Woman
·
27 Oktober 2020 17:05

Rekomendasi Teh Herbal yang Bagus untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rekomendasi Teh Herbal yang Bagus untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala (310774)
Ilustrasi Rambut Sehat dan Bervolume Foto: Dok. Shutterstock
Memiliki rambut dan kulit kepala sehat merupakan impian setiap orang. Untuk mendapatkannya berbagai cara pun kerap dilakukan, mulai dari penggunaan kondisioner, menambahkan vitamin rambut, penggunaan masker secara rutin, hingga mengunjungi salon. Tentunya perawatan tersebut membutuhkan jumlah uang yang cukup banyak.
ADVERTISEMENT
Namun kamu tidak perlu khawatir lagi karena ada beberapa bahan alami yang dikenal ampuh menyehatkan rambut dan kulit kepala, salah satunya adalah teh herbal. Beberapa jenis teh herbal diketahui bisa memberikan efek segar dan menumbuhkan rambut melalui bilasan air yang mengandung teh tersebut, seperti lavender, rosemary, dan masih banyak lagi.
Lantas, ada apa saja teh herbal yang bisa kamu pakai untuk perawatan rambut secara alami? Berikut ini penjelasannya, melansir dari Naturally Curly.

1. Lavender

Rekomendasi Teh Herbal yang Bagus untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala (310775)
Ilustrasi Teh Lavender Foto: Shutterstock/Almaje
Teh Lavender terdiri dari bunga kering yang memiliki aroma wangi sehingga cukup banyak digemari. Selain bentuk dan aromanya yang memikat, minuman herbal ini juga memiliki banyak khasiat untuk tubuh kamu.
Teh ini diketahui bisa membantu mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, serta kualitas tidur sehingga menjadi lebih nyenyak. Tak hanya itu, lavender bisa dijadikan sebagai pembilas rambut karena memberikan efek menenangkan sehingga kamu terhindar dari infeksi kulit kepala.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari Healthline, lavender juga bisa menjadi solusi untuk masalah kebotakan pada kulit kepala. Sifat antimikroba yang dimiliki lavender pun dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur sehingga kamu terhindar dari gatal-gatal yang disebabkan oleh ketombe.

2. Melati

Rekomendasi Teh Herbal yang Bagus untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala (310776)
teh melati Foto: Shutterstock
Berasal dari bunga, teh ini memiliki aroma bunga yang lembut saat diminum. Teh Melati ini punya beragam manfaat bagi tubuh karena memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Adapun beberapa manfaatnya antara lain untuk melawan penyakit jantung, diabetes, mengurangi stres, dan memberikan energi bagi tubuh.
Selain itu, kandungan kafein pada teh melati dikenal ampuh merangsang pertumbuhan rambut dan melawan infeksi pada kulit kepala. Eleesha Lockett, seorang ahli nutrisi sekaligus penulis freelance Healthline asal Amerika Serikat mengatakan bahwa kandungan melati bisa membantu menenangkan kulit kepala dan menjadi pelindung untuk semua jenis rambut.
ADVERTISEMENT
Bila kamu punya masalah ketombe dan membutuhkan perawatan mendalam, teh melati juga bisa dijadikan pilihan karena bisa memberikan efek melembapkan.

3. Rosemary

Rekomendasi Teh Herbal yang Bagus untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala (310777)
Tanaman Rosemary Foto: Shutterstock/Oxana Denezhkina
Rosemary merupakan ramuan asal Mediterania yang kaya zat besi, kalsium, dan vitamin B6. Dengan kandungan tersebut, teh herbal ini bisa melindungi otak, membantu pencernaan, serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi kamu.
Teh ini juga bisa ditambahkan saat membilas rambut untuk meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga membawa nutrisi yang dibutuhkan folikel rambut untuk berkembang. Saat menggunakan Rosemary, penyumbatan pada folikel rambut akan teratasi dan pertumbuhan rambut menjadi tidak terhambat. Jenis teh ini pun punya khasiat yang sama dengan melati, yaitu membersihkan rambut dengan lembut serta membuat kelembapannya tetap terjaga.
ADVERTISEMENT

4. Jahe

Rekomendasi Teh Herbal yang Bagus untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala (310778)
Teh jahe Foto: Shutter Stock
Bahan yang sering ditemukan di supermarket ini memiliki kemampuan menyehatkan tubuh, termasuk kulit kepala dan rambut. Air rebusan jahe bisa diminum sebagai teh untuk dirasakan manfaatnya karena diketahui bisa menenangkan rasa mual, meredakan gejala pilek, serta masalah pre menstrual syndrome (PMS).
Menggunakan air jahe untuk membilas rambut juga bisa meringankan kulit kepala yang mengelupas, serta menambah kilauan alami pada rambut kamu. Tak hanya itu, jahe juga memiliki khasiat yang mampu membuat rambut menjadi lebih kuat terutama bagi kamu yang menginginkan rambut panjang.

5. Peppermint

Rekomendasi Teh Herbal yang Bagus untuk Kesehatan Rambut dan Kulit Kepala (310779)
Ilustrasi teh peppermint Foto: Pixabay
Peppermint memiliki kandungan mentol yang bisa memberikan sensasi sejuk dan bagus mengobati sakit tenggorokan ataupun melawan bau mulut. Teh peppermint juga dapat melancarkan pencernaan, meredakan sakit kepala, serta melawan infeksi akibat bakteri dan jamur yang mungkin saja berkembang di kulit kepala.
ADVERTISEMENT
Penggunaan peppermint pada rambut bisa membantu menghilangkan ketombe dan mampu menyegarkan kulit kepala kamu. Bilasan dan pijatan dengan kandungan peppermint akan membuat folikel lebih segar sehingga pertumbuhan rambut kembali terangsang secara alami.
Selain itu, dalam Medical News Today disebutkan bahwa mentol sebagai komponen utama peppermint bisa meningkatkan aliran darah ke area yang terkena paparan bilasan peppermint dan mendorong terjadinya pertumbuhan rambut.
Penulis: Adinda Cindy Lapod
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)