Woman
·
21 Juli 2020 17:17

Sedang Tren, Ini Manfaat Roller Skate untuk Kesehatan Tubuh Menurut Ahli

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sedang Tren, Ini Manfaat Roller Skate untuk Kesehatan Tubuh Menurut Ahli (410409)
Sedang Tren, Ini Manfaat Roller Skate untuk Kesehatan Tubuh Menurut Ahli. Foto: Shutterstock
Belakangan ini roller skate atau quad skate yang dulu populer di tahun ‘90-an kini kembali menjadi tren. Banyak masyarakat di dunia maupun di Indonesia mulai bermain roller skate untuk berbagai tujuan. Mulai dari olahraga, menurunkan berat badan, atau sebagai hiburan untuk menghilangkan rasa stres.
ADVERTISEMENT
Seperti yang dilakukan Febri misalnya. Perempuan 37 tahun ini mengaku tubuhnya jadi lebih ringan, lebih seimbang, dan berat badannya juga bisa menurun berkat main roller skate. Selain itu, menurutnya roller atau quad skate bisa jadi me time untuk menghilangkan stres dengan cara yang lebih menyenangkan.
“Kalau aku kebetulan mainnya quad skate. Tujuannya untuk olahraga, menurunkan berat badan, dan supaya happy karena main quad skate benar-benar bisa bikin lupa waktu karena menyenangkan. Ini juga jadi cara menurunkan berat badan tanpa ada paksaan,” ungkap Febri kepada kumparanWOMAN.

Roller skate masuk dalam kategori olahraga aerobik

Sedang Tren, Ini Manfaat Roller Skate untuk Kesehatan Tubuh Menurut Ahli (410410)
Sedang Tren, Ini Manfaat Roller Skate untuk Kesehatan Tubuh Menurut Ahli. Foto: Shutterstock
Jika membaca penuturan Febri, kegiatan yang dilakukan menggunakan sepatu roller ini memang memiliki banyak keuntungan. Lalu, sebenarnya apa saja manfaat manfaat dari bermain roller atau quad skate? Secara teknis, dr. Sophia Hage SpKO, dokter spesialis kedokteran olahraga dari Royal Sports Performance Centre, di Senayan City, Jakarta, mengatakan bahwa roller skate sendiri sebenarnya masuk dalam kategori olahraga aerobik karena bisa meningkatkan denyut jantung, frekuensi nafas, serta melatih kesehatan jantung dan paru-paru yang dalam bahasa medis biasanya disebut cardio respiratory endurance.
ADVERTISEMENT
“Bermain roller skate membuat tubuh kita bergerak secara dinamis sehingga bisa membantu mempertahankan dan melatih kekuatan otot. Terutama otot-otot kaki. Selain itu, keseimbangan dan koordinasi tubuh juga jadi lebih baik saat kita bermain roller skate. Jadi untuk sebagian orang, roller skate justru bisa lebih efektif ketimbang lari atau jogging,” ungkap dr. Sophia Hage SpKO saat dihubungi kumparanWOMAN melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu.

Cara efektif turunkan berat badan dengan roller skate

Sedang Tren, Ini Manfaat Roller Skate untuk Kesehatan Tubuh Menurut Ahli (410411)
Sedang Tren, Ini Manfaat Roller Skate untuk Kesehatan Tubuh Menurut Ahli. Foto: Shutterstock
Lebih dari itu, roller atau quad skate juga bisa jadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan. Karena menurut dr. Sophia Hage, dinamika dan biomekanika dari roller skate serupa dengan jogging atau lari. Bedanya, roller skate masuk dalam jenis olahraga low impact karena membuat tubuh kita tidak perlu melewati fase bertumpu pada satu kaki seperti jogging dan lari.
ADVERTISEMENT
“Olahraga ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Terutama bagi mereka yang hanya bisa melakukan olahraga low impact. Untuk yang kelebihan berat badan tapi belum boleh lari namun tetap ingin mengeluarkan keringat dan meningkatkan detak jantung juga lebih baik memilih roller skate,” jelasnya.
Selain itu, bermain roller skate juga memiliki risiko cedera sendi lutut yang lebih kecil. Mengapa demikian? Karena gerakan roller skate tidak banyak membuat kita melakukan tekanan pada sendi-sendi lutut.

Yang perlu diperhatikan sebelum melakukan roller skate

Ia juga menambahkan bahwa roller skate bisa jadi pengganti aerobik sehingga sangat cocok bagi kamu yang tidak suka banyak gerak tapi tetap ingin membakar kalori. Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mulai melakukan roller skate. Ladies harus melakukan peregangan atau stretching dan pemanasan maksimal. Hal ini perlu dilakukan agar otot-otot tubuh bisa bekerja dengan maksimal dan kondisi jantung sudah siap melakukan olahraga.
ADVERTISEMENT
dr. Sophia Hage menyarankan agar kamu melakukan roller skate selama 30 menit per hari. Tapi kalau ingin menurunkan berat badan, bisa menambah waktu jadi 1 - 1.5 jam per hari. “Yang jelas semua harus disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan tubuh. Kalau memang hanya kuat 30 menit ya lakukan 30 menit saja jangan lebih. Dan pastikan juga kalian rutin minum air putih minimal setiap 30 menit saat olahraga supaya tidak dehidrasi dan gampang kram,” tutupnya.