kumparan
23 November 2019 15:38

Rekomendasi kumparan: 7 Pleated Skirt untuk Tampil Gaya

Tampilan busana hijab dengan pleated skirt
Padu padan busana hijab dengan pleated skirt. Foto: Instagram @summeralbarcha
Nama pleated skirt atau rok lipit memang cukup familiar di industri fashion belakangan ini. Sesuai namanya, rok yang memiliki banyak lipatan vertikal itu bisa membuat pengguna terkesan feminin dan chic. Model rok ini juga bisa membuat pemakainya terkesan lebih tinggi.
Melansir Vintage Dancer, pleated skirt mulai dikenal di industri fashion pada 1924. Desain lipatan pada rok itu disebut-sebut mendapat pengaruh dari model lipatan yang terdapat pada alat musik akordeon --sebuah alat musik sejenis organ yang dimainkan dengan cara menarik semacam lipatan di tengahnya untuk menggerakkan udara dan menghasilkan bunyi.
Masih dari sumber yang sama, pleated skirt diungkapkan menjadi model busana yang populer di era 1920-an. Tak hanya itu, pleated skirt juga menginspirasi lahirnya seragam tenis perempuan di era 1950-an, demikian ditulis Allure.
Ilustrasi Rok Tennis Perempuan
Ilustrasi Rok Tennis Perempuan Foto: Shutterstock/Alexxxey
Sempat beberapa tahun hilang dari tren, pleated skirt kembali populer setelah perancang busana asal Jepang, Issey Miyake, memperkenalkan koleksi bernama ‘Pleats Please’ pada 1988 (yang kemudian dipatenkan pada 1994). Melansir Independent UK, rancangan karya Miyake itu banyak dilirik karena memiliki bahan yang ringan, nyaman, serta bisa membentuk kontur tubuh.
Koleksi ‘Pleats Please' Rancangan Issey Miyake
Koleksi ‘Pleats Please' Rancangan Issey Miyake Foto: Dok. Issey Miyake
Dari sanalah kemudian, para rumah mode ternama mulai melirik pleated skirt sebagai item fashion yang cukup diperhitungkan. Selain merilis koleksi pleated skirt yang lebih modis dan menarik, mereka juga berlomba-lomba mencari teknik pelipatan yang lebih mutakhir. Seperti yang dilakukan Stella McCartney misalnya, yang menggunakan teknik micro pleats saat meluncurkan koleksi busana pleated skirt, demikian ditulis Thread Stories.
Kini, rok lipit semakin berkembang dengan beragam model, bahan, hingga permainan motif yang lebih beragam. Karena itulah, pleated skirt banyak disukai, karena bisa digunakan dalam berbagai kesempatan; mulai dari pergi ke pesta, pakaian untuk ke kantor, hingga untuk tampilan kasual sehari-hari.
Untuk Ladies yang sedang mencari rok lipit atau pleated skirt untuk tambahan koleksi fashion Anda, berikut 7 rekomendasi dari kumparanWOMAN yang patut Anda lirik.
1. Mark & Spencer
Rp 766 ribu
Pleated Skirt - Mark & Spencer
Pleated Skirt - Mark & Spencer Foto: Dok. Mark & Spencer
Pleated skirt dengan warna ombre dari Mark & Spencer ini bisa menjadi salah satu opsi bergaya yang anti mainstream. Anda bisa memadukannya dengan blouse atau sweater hitam. Jangan lupa kenakan boots untuk memberikan kesan bold sekaligus edgy pada penampilan.
2. MANGO
Rp 999 ribu
Pleated Skirt - MANGO
Pleated Skirt - MANGO Foto: Dok. MANGO
Cobalah tampil fresh dengan pleated skirt berwarna violet dari MANGO. Anda bisa menjadikan model pleated skirt ini sebagai pengganti dress saat menghadiri acara-acara spesial. Padukan dengan atasan berwarna cerah (seperti biru langit) dan heels berwarna putih untuk memberikan kesan festive.
3. Stradivarius
Rp 559 ribu
Pleated Skirt - Stradivarius
Pleated Skirt - Stradivarius Foto: Dok. Stradivarius
Bagi Anda yang suka tampil feminin, kami merekomendasikan pleated skirt dengan warna nude pink lansiran Stradivarius ini. Anda bisa memadukannya dengan atasan model sabrina, heels, serta sling bag untuk kesan yang lebih manis.
4. ZARA
Rp 999 ribu
Pleated Skirt - ZARA
Pleated Skirt - ZARA Foto: Dok. ZARA
Pleated skirt koleksi ZARA ini mudah sekali dipadupadankan dengan berbagai item fashion lain. Padukan dengan sweater abu atau kemeja putih yang diselipkan ke dalam rok, untuk memamerkan aksen belt-nya. Maksimalkan pula tampilan Anda dengan pilihan boots berwarna putih atau cream.
5. UNIQLO
Rp 499 ribu
Pleated Skirt - UNIQLO
Pleated Skirt - UNIQLO Foto: Dok. UNIQLO
Jika Anda ingin tampil santai namun tetap modis, cobalah kenakan pleated skirt berwarna off-white dari UNIQLO ini. Anda bisa memadukannya dengan sweater bernuansa nude serta sneaker kesukaan Anda. Effortlessly stylish!
6. H&M
Rp 599 ribu
Pleated Skirt - H&M
Pleated Skirt - H&M Foto: Dok. H&M
Pleated skirt berbahan faux leather ini cocok bagi Anda yang suka tampil edgy. Anda bisa memadukannya dengan atasan model two-tone layer dan boots berwarna hitam. Jangan lupa, kenakan sunglasses dan sling bag untuk memaksimalkan tampilan Anda.
7. Stradivarius
Rp 399 ribu
Pleated Skirt - Stradivarius
Pleated Skirt - Stradivarius Foto: Dok. Stradivarius
Apabila pleated skirt berwarna polos terlalu membosankan, maka tak ada salahnya memilih rok dengan motif polkadot lansiran Stradivarius ini. Padukan dengan atasan putih, serta wedges strap berwarna nude untuk tampilan yang lebih manis dan juga chic.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan