kumparan
Woman14 Januari 2020 11:13

Pernyataan Baru Ratu Elizabeth II soal Drama Pangeran Harry & Meghan

Konten Redaksi kumparan
Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II dan Pangeran Harry. Foto: Steve Parsons / POOL / AFP
Berita mundurnya Pangeran Harry dan Meghan Markle dari keluarga Kerajaan Inggris pada Rabu (8/1) tak hanya mengejutkan masyarakat dunia, tetapi juga bagi Ratu Elizabeth II.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, kedua pasangan tersebut tidak memberi tahu sang Ratu ketika mereka akan mengumumkan keputusannya tersebut lewat akun Instagram @sussexroyal.
Sehingga, tak lama setelah berita tersebut beredar, Ratu Elizabeth II hanya memberikan pernyataan singkat melalui perwakilan dari Istana Buckingham.
"Saat ini diskusi dengan Duke and Duchess of Sussex masih dalam tahap awal. Kami mengerti keinginan mereka untuk mengambil langkah berbeda, tapi ini adalah isu yang rumit dan membutuhkan waktu untuk menyelesaikannya," begitu tulisan pernyataan resmi dari Istana Buckingham yang dirilis pada Rabu, (8/1).
Namun setelah beberapa hari diam tanpa pernyataan, Ratu Elizabeth II akhirnya memanggil seluruh keluarga inti Kerajaan Inggris, yaitu Pangeran Charles, Pangeran William, dan juga Pangeran Harry untuk melakukan Sandringham Summit, sebuah pertemuan khusus yang membahas soal masa depan Harry dan keluarga kecilnya pada Senin (13/1) di Istana Sandringham. Meghan Markle yang sedang berada di Kanada bersama dengan anaknya pun dikabarkan turut serta dalam meeting tersebut melalui video conference.
Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II dan Meghan Markle. Foto: Jonathan Brady / POOL / AFP
Hasil dari rapat keluarga tersebut menyatakan bahwa Ratu Elizabeth II dan keluarga Kerajaan Inggris merestui keinginan Pangeran Harry dan Meghan untuk mandiri meski pada saat bersamaan mereka juga sebenarnya berharap Pangeran Harry dan Meghan tetap menjadi anggota penuh Kerajaan Inggris.
ADVERTISEMENT
"Keluarga kami dan saya sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda. Meskipun kami lebih suka mereka tetap menjadi anggota keluarga kerajaan yang bekerja penuh waktu, kami menghormati dan memahami keinginan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri sebagai keluarga, sambil tetap menjadi bagian yang berharga dari keluarga kami," demikian pernyataan dari Ratu Elizabeth II yang dikeluarkan oleh Istana Buckingham.
Ratu Elizabeth II
Penampilan Ratu Elizabeth II saat Natal 2018. Foto: Adrian Dennis/ AFP
Menurut Ratu, diskusi soal masa depan cucunya ini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Ia dan keluarganya melalui diskusi yang cukup berat. Meski demikian, Ratu Elizabeth II dan keluarga Kerajaan Inggris tetap mendukung keputusan Harry dan Meghan.
“Ini adalah masalah kompleks yang harus diselesaikan oleh saya dan keluarga, dan akan ada banyak tugas lainnya yang harus dikerjakan, tapi saya akan meminta hasil akhirnya harus ada dalam beberapa hari mendatang,” ungkap Ratu Elizabeth II.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa sang Ratu tak ingin masalah ini berlarut-larut. Jadi Ratu Elizabeth II menugaskan seluruh petugas Kerajaan Inggris agar bekerja dengan cepat dalam menemukan solusi untuk Pangeran Harry dan Meghan Markle hanya dalam hitungan hari saja.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan