Woman
·
11 Januari 2021 15:15

Menurunkan Berat Badan dengan Oatmeal, Ini Manfaat & Cara Mengolah dengan Tepat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Menurunkan Berat Badan dengan Oatmeal, Ini Manfaat & Cara Mengolah dengan Tepat (130112)
Ilustrasi Oatmeal. Foto: Pixabay
Oatmeal memang dikenal sebagai makanan yang membantu menurunkan berat badan. Tetapi, apakah menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi oatmeal adalah hal yang baik?
ADVERTISEMENT
Menurut Chaim Ross seorang ahli gastroenterologi di NYU Langone di Great Neck Medical, oatmeal membantu seseorang menjadi lebih kenyang, menurunkan lonjakan gula, dan menurunkan insulin. "Itulah yang akan membuat kamu merasa kenyang dan berhenti untuk makan," jelasnya dalam Insider.
Penjelasan dari ahli gastroenterologi tersebut dapat memberikan arti bahwa menurunkan berat badan dengan oatmeal adalah hal yang baik. Namun meski memiliki manfaat yang baik, dibutuhkan juga pengolahan yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal.
Guna mengetahui manfaat dan bagaimana cara mengolahnya, kumparanWOMAN telah merangkum beberapa hal tentang oatmeal. Apa saja? Yuk, simak ulasan di bawah ini.

Manfaat oatmeal dalam menurunkan berat badan

1. Oatmeal membuat kamu lebih kenyang

Menurunkan Berat Badan dengan Oatmeal, Ini Manfaat & Cara Mengolah dengan Tepat (130113)
Oatmeal dengan biji chia Foto: Shutterstock
Serat makanan yang ada dalam oatmeal akan membuat kamu yang mengkonsumsinya akan merasa kenyang. Karena rasa kenyang yang didapatkan, kamu akan lebih mudah mengatur rasa lapar.
ADVERTISEMENT
"Oat memiliki serat yang membentuk formula, sehingga orang akan cepat merasa kenyang," jelas Chaim Ross seperti dikutip oleh Insider.
Karena itu oatmeal akan sangat tepat untuk kamu yang ingin mengatur pola makan agar lebih terkontrol. Dengan terkontrolnya pola makan, tentu akan lebih mudah untuk kamu menurunkan berat badan.

2. Oatmeal membantu menjaga gula darah

Tahukah kamu bahwa oatmeal juga bisa menjaga gula darah yang ada dalam tubuhmu agar tidak terlalu tinggi. Hal itu disebabkan karena oatmeal termasuk ke dalam makanan yang memenuhi syarat indeks glikemik rendah atau GI.
"Oleh karena itu, oatmeal bisa menjaga gula darah agar tidak melonjak tinggi selama makan dan juga setelah makan. Sehingga dapat membantu menangkal rasa lapar lebih lama," jelas Ross.
ADVERTISEMENT

3. Oatmeal mampu mengontrol insulin

Selain membantu menjaga gula darah agar tidak melonjak jauh, oatmeal juga mampu mengontrol insulin. Mengapa demikian? Penyebabnya karena makanan yang termasuk ke dalam indeks glikemik rendah seperti gandum akan dicerna lebih lambat yang menyebabkan peningkatan gula darah secara bertahap.
Menurunkan Berat Badan dengan Oatmeal, Ini Manfaat & Cara Mengolah dengan Tepat (130114)
Ilustrasi oatmeal Foto: dok.shutterstock

4. Oatmeal meningkatkan sistem kekebalan

Salah satu kandungan yang terdapat dari oatmeal adalah beta glukan. Kandungan tersebut memberi manfaat mengaktifkan sel darah yang mendukung tubuh melawan berbagai macam infeksi. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, tentu badan akan terasa lebih sehat. Oatmeal juga bisa menjadi jawaban untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Cara mengolah oatmeal dengan tepat

Mendapatkan hasil yang maksimal tentu harus diiringi dengan pengolahan oatmeal yang tepat. Tidak sembarangan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dari pengolahannya. Contohnya seperti banyaknya gula atau berapa ukuran porsi yang tepat.
ADVERTISEMENT
Secara singkat, ini cara yang bisa kamu lakukan dalam mengolah oatmeal untuk menurunkan berat badan yang disarankan oleh Chaim Ross.
1. Jangan menambahkan terlalu banyak gula. Dibandingkan menambah gula, lebih baik campurkan oatmeal kamu dengan beberapa buah seperti stroberi, pisang, ataupun blueberry.
2. Perhatikan porsi oatmeal kamu. Oatmeal dengan porsi yang terlalu banyak juga tidak akan baik. Jadi, perhatikan kembali porsi sebelum mengkonsumsinya.
Menurunkan Berat Badan dengan Oatmeal, Ini Manfaat & Cara Mengolah dengan Tepat (130115)
ilustrasi oatmeal dengan topping buah-buahan Foto: thinkstockphotos
3. Hindari oatmeal yang instan. Oatmeal yang instan akan memiliki sedikit serat dan indeks glikemiknya akan lebih tinggi dibandingkan oatmeal lainnya.
Selamat mencoba ya, Ladies!