Woman
·
16 November 2020 12:46

Penuh Skandal & Sempat Tak Direstui, Ini Kisah Cinta Pangeran Charles & Camilla

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penuh Skandal & Sempat Tak Direstui, Ini Kisah Cinta Pangeran Charles & Camilla (8661)
Pangeran Charles dan Duchess Camilla. Foto: dok. @clarencehouse/ Instagram
Serial The Crown musim ke-4 baru saja tayang di Netflix sejak Minggu (15/11). Pada musim baru ini, episode pertamanya dibuka dengan kekhawatiran Ratu Elizabeth II dan anggota keluarga kerajaan Inggris lainnya terhadap hubungan percintaan antara Pangeran Charles dan Camilla Shand. Pasalnya, kala itu Camilla sudah menikah dengan pria lain setelah ditinggal Charles untuk mengabdi di angkatan laut Inggris.
ADVERTISEMENT
Menurut aturan kerajaan, anggota keluarga Kerajaan Inggris tidak diperbolehkan menjalin hubungan dengan istri orang atau dengan janda yang suaminya masih hidup. Jadi tak heran keluarga Pangeran Charles berusaha keras menjauhkannya dari Camilla. Mereka bahkan berencana menjodohkan Charles dengan banyak perempuan.
Sejak awal, hubungan antara Prince of Wales dan Duchess of Cornwall memang sangat rumit dan kontroversial. Drama perselingkuhan mereka menyita banyak perhatian lantaran terjadi ketika Pangeran Charles masih menikah dengan Putri Diana. Walau demikian, ternyata cinta tetap mengalahkan segalanya. Setelah melalui sekian banyak drama, cinta Charles dan Camilla tetap berhasil mempersatukan mereka.
Untuk kamu yang penasaran dengan kisah cinta Pangeran Charles dan Camilla, bagaimana pertemuan awal mereka dan bagaimana perselingkuhan fenomenal keduanya terjadi, kumparanWOMAN telah merangkum ceritanya. Mengutip berbagai sumber, simak kisahnya berikut ini.
ADVERTISEMENT

Bertemu pertama kali di pertandingan polo di Inggris

Hingga saat ini sebenarnya belum diketahui pasti kapan tepatnya Prince of Wales bertemu pertama kalinya dengan Duchess of Cornwall. Namun menurut laporan BBC, keduanya diyakini bertemu di sebuah pertandingan polo di Windsor Great Park pada 1970.
Tetapi People mengabarkan Pangeran Charles dan Camilla bertemu di sebuah pesta pada 1972. Meski momen pertemuan mereka tidak menemukan titik terang, hal ini tak menghalangi keduanya untuk saling jatuh cinta. Sayang hubungan keduanya tidak berlanjut. Mengutip People, selama enam bulan sebelum Pangeran Charles kembali bertugas bersama angkatan laut Inggris, ia benar-benar jatuh cinta dengan Camilla tetapi tak sempat melamar karena harus kembali melaut pada 1973.
ADVERTISEMENT
Selama berpisah dengan Charles, Camilla memutuskan untuk menikah dengan Andrew Parker Bowles. Keduanya dulu pernah menjalin hubungan, namun Andrew selingkuh dengan Putri Anne. Kemudian pada 1973, Camilla dan Andrew kembali bersama dan memutuskan untuk menikah. Dari pernikahan tersebut, Camilla dan Andrew dikaruniai dua orang anak. Mereka adalah Laura Parker Bowles dan Tom Parker Bowles.

Pangeran Charles dilarang berhubungan dengan Camilla

Setelah kembali dari bertugas, Pangeran Charles rupanya masih menyimpan rasa untuk Camilla. Sayangnya Camilla sudah menikah dan keinginan Charles untuk bertemu dengan Camilla selalu ditentang oleh keluarganya. Bahkan dalam serial The Crown musim ke-4 yang baru dirilis pada Minggu (15/11) di Netflix, keluarga besar Pangeran Charles sangat mengkhawatirkan kehidupan percintaannya.
ADVERTISEMENT
Salah satu orang yang melarang Charles untuk berhubungan dengan Camilla adalah Louis 'Dickie' Mountbatten, Earl Mountbatten of Burma, paman Charles dari keluarga Pangeran Philip. Pada episode pertama The Crown musim ke-4, sebelum kematiannya, Dickie sempat berdebat dengan Charles melalui sambungan telepon. Ia mengingatkan agar Charles sebaiknya mencari perempuan lain, namun dengan keras kepala, Charles marah dan menutup telepon.
Setelah percakapan tersebut, Dickie menulis surat untuk Charles. Melalui surat tersebut Dickie masih berusaha meyakinkan Charles bahwa sebaiknya ia menemukan perempuan muda yang bukan istri orang dan tidak punya masa lalu buruk. Menurut Dickie, calon raja harusnya memilih perempuan yang tidak punya latar belakang rumit. Selain itu, anggota keluarga kerajaan Inggris memang tidak diperbolehkan menikah dengan istri atau suami orang dan menikah dengan janda yang suaminya masih hidup.
Penuh Skandal & Sempat Tak Direstui, Ini Kisah Cinta Pangeran Charles & Camilla (8662)
Camilla Parker Bowles (Foto: Instagram @hrh_duchess_camilla)
Di hari yang sama, Dickie meninggal dunia. Kapalnya dibom oleh Irish Republican Army saat ia sedang memancing lobster bersama cucunya. Sejak kematian Dickie, Charles mulai berubah pikiran dan mempertimbangkan perkataan pamannya. Setelah itu Pangeran Charles berkencan dengan Putri Diana.
ADVERTISEMENT

Pangeran Charles dan Camilla menjalin hubungan diam-diam meskipun masih berstatus menikah

Diana dan Pangeran Charles menikah pada 29 Juli 1981 silam. Pernikahan mereka dihelat begitu megah. Saking mewahnya, pernikahan Charles dan Diana disebut sebagai ‘Fairytale Wedding’ dan ‘Wedding of the Century’. Namun, apalah arti pernikahan fairytale jika pernikahan keduanya tak didasari dengan saling cinta, bahkan memiliki akhir yang tragis.
Penuh Skandal & Sempat Tak Direstui, Ini Kisah Cinta Pangeran Charles & Camilla (8663)
Putri Diana & Camilla Parker Bowles (Foto: Instagram @fotografie_della_storia)
Kenyataannya, pernikahan tersebut memang tidak berjalan mulus seperti di negeri dongeng. Bayang-bayang mantan kekasih, Camilla Parker Bowles begitu pekat di diri Pangeran Charles. Bahkan pada 1986, lima tahun setelah menikah dengan Diana, Pangeran Charles diketahui kembali menjalin hubungan spesial dengan Camilla. Padahal keduanya masih sama-sama dalam hubungan pernikahan sah.

Bocornya rekaman pembicaran intim Camilla dan Pangeran Charles

Sejak awal, hubungan Charles dan Camilla memang sudah menjadi kontroversi. Mulai dari dilarang keluarga, hingga menjalin perselingkuhan. Puncaknya, di awal 1993 sebuah kaset rekaman pembicaraan intim antara Camilla dan Charles tersebar ke publik.
ADVERTISEMENT
Mengutip Harper's Bazaar, rekaman tersebut membeberkan hubungan diam-diam antara keduanya. Kebocoran rekaman itu kemudian memicu pertengkaran hebat dalam hubungan pernikahan masing-masing. Akhirnya, Camilla mengajukan perceraian dengan Andrew pada Januari 1995. Sedangkan Charles dan Diana resmi bercerai pada Agustus 1996.
Di sepanjang proses perceraian masing-masing, Pangeran Charles pernah mengakui perselingkuhannya dengan Camilla pada 1994. Ia menyebutkan bahwa Camilla adalah teman baik. "Dia sudah menjadi teman sejak lama dan akan terus menjadi teman saya dalam waktu yang lama," ungkap Charles.
Hubungan perselingkuhan Pangeran Charles dan Camilla itu bahkan dibenarkan oleh Putri Diana dalam wawancara khusus bersama BBC pada 1955. "Ada tiga orang dalam hubungan kami, jadi terkesan sangat ramai," ungkap Putri Diana seperti dikutip dari Harper's Bazaar.
ADVERTISEMENT

Cinta Camilla dan Charles sempat tidak direstui Ratu Elizabeth II

Setelah melalui berbagai rintangan dan skandal, Kerajaan Inggris pun mulai menerima hubungan Charles dan Camilla. Bahkan kerajaan sudah berencana untuk mengenalkan Camilla sebagai pasangan Pangeran Charles kepada publik sejak Charles dan Diana resmi bercerai. Namun rencana tersebut gagal karena kematian tragis yang merenggut nyawa Putri Diana di Paris pada Agustus 1997.
Penuh Skandal & Sempat Tak Direstui, Ini Kisah Cinta Pangeran Charles & Camilla (8664)
Hubungan Charles dan Camilla sempat tak direstui Ratu Elizabeth II. Foto: Jeff Gilbert/REUTERS
Satu tahun setelah kepergian Putri Diana, Pangeran Charles mulai mengenalkan Camilla pada Pangeran William dan Pangeran Harry. Meski sudah mulai diterima, tapi menurut laporan Los Angeles Times, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip masih belum bisa menyetujui hubungan mereka.
Los Angeles Times menuliskan bahwa di ulang tahun ke-50 Pangeran Charles, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip tidak mau datang dan tak ingin terlibat banyak dalam kehidupan mereka.
Penuh Skandal & Sempat Tak Direstui, Ini Kisah Cinta Pangeran Charles & Camilla (8665)
Ratu Elizabeth II dan Camilla. Foto: Tolga Akmen/AFP
Meski demikian, cinta mereka seakan tak terpatahkan. Pasangan ini tampaknya tidak peduli dengan omongan orang lain dan tetap berani tampil di hadapan publik dan mengakui hubungan keduanya secara resmi. Charles dan Camilla tertangkap kamera berdua untuk pertama kalinya saat menghadiri ulang tahun kakak Camilla di sebuah hotel di London pada 1999.
ADVERTISEMENT
Satu tahun kemudian, Ratu Elizabeth II baru setuju untuk bertemu dengan Camilla. Menurut laporan BBC, Ratu Elizabeth II sempat tak mau bertemu Camilla. Namun demi keseriusan cinta Pangeran Charles terhadap kekasihnya, ratu pun berubah pikiran dan mau hadir ke acara yang diselenggarakan di kediaman Charles dan Camilla.

Pangeran Charles resmi menikah dengan Camilla pada 2005

Sudah resmi mengantongi restu dari Ratu Elizabeth II, Camilla dan Charles semakin berani tampil di hadapan publik. Bahkan keduanya tertangkap kamera berciuman mesra dalam acara besar. Momen ciuman tersebut bertujuan untuk menyatakan pada publik bahwa keduanya menjalin hubungan serius.
Selanjutnya pada Februari 2005, Pangeran Charles mengumumkan pertunangannya dengan Camilla. Mereka kemudian tinggal di Clarence House sejak 2003 hingga sekarang.
ADVERTISEMENT
Keduanya kemudian menikah pada 9 April 2005 dalam upacara sipil di Windsor Guildhall, Inggris. Upacara tersebut diikuti dengan ritual pemberkatan resmi dari Uskup Agung Canterbury di Kapel St. George, di Kastil Windsor.
Sebagai penerus takhta kerajaan, Pangeran Charles sudah jelas nantinya akan menjadi Raja Inggris. Namun status Camilla hingga saat ini belum dipastikan apakah nantinya ia akan menjadi ratu atau permaisuri setelah Charles naik tahta.
Kini Pangeran Charles dan Camilla telah menjalani kehidupan yang bahagia. Mereka bahkan baru saja merayakan ulang tahun pernikahan ke-15 pada April 2020 lalu.