Woman13 September 2020 15:55

Mudah Dirawat, Ini 5 Tanaman Hias yang Tak perlu Disiram Setiap Hari

Konten Redaksi kumparan
Mudah Dirawat, Ini 5 Tanaman Hias yang Tak perlu Disiram Setiap Hari (168017)
Ilustrasi Tanaman Hias Foto: Shutterstock
Meletakkan tanaman hias di dalam ruangan kini menjadi salah satu kegiatan yang banyak digandrungi di tengah pandemi. Tak heran, karena bertanam sendiri memiliki segudang manfaat; mulai dari mempercantik sudut ruangan hingga meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi penghuninya.
ADVERTISEMENT
Seperti yang kita ketahui, beberapa tanaman hias membutuhkan perawatan khusus seperti diberi pupuk hingga disiram air setiap hari, agar tidak mudah layu dan juga mati. Namun tahukah Anda kalau ada beberapa tanaman hias yang tak perlu disiram secara rutin? Tanaman-tanaman ini nampaknya cocok dirawat oleh Anda yang kerap lupa jadwal menyiram atau Anda yang hobi bepergian.
Lalu, tanaman hias apa saja yang tak perlu disiram setiap hari? Melansir Good Housekeeping, berikut kumparanWOMAN rangkum untuk Anda.

1. Sukulen

Mudah Dirawat, Ini 5 Tanaman Hias yang Tak perlu Disiram Setiap Hari (168018)
Ilustrasi Sukulen Foto: Shutterstock
Tanaman hias yang satu ini belakangan tengah naik daun. Berukuran kecil dengan variasi spesies yang beragam, cocok dijadikan pemanis ruangan. Selain itu, tanaman yang masih satu kerabat dengan kaktus ini juga memiliki daun tebal (untuk menyimpan cadangan air) sehingga tak perlu disiram secara rutin.
ADVERTISEMENT
Lalu kapan waktu yang tepat untuk menyiram sukulen? Anda harus sering mengobservasi sukulennya. Ketika media tanamnya kering segera lakukan penyiraman. Namun jika media tanamnya masih basah, sebaiknya ditunda. Pengamatan yang baik ini kabarnya bisa menyelamatkan sukulen dari bahaya pembusukan maupun kekeringan.

2. Tanaman ZZ

Mudah Dirawat, Ini 5 Tanaman Hias yang Tak perlu Disiram Setiap Hari (168019)
Pohon Dolar Foto: Shutterstock/New Africa
Tanaman yang kerap dijuluki pohon dolar ini memiliki daun oval berwarna pekat dan juga tebal. Tanaman ini bisa dibilang cukup mandiri, karena tetap bisa tumbuh baik di area yang terkena matahari langsung atau tidak. Selain itu, tanaman ZZ juga tak masalah jika tidak disiram setiap hari. Hanya saja, daunnya yang mengkilap akan lebih cantik jika rutin dibersihkan.

3. Lidah mertua (snake plant)

Mudah Dirawat, Ini 5 Tanaman Hias yang Tak perlu Disiram Setiap Hari (168020)
Tanaman lidah mertua Foto: Shutterstock
Tanaman yang kerap disebut lidah mertua ini sangat digemari karena mudah dirawat. Disebut demikian, karena tanaman hias ini bisa bertahan di hampir setiap situasi, baik itu terkena sinar matahari terik maupun tidak sama sekali. Selain itu, tanaman ini juga masih bisa hidup meski tak harus disiram setiap hari. Anda bisa menyimpan tanaman ini di pekarangan, atau di sudut rumah dalam pot unik agar terlihat semakin estetik.
ADVERTISEMENT

4. Lidah buaya

Mudah Dirawat, Ini 5 Tanaman Hias yang Tak perlu Disiram Setiap Hari (168021)
Tanaman lidah buaya di ruangan Foto: Shutterstock
Tanaman yang memiliki nama ilmiah Aloe Vera ini juga cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Tanaman ini memiliki getah yang bisa dibuat sebagai pelembap kulit atau menyembuhkan luka ringan.
Di samping khasiatnya yang baik untuk kecantikan dan kesehatan, ternyata perawatan lidah buaya juga tergolong mudah karena membutuhkan sedikit asupan air. Tak hanya itu, tanaman ini juga dapat tumbuh subur di tempat dengan paparan cahaya matahari secara tak langsung.

5. Sri rezeki (Chinese evergreen)

Mudah Dirawat, Ini 5 Tanaman Hias yang Tak perlu Disiram Setiap Hari (168022)
Sri rezeki atau tanaman aglaonema. Foto: Shutter Stock
Satu lagi tanaman hias yang tak perlu disiram setiap hari adalah Chinese evergreen atau yang kerap disebut sri rezeki. Tanaman yang memiliki garis dan bintik-bintik pada bagian daun ini tak membutuhkan terlalu banyak air. Alih-alih menyiramnya setiap hari, Anda bisa membiarkan medium tanahnya kering dalam beberapa hari sebelum akhirnya disiram.
ADVERTISEMENT
Selain tak perlu disiram setiap hari, tanaman sri rezeki juga bisa bertahan di hampir setiap situasi, baik itu terkena sinar matahari terik maupun tidak sama sekali. Namun yang pasti, tanaman hias ini tak menyukai daerah dengan intensitas angin yang tinggi dan tak suka hidup dalam suhu udara di bawah 16 derajat celsius.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white