Woman
·
11 November 2020 8:26

Tak Disadari, 5 Cara Konsumsi Minuman Ini Bisa Membuat Tubuh Semakin Gemuk

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tak Disadari, 5 Cara Konsumsi Minuman Ini Bisa Membuat Tubuh Semakin Gemuk (26406)
Tak Disadari, 5 Cara Konsumsi Minuman Ini Bisa Membuat Tubuh Semakin Gemuk. Foto: Shutterstock
Banyak perempuan menginginkan badan yang sehat dan terhindar dari gemuk yang berlebihan. Demi mendapatkan keinginan tersebut, tak jarang perempuan mulai rutin melakukan olahraga, menerapkan program diet, hingga mengatur menu makanan harian.
ADVERTISEMENT
Namun sayangnya, tak jarang orang melupakan bahwa kegemukan juga bisa disebabkan oleh kebiasaan minum yang keliru. Saat sedang sibuk, biasanya kita menjadi lupa untuk mengkonsumsi air mineral yang cukup sehingga tubuh mengalami dehidrasi. Dilansir Woman’s Health, rasa haus tersebut juga kerap disalahartikan dengan kelaparan yang membuat orang makan secara berlebihan sehingga penting untuk memastikan asupan air mineral tiap hari tetap terpenuhi.
Selain yang telah disebutkan, masih ada pula beberapa kebiasaan minum lainnya yang bisa memicu berat badan bertambah dan perlu kamu ketahui. Lalu, apa saja kebiasaan keliru yang dimaksud? Selengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

1. Kurang minum air mineral

Tak Disadari, 5 Cara Konsumsi Minuman Ini Bisa Membuat Tubuh Semakin Gemuk (26407)
com-Ilustrasi minum air putih Foto: Shutterstock
Air mineral memiliki manfaat sebagai antioksidan yang baik untuk tubuh. Hidrogen dalam minuman diketahui bisa membantu kamu melindungi tubuh dari radikal bebas yang berdampak buruk bagi kesehatan. Masalahnya adalah tidak semua orang peka dengan kebutuhan tubuh akan konsumsi air mineral setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Kelalaian tersebut pada akhirnya membuat orang kerap menyalahartikan rasa haus dengan lapar yang kemudian membuatnya mengonsumsi makanan secara berlebihan. Bila terus dibiarkan, lama-kelamaan tubuh kamu akan menjadi terbiasa mengalami masalah dehidrasi, serta kesulitan untuk bekerja dengan maksimal.

2. Kebiasaan minum soda diet

Tak Disadari, 5 Cara Konsumsi Minuman Ini Bisa Membuat Tubuh Semakin Gemuk (26408)
Ilustrasi minum soda diet. Foto: Shutter Stock
Soda diketahui memiliki kalori dalam jumlah besar yang bisa membuat badan semakin gemuk. Namun, ada pula sejumlah soda yang diklaim bagus untuk diet dan mencegah asupan kalori yang berlebihan. Lantas, apakah betul soda diet bisa mencegah kegemukan?
Dalam Healthline disebutkan bahwa soda diet ternyata justru membuat seseorang mengalami obesitas. Hal ini dikarenakan minuman soda diet dapat meningkatkan nafsu makan dengan cara merangsang rasa lapar. Ini kemudian membuat kamu menjadi semakin ingin memenuhi asupan makanan manis yang diketahui memiliki kandungan kalori tinggi.
ADVERTISEMENT

3. Minum kopi dengan tambahan pemanis

Tak Disadari, 5 Cara Konsumsi Minuman Ini Bisa Membuat Tubuh Semakin Gemuk (26409)
Ilustrasi kopi susu Foto: Shutter Stock
Kopi kerap kali dijadikan teman untuk menemani aktivitas sehari-hari, misalnya ketika kamu sedang bekerja. Minuman ini memang diketahui tidak mengandung banyak kalori yang bisa menyebabkan berat badan bertambah. Namun, berhati-hatilah dengan tambahan topping yang menemani minuman kopi milikmu.
Menurut seorang ahli gizi asal New York, Dana James, campuran sirup dan susu bisa menyebabkan penambahan berat badan. Ia menjelaskan bahwa kebiasaan mengonsumsi ekstra 120 kalori setiap harinya bisa membuat berat badan kamu bertambah 13 pon atau setara dengan 5kg dalam setahun.

4. Mengonsumsi cocktail sambil makan

Tak Disadari, 5 Cara Konsumsi Minuman Ini Bisa Membuat Tubuh Semakin Gemuk (26410)
Ilustrasi cocktail Foto: Getty Images
Saat sedang liburan, cocktail memang menjadi pilihan minuman tepat untuk dinikmati. Sayangnya, minuman beralkohol ini hanya membuat kamu menjadi semakin lapar dan menginginkan makanan cepat saji untuk menemani cocktail milikmu.
ADVERTISEMENT
Perlu diketahui, minuman cocktail ini bisa membuat kamu sulit merasa kenyang dikarenakan proses metabolisme tubuh yang berlangsung dengan cepat. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk membatasi konsumsi cocktail agar tidak berlebihan atau belajar menahan diri mengonsumsi makanan ketika sedang menikmati cocktail.

5. Konsumsi bir berlebihan

Tak Disadari, 5 Cara Konsumsi Minuman Ini Bisa Membuat Tubuh Semakin Gemuk (26411)
Ilustrasi minum bir. Foto: Free-Photos via pixabay
Bir memang menjadi salah satu jenis minuman yang banyak ditemukan saat acara ataupun sekadar menjadi teman ketika sedang merasa tertekan untuk memberikan kelegaan sejenak. Namun, tahukah kamu kalau minuman ini ternyata bisa membuat badan menjadi semakin gemuk?
Melansir Women’s Health, bir bisa menyebabkan penambahan berat badan dan membuat perut mengalami kembung. Selain itu, minuman bir juga biasanya punya kadar alkohol yang lebih rendah dibanding jenis lainnya sehingga membuat orang cenderung mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Hal tersebut kemudian jumlah kalori yang masuk pun semakin meningkat.
ADVERTISEMENT
Nah Ladies, jangan sampai kebiasaan mengonsumsi minuman ini membuat kamu gagal menurunkan berat badan, ya.
Penulis: Adinda Cindy Lapod