kumparan
23 Mei 2019 11:02

Prada Hentikan Penggunaan Bulu Binatang di Setiap Koleksinya

Prada
Prada Foto: dok.REUTERS/Henry Nicholls
Memasuki tahun 2019, tampaknya semakin banyak rumah mode dunia yang menghentikan pemakaian bulu binatang pada produk-produknya.
ADVERTISEMENT
Mulai dari Burberry, Versace, Gucci, hingga Coach sebelumnya telah berkomitmen untuk tidak lagi menggunakan bulu dan kulit binatang asli sebagai bahan dasar koleksinya.
Hal tersebut kini diikuti oleh Prada yang juga telah mengeluarkan pernyataan tidak akan lagi menggunakan bulu binatang untuk bahan dasar koleksi perempuannya mulai dari Februari 2020.
Lini fashion asal Italia tersebut mengumumkan komitmennya pada Rabu (22/5) sore waktu setempat dengan konfirmasi dari Miuccia Prada yang membenarkan bahwa Grup Prada akan berkomitmen terhadap inovasi dan tanggung jawab sosial.
"Kebijakan bebas penggunaan bulu ini tercapai setelah adanya dialog posistif dengan Aliansi Bebas Bulu (Fur Free Alliance), khususnya dengan LAV dan Masyarakat Kemanusiaan Amerika Serikat (Human Society of the United States)," ujar desainer berusia 70 tahun tersebut seperti dikutip dari Independent.
ADVERTISEMENT
Ia juga menambahkan bahwa perusahaan akan melakukan eksplorasi lebih lagi untuk menggantikan penggunaan bulu binatang sebagai bahan dasar produknya.
"Kami fokus pada materi yang lebih inovatif yang memungkinkan perusahaan untuk mengeksplorasi hal-hal baru dengan desain yang kreatif sambil memenuhi permintaan produk yang lebih etis," ujarnya.
Diketahui sebelum adanya komitmen ini Prada dikenal sebagai brand yang menggunakan bulu rubah dan kelinci sebagai bahan dasar beberapa koleksinya.
Langkah positif Prada pun mendapat pujian dari Fur Free Alliance, "Prada telah bergabung dengan deretan brand lain yang tidak lagi memakai bulu binatang. Ini akan membantu mengurangi pola kebutuhan konsumen akan binatang dalam industri fashion," ujar ketua Fur Free Alliance, Joh Vinding seperti dikutip dari Independent.
ADVERTISEMENT
PJ Smith, sebagai direktur kebijakan mode dari Humane Society of United States, menambahkan "Dengan adanya komitmen bebas-bulu (fur free) Prada, salah satu brand terbesar dalam industri mode telah mendukung kesejahteraan hewan dan menciptakan inovasi untuk generasi yang akan datang."
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan