Woman
·
24 Juli 2020 10:35

Roller Skate Bisa Bantu Menurunkan Badan dengan Efektif, Ini Alasannya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Roller Skate Bisa Bantu Menurunkan Badan dengan Efektif, Ini Alasannya (186659)
Roller Skate Bisa Bantu Menurunkan Badan dengan Efektif, Ini Alasannya. Foto: Shutterstock
Bagi sebagian perempuan, menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah. Tak hanya dengan melakukan diet makanan, untuk mendapatkan berat badan yang ideal diperlukan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan melakukan olahraga rutin dan aktivitas yang bisa membantu membakar kalori.
ADVERTISEMENT
Belakangan kegiatan bermain roller skate tengah menjadi idola baru bagi mereka yang ingin menguras keringat atau sekadar bersenang-senang dengan cara baru. Namun tak sedikit juga yang memanfaatkan roller skate atau sepatu roda untuk membantu menurunkan berat badan.
Roller Skate Bisa Bantu Menurunkan Badan dengan Efektif, Ini Alasannya (186660)
Sedang Tren, Ini Manfaat Roller Skate untuk Kesehatan Tubuh Menurut Ahli. Foto: Shutterstock
Karena ternyata olahraga yang membutuhkan keseimbangan tubuh ini bisa jadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Menurut dr. Sophia Hage, SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga dari Royal Sports Performance Centre, di Senayan City, Jakarta, dinamika dan biomekanika dari roller skate serupa dengan jogging atau lari. Bedanya, roller skate masuk dalam jenis olahraga low impact karena membuat tubuh kita tidak perlu melewati fase bertumpu pada satu kaki seperti jogging dan lari.
“Olahraga ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Terutama bagi mereka yang hanya bisa melakukan olahraga low impact. Untuk yang kelebihan berat badan tapi belum boleh lari namun tetap ingin mengeluarkan keringat dan meningkatkan detak jantung, lebih baik memilih roller skate,” jelasnya.
ADVERTISEMENT
Ia mengatakan, roller skate sendiri masuk dalam kategori olahraga aerobik. Jadi kegiatan ini bisa menjadi pengganti kamu yang ingin menurunkan berat badan tapi tak ingin melakukan banyak gerakan.
Agar menurunkan berat badan bisa lebih maksimal, Ladies bisa melakukan olahraga roller skate selama 30 menit per hari. Jika kondisi tubuh cukup kuat dan bisa bertahan lama, kamu bisa bermain roller skate sekitar 1-1.5 jam per hari.
Tetapi sama dengan olahraga kebanyakan, kamu juga harus tetap mengimbanginya dengan rangkaian rutinitas lain yang bisa membantu menurunkan berat badan. Misalnya seperti menjalani diet atau sekadar menjaga pola makan. Hal ini diungkapkan juga oleh Febri, perempuan yang cukup aktif bermain roller skate.
"Kalau aku kebetulan pakai yang quad skate. Sama dengan roller skate ya, keuntungannya badan bisa jadi lebih ringan, tidak kaku, seimbang. Aku juga bisa sekalian menurunkan berat badan tapi dengan cara yang menyenangkan. Tapi tetap harus dibarengi dengan pola makan yang baik biar hasilnya signifikan," ungkap Febri (37) kepada kumparanWOMAN.
ADVERTISEMENT
Jadi kalau kamu ingin menurunkan berat badan dengan roller atau quad skate, jangan lupa untuk juga mengkonsumsi makanan sehat dan memperhatikan pola makan juga ya Ladies.