilih kondisioner yang lebih ringan dan tetaplah mengaplikasikannya hanya pada bagian tengah hingga ujung rambut,” tambahnya.

3. Cuci rambut secara rutin

Menurut Christina, mencuci rambut secara rutin bisa menjadi alternatif untuk mengatasi rambut berminyak. “Mengapa? Agar memastikan rambut tetap bersih dan bebas kotor. Jika rambut bersih, otomatis kemungkinan kita mendapat masalah di rambut juga semakin berkurang. Misalnya rambut berminyak kalau didiamkan dan jarang keramas, bisa menimbulkan masalah lain seperti rontok dan berketombe,” tegas Christina.

4. Jangan sering menyentuh rambut

Sering menyentuh atau memainkan rambut ternyata bisa memicu kulit kepala dan rambut menjadi berminyak. Disebut demikian, karena kondisi ini bisa menstimulasi kulit kepala sehingga memproduksi minyak lebih banyak. Karena itu, sentuhlah rambut sejarang mungkin jika kamu memiliki kecenderungan rambut berminyak.
ADVERTISEMENT

Rambut berketombe

Mengenal 3 Kondisi Rambut dan Cara Merawatnya dengan Produk yang Tepat (82835)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ketombe. Foto: Shutter Stock
Ketombe merupakan salah satu kondisi kulit kepala kronis yang sangat umum terjadi, dan biasanya berbentuk serpihan kulit mati berwarna putih. Beberapa ahli percaya bahwa ketombe disebabkan oleh peningkatan produksi minyak dan sekresi, serta bertambahnya yeast (jamur).
“Ketombe itu muncul karena adanya jamur malassezia di kulit kepala, dan itu biasanya tumbuh di tempat yang lembap,” terang Christina.
Untuk mengatasi kondisi rambut tersebut, sebetulnya ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Simak cara-caranya berikut ini:

1. Cuci rambut secara rutin

Salah satu cara merawat rambut berketombe adalah dengan mencuci rambut secara rutin. Menurut Christina, dengan mencuci rambut secara rutin, maka sel-sel mati dan kotoran yang menempel di kulit kepala pun bisa terangkat.
ADVERTISEMENT

2. Gunakan sampo anti ketombe

Mengenal 3 Kondisi Rambut dan Cara Merawatnya dengan Produk yang Tepat (82836)
zoom-in-whitePerbesar
Dove Dandruff Care Shampoo Foto: Dok. Dove
Untuk mengatasi ketombe, kamu bisa menggunakan sampo khusus anti ketombe. Salah satu produk sampo yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Dove Dandruff Care Shampoo. Produk ini bisa menjadi solusi tepat untuk mencegah ketombe muncul, karena formulanya bekerja dengan cepat; mulai dari membersihkan dan mencegah muncul kembali sejak pertama kali mencuci rambut.
Tak hanya itu, sampo ini juga mengandung zinc pyrithione yang telah teruji klinis dan terbukti dapat menghilangkan ketombe dan gatal pada kulit kepala. Menariknya, formula pada sampo ini juga bisa menutrisi dari akar hingga ke ujung rambut, sehingga tak hanya menghilangkan ketombe, namun juga bisa menjadikan rambut sehat dan ternustrisi.

3. Bilas sampo hingga bersih

Saat mencuci rambut dengan sampo, pastikan untuk membilasnya hingga bersih, ya Ladies! Sebab, residu sampo yang masih tertinggal di kulit kepala bisa membuat pori-pori tersumbat. Sehingga kulit kepala pun akan lebih cepat berminyak dan mengundang kotoran.
ADVERTISEMENT
Nah Ladies, sudah tahu kan pentingnya mengenal kondisi rambut untuk menentukan perawatan dan produk yang tepat? Yang paling penting juga, jangan pernah ragu untuk mengekspresikan diri dengan gaya rambut pilihan yang bikin kamu tambah percaya diri.
Disclaimer: Artikel ini merupakan kerjasama kumparanWOMAN dengan DOVE untuk kampanye Rambut Aku Kata Aku. Untuk cerita menarik lainnya seputar isu ini, kunjungi topik Ragam Kecantikan Perempuan Indonesia.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)