kumparan
9 Desember 2019 13:12

Miss Afrika Selatan Zozibini Tunzi Jadi Miss Universe 2019

PTR, Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi
Miss Universe 2018 Catriona Gray dari Filipina memahkotai Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi asal Afrika Selatan, di Tyler Perry Studios di Atlanta, Georgia. Foto: AFP/VALERIE MACON
Momen yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga. Setelah melewati serangkaian kompetisi ketat, ajang kecantikan Miss Universe 2019 akhirnya mengumumkan pemenangnya.Tahun ini, gelar Miss Universe dipegang oleh Zozibini Tunzi, Miss Afrika Selatan 2019.
ADVERTISEMENT
Nama Zozibini Tunzi sebagai pemenang dalam malam final Miss Universe 2019 yang digelar di Atlanta, AS, pada Minggu (8/12) waktu setempat. Model asal Tsolo, Afrika Selatan ini berhasil mengalahkan lebih dari 90 kontestan lain yang berkompetisi dalam ajang Miss Universe ke-68 itu. Atas kemenangan Tunzi, kontestan lain, yaitu Miss Puerto Rico, Madison Anderson, dinobatkan sebagai Runner-Up ke-1. Sementara, Miss Meksiko, Sofia Aragon, menjadi Runner-Up ke- 2.
Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi
Miss Universe 2018 Catriona Gray dari Filipina memahkotai Miss Universe 2019 Zozibini Tunzi asal Afrika Selatan, di Tyler Perry Studios di Atlanta, Georgia. Foto: AFP/VALERIE MACON
Sesaat sebelum dinyatakan sebagai pemenang, Zozibini sempat menyuarakan ajakan untuk mendobrak stereotip tentang warna kulit dan juga mendukung perempuan-perempuan muda. Hal ini dinyatakannya dalam segmen closing speech, sebuah rangkaian kegiatan baru pada malam final Miss Universe 2019.
"Saya besar dalam dunia yang menganggap perempuan-perempuan dengan penampilan, kulit, serta rambut seperti saya sebagai tidak cantik. Saya rasa, hari ini adalah waktunya untuk menghentikan pandangan seperti itu," tutur model berusia 26 tahun itu, seperti dikutip NDTV.
Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi
Para kontestan berdiri di sekeliling Miss Universe 2019 terpilih Zozibini Tunzi asal Afrika Selatan, di Tyler Perry Studios di Atlanta, Georgia. Foto: AFP/VALERIE MACON
"Saya ingin agar anak-anak memandang dan melihat wajah saya, lalu melihat bahwa wajah mereka tercermin dalam wajah saya," ujarnya menambahkan.
ADVERTISEMENT
Saat dinobatkan sebagai pemenang, Tunzi tampak terharu. Ia tampak bahagia sekaligus berusaha menahan tangis saat Catriona Gray, Miss Universe 2018, memasangkan mahkota berlian buatan Mouawad dan mengukuhkan kemenangannya.
Video
Setelah momen itu disiarkan, netizen pun segera ramai membicarakan mengenai kemenangan Tunzi. Hingga beberapa jam setelah kemenangan diumumkan, trending topic dunia di Twitter masih didominasi dengan keyword seperti '#MissUniverse2019', 'South Africa', juga '#ZozibiniTunzi'. Tak sedikit netizen yang menggunakan tagar-tagar ini untuk memberikan selamat kepada Miss Universe 2019 itu.
"Dia bukan hanya ratu dunia. Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan adalah Queen of the Universe! Sebarkan berita ini sampai ke menembus stratosfer! Selamat untuk Anda," tulis pengguna Twitter, @UlrichJvV.
"Kalau ini bukan bukti yang mengatakan bahwa impian anak-anak berkulit hitam itu valid, maka saya tidak tahu lagi," tulis @Tebo_Mphahlele.
ADVERTISEMENT
"Wahai anak-anak perempuan dari Afrika, hari ini ratu semesta tampak seperti kalian," tulis @TebogoDitshego.
Sementara itu, mengutip keterangan dari situs resmi Miss Universe, Zozibini Tunzi dikenal sebagai model sekaligus aktivis anti kekerasan berbasis gender. Ia kerap menggunakan media sosialnya untuk menentang aneka stereotip gender yang ada, sekaligus mengadvokasikan kecantikan natural.
Menurut keterangan dari Channel24, Zozibini Tunzi adalah perempuan Afrika Selatan ketiga yang memenangkan gelar Miss Universe. Sebelumnya, Margaret Gardiner memenangkan gelar itu pada 1978 dan Demi-Leigh Nel-Peters di tahun 2017.
Selamat kepada Zozibini Tunzi!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan