Woman
·
1 Desember 2020 15:43

Sering Dianggap Tidak Peka, Ini 3 Alasan Pria Sulit Mendengarkan Perempuan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Sering Dianggap Tidak Peka, Ini 3 Alasan Pria Sulit Mendengarkan Perempuan (136585)
searchPerbesar
Sering Dianggap Tidak Peka, Ini 3 Alasan Pria Sulit Mendengarkan Perempuan. Foto: Shutterstock
Ladies, pernahkah kamu merasa tidak didengar oleh pasangan atau rekan kerja kamu saat sedang presentasi? Jika pernah, Anda tak perlu khawatir sebab tidak ada yang salah dengan cara kamu berbicara.
ADVERTISEMENT
Menurut sebuah riset yang dirilis oleh Frontiers in Neuroscience, sebuah platform jurnal khusus untuk riset tentang neurologi, otak pria bekerja lebih lambat ketika mendengar suara perempuan. Riset tersebut juga menunjukkan bahwa suara perempuan jauh lebih kompleks daripada suara pria sehingga sulit dipahami.
Jadi tidak heran kalau selama ini banyak pria yang dianggap tidak peka oleh pasangannya karena kurang mampu merespon kode lewat ucapan yang diberikan oleh perempuan.
Untuk lebih tahu penyebab lainnya mengenai alasan mengapa pria sulit mendengarkan perempuan, kumparanWOMAN telah merangkumnya. Dikutip dari Bright Side, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Suara perempuan membuat pria berpikir lebih keras

Sering Dianggap Tidak Peka, Ini 3 Alasan Pria Sulit Mendengarkan Perempuan (136586)
searchPerbesar
Suara perempuan membuat pria berpikir lebih keras. Foto: Shutterstock
Menurut studi yang dirilis oleh Frontiers in Neuroscience pada 2014, pria memiliki respon yang berbeda saat mendengarkan suara perempuan. Ketika mendengar suara sesama pria, otak mereka bekerja lebih sedikit sehingga lebih mudah dipahami. Sedangkan saat mendengar suara perempuan, otak pria harus bekerja lebih keras untuk menjabarkan dan memahami apa yang diucapkan oleh perempuan.
ADVERTISEMENT
Artinya, pria lebih sulit memahami makna dan emosi dari ucapan perempuan. Jadi tak heran kalau kadang sebagian pria dianggap tidak peka pada kode-kode yang diberikan perempuan karena membutuhkan waktu yang lama untuk mengerti maksudnya.

2. Suara perempuan dinilai kurang berwibawa

Sering Dianggap Tidak Peka, Ini 3 Alasan Pria Sulit Mendengarkan Perempuan (136587)
searchPerbesar
Suara perempuan dinilai kurang berwibawa jadi sering tidak didengar atau diremehkan. Foto: Shutterstock
Berdasarkan penelitian yang sama, dijelaskan bahwa pita suara dan laring perempuan menghasilkan suara bernada tinggi. Dan jenis suara seperti itu biasanya sering dianggap kurang serius. Penelitian tersebut juga memaparkan bahwa kebanyakan orang lebih percaya ucapan yang disampaikan oleh seseorang dengan suara bernada rendah seperti pria. Hal ini rupanya juga menjadi salah satu alasan mengapa selama ini perempuan tidak didengar saat berbicara dalam forum. Seringnya solusi atau tanggapan yang mereka berikan hanya didengarkan sekilas saja daripada pria.
ADVERTISEMENT

3. Suara perempuan lebih kompleks

Sering Dianggap Tidak Peka, Ini 3 Alasan Pria Sulit Mendengarkan Perempuan (136588)
searchPerbesar
Suara perempuan lebih kompleks sehingga pria kadang sulit memberi respon cepat. Foto: Shutterstock
Suara perempuan dan pria memang memiliki perbedaan yang signifikan. Ketika berbicara, perempuan menggunakan suara lebih banyak daripada pria. Mereka juga sering memberikan nada atau intonasi setiap berbicara. Kondisi inilah yang membuat otak pria sulit memahami dengan cepat apa yang dikatakan oleh perempuan.