Woman16 September 2020 14:11

Sering Bau Mulut Setelah Bangun Tidur? Ketahui Penyebab & Cara Mengatasinya

Konten Redaksi kumparan
Sering Bau Mulut Setelah Bangun Tidur? Ketahui Penyebab & Cara Mengatasinya (1005882)
Sering Bau Mulut Setelah Bangun Tidur? Ketahui Penyebab & Cara Mengatasinya. Foto: Shutterstock
Bau mulut di pagi hari memang kerap membuat tidak nyaman dan menjadi risih untuk berbicara sebelum menyikat gigi terlebih dulu. Namun, perlu diketahui kalau bau tidak sedap bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya kebiasaan tidak menjaga kebersihan gigi dengan baik. Selain itu, penyakit asam lambung dan kebiasaan merokok juga bisa menjadi pemicunya.
ADVERTISEMENT
Lantas, bagaimana caranya agar bisa terhindar dari bau tidak sedap? Berikut ini adalah sejumlah penjelasan tentang penyebab seseorang bau mulut dan bagaimana membuat napas kembali segar, dilansir dari Healthline.

Bau mulut disebabkan banyak faktor

Ladies, bau mulut disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, ada dua hal utama yang biasanya membuat kamu memiliki bau tidak sedap saat bangun di pagi hari, yaitu mulut kering dan kebersihan mulut yang tidak dijaga.
Sering Bau Mulut Setelah Bangun Tidur? Ketahui Penyebab & Cara Mengatasinya (1005883)
80 persen bau mulut biasanya berasal dari radang gusi atau kebersihan gigi yang buruk. Foto: dok.Shutter Stock
“80 persen bau mulut biasanya berasal dari radang gusi atau kebersihan gigi yang buruk, dan 20 persen dari hal-hal seperti gangguan pencernaan, amandel, atau sinus,” jelas Scott Froum, DDS, dokter spesialis periodontology asal New York yang sering menangani kasus bau mulut.
Bila kamu sudah menjaga kebersihan dengan baik, maka kemungkinan terbesar lainnya adalah mulut kering. Air liur berperan penting menghilangkan bakteri penyebab bau mulut, tetapi saat tertidur produksi air liur pun akan menurun. Obat yang kita konsumsi sebelum tidur juga bisa memicu mulut menjadi kering sehingga bau napas semakin parah.
Sering Bau Mulut Setelah Bangun Tidur? Ketahui Penyebab & Cara Mengatasinya (1005884)
Ilustrasi bau mulut Foto: Thinkstock
Daniel Yetman, penulis seputar kesehatan asal Canada mengatakan bahwa mulut merupakan tempat bakteri berkembang biak. Kalau kamu tidak menyikat gigi dengan baik, partikel makanan bisa tersangkut di celah gigi dan permukaan lidah, bahkan sepanjang jaringan gusi. Makanan yang kamu konsumsi di malam hari juga bisa mempengaruhi bau mulut, misalnya bawang putih atau bawang bombay mentah, karena kedua bahan ini tidak akan mudah hilang bahkan setelah menyikat gigi.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, orang yang terbiasa merokok juga cenderung mempunyai mulut yang kering hingga rentan terkena penyakit gusi. Begitu pun dengan para penderita asam lambung. Asam tersebut bisa kembali naik ke kerongkongan saat tidur di malam hari sehingga bau mulut menjadi tidak sedap.
Sering Bau Mulut Setelah Bangun Tidur? Ketahui Penyebab & Cara Mengatasinya (1005885)
Menjaga kebersihan adalah hal utama yang bisa membantu mengatasi bau mulut. Foto: Shutterstock

Lantas, bagaimana cara mengatasi bau mulut?

Untuk beberapa kasus, bau napas tidak sedap bisa dirawat di rumah dengan cara mulai merawat kesehatan mulut dan mengubah gaya hidup. Menjaga kebersihan adalah hal utama yang bisa dilakukan dengan menyikat gigi sebelum tidur di malam hari, serta hindari makan atau minum setelah sikat gigi. Kamu juga bisa menambahkan obat kumur antiseptik agar napas lebih segar.
Cara lainnya adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok. Kamu pun bisa mengunyah permen karet bebas gula saat napas mulai bau. Permen karet tersebut tidak akan menimbulkan bakteri dalam mulut dan dapat merangsang air liur, serta menyegarkan napas. Selain itu, mendatangi dokter gigi juga bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penanganan yang tepat, seperti menghilangkan plak pada gigi dan gusi.
ADVERTISEMENT
Penulis: Adinda Cindy Lapod
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white