kumparan
Woman20 Maret 2020 9:22

Payudara Sering Terasa Sakit dan Nyeri, Ketahui 5 Penyebabnya

Konten Redaksi kumparan
payudara
Ilustrasi payudara. Foto: Shutterstock
Payudara merupakan salah satu ‘aset’ paling berharga yang dimiliki perempuan. Bahkan payudara juga bisa menjadi salah satu hal penting yang menunjang penampilan seorang perempuan.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, tak jarang payudara bisa menyebabkan beberapa masalah. Seperti terasa nyeri dan sakit yang bisa terjadi karena kita melakukan olahraga, mengalami menstruasi, atau salah mengkonsumsi sesuatu.
Untuk mengetahui lebih lengkap alasannya, berikut kumparanWOMAN telah merangkum lima hal yang menyebabkan payudara kita sering terasa nyeri dan sakit menurut ahli. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini seperti dikutip dari Women’s Health.
1. Sedang menstruasi
Ilustrasi Perempuan Menstruasi
Ilustrasi Perempuan Menstruasi Foto: Shutterstock/Dean Drobot
Menjelang menstruasi, tubuh akan mengalami banyak perubahan. Salah satunya adalah payudara yang terasa sakit, nyeri dan bengkak.
Taraneh Shirazian, M.D. menjelaskan, ada banyak alasan yang bisa menyebabkan payudara terasa sakit. Salah satunya adalah hormon di dalam tubuh berubah ketika Anda berovulasi yang terjadi dua minggu sebelum menstruasi tiba.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kadar hormon estrogen (hormon yang membantu mengatur siklus menstruasi) juga mengalami peningkatan yang diiringi dengan meningkatnya hormon progesteron (hormon yang mempersiapkan tubuh untuk siap hamil). Semua aktivitas hormon ini mengakibatkan rasa sakit hingga nyeri di payudara Anda.
2. Melakukan gerakan olahraga push up
Ilustrasi olahraga
Ilustrasi gerakan Pushup. Foto: Shutterstock
Berolahraga setiap hari memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Namun jangan lupa memperhatikan setiap gerakannya dengan baik ya Ladies. Apalagi jika sedang melakukan push up. Jika tidak dilakukan dengan tepat, push up bisa membuat otot dada terasa sakit.
Nah, letak otot dada ini berada tepat di bawah payudara sehingga biasanya juga memberikan efek nyeri pada payudara.Tetapi Anda tak perlu khawatir karena rasa nyeri ini hanya terjadi sementara. Ladies bisa mengatasinya dengan mengoleskan krim pereda nyeri atau mengompres dengan es batu atau handuk hangat.
ADVERTISEMENT
3. Mengenakan bra tidak sesuai ukuran
bra
Ilustrasi Bra Foto: Shutterstock
Jika payudara sering terasa sakit, mungkin sudah saatnya Anda memeriksa ukuran bra. Sebab, salah satu penyebab payudara sakit adalah karena Anda mengenakan bra dengan ukuran yang lebih kecil dari ukuran payudara.
Menurut Taraneh Shirazian, M.D., mengenakan bra yang terlalu ketat atau terlalu kecil bisa menyebabkan nyeri pada payudara. Tak hanya pada bra yang dikenakan sehari-hari, sport bra dengan ukuran yang tidak sesuai juga bisa ‘melukai’ payudara. Sebab, bra tersebut tak dapat menopang payudara dengan baik sehingga gerakan-gerakan olahraga bisa membuat jaringan tisu payudara ketarik dan menyebabkan sakit.
4. Payudara memiliki banyak benjolan karena jaringan fibrokistik
Ilustrasi Payudara
Ilustrasi Payudara. Foto: Shutter Stock
Dalam suatu kondisi, payudara Anda bisa menjadi keras dan kencang karena payudara kita memiliki jaringan fibrokistik. Pada dasarnya, jaringan fibrokistik ini membuat payudara jadi memiliki banyak benjolan. Namun Anda tak perlu khawatir Ladies, sebab benjolan ini merupakan hal alami yang terjadi pada payudara.
ADVERTISEMENT
Menurut American Cancer Society (ACS), benjolan yang dirasakan pada payudara ini sebenarnya adalah kista jinak atau kantung berisi cairan di dalam payudara. Benjolan tersebut juga tidak meningkatkan risiko kanker payudara. Tetapi mereka dapat membesar, jadi lebih sakit, dan kadang akan berubah menjadi lembut karena pengaruh perubahan hormon saat menstruasi.
5. Payudara sensitif terhadap kopi
kurangi kafein bagi ibu hamil
com-Ilustrasi wanita minum kopi Foto: Shutterstock
Ladies, seperti yang sudah diketahui, payudara kita memiliki jaringan fibrokistik atau tumor jinak yang muncul pada kelenjar susu. Hal ini bisa membuat payudara jadi lebih sensitif terhadap stimulan seperti kopi. Seperti yang sudah banyak kita ketahui, kopi mengandung kafein yang merupakan suatu stimulan yang bisa membuat saluran pada payudara membengkak dan menimbulkan rasa sakit.
“Payudara kita memiliki sedikit saluran, dan, kadang-kadang, saluran itu bisa membengkak karena stimulan seperti kafein dan cokelat. Pembengkakan itu kemudian bisa menyebabkan rasa sakit,” ungkap Diane Young, M.D. Ia menyarankan jika suatu saat payudara Anda dalam kondisi keras atau kencang, sebaiknya kurangi minum kopi atau minuman lainnya yang mengandung kafein agar payudara tidak terasa sakit.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan