Woman
·
11 November 2020 12:07

Tanpa Sadar, Kita Sering Melakukan 5 Kebiasaan Buruk Ini di Kamar Mandi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tanpa Sadar, Kita Sering Melakukan 5 Kebiasaan Buruk Ini di Kamar Mandi (981)
Ilustrasi mandi Foto: Shutterstock
Ladies, menjaga kamar mandi tetap higienis merupakan hal yang penting. Rutin mandi dan membersihkan diri tidaklah cukup untuk membuat kamu terbebas dari bakteri ataupun infeksi yang menyebabkan masalah kesehatan. Kebiasaan keliru yang dilakukan di kamar mandi pun bisa membuat kamu terserang berbagai penyakit.
ADVERTISEMENT
Dilansir Shape, ada sejumlah kebiasaan buruk yang biasanya dilakukan orang dan sering kali diabaikan, salah satunya adalah membawa ponsel ke kamar mandi. Ketika membawa ponsel, barang yang kamu pakai sehari-hari ini menjadi rentan terkontaminasi bakteri sehingga membuat kamu mudah terserang penyakit bila lalai menjaga kehigienisan barang dan diri sendiri. Kamar mandi memang diketahui menyimpan sejumlah bakteri tak terlihat yang berbahaya bagi kesehatan bila kamu tidak berhati-hati.
Selain membawa ponsel ke kamar mandi, berikut ini masih ada pula 4 kebiasaan buruk lainnya yang perlu kamu hindari untuk mencegah diri terserang penyakit. Apa saja?

1. Menyimpan sikat gigi dalam kondisi terbuka

Tanpa Sadar, Kita Sering Melakukan 5 Kebiasaan Buruk Ini di Kamar Mandi (982)
Ilustrasi sikat gigi Foto: Shutterstock
Ladies, di mana biasanya kamu meletakkan sikat gigi setelah digunakan? Mungkin beberapa di antara kamu terbiasa meninggalkannya di kamar mandi, entah di atas bak ataupun wastafel. Bila kamu pernah melakukannya, sekarang sudah waktunya untuk mulai mempertimbangkan kebiasaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Untuk diketahui, kamar mandi merupakan sarang bakteri yang bisa mengganggu kesehatan bila kamu tidak memerhatikan kehigienisannya. Saat kamu menyiram toilet, cipratan air yang penuh bakteri akan keluar sehingga mengotori apa pun yang ada di sekitarnya, termasuk pula sikat gigi yang digunakan setiap hari.
Menurut seorang dokter gigi di California, Mark Burhenne, sejumlah bakteri bisa berpindah ke sikat gigi yang kemudian menyebabkan infeksi pada tubuh. Untuk mencegahnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, biasakan untuk menyiram toilet dengan kondisi penutup yang menghadap ke bawah guna meminimalkan penyebaran bakteri. Kedua, simpanlah sikat gigi di tempat tertutup, seperti laci atau lemari agar tetap terjaga kebersihannya. Selain itu, kamu juga perlu rutin mengganti sikat gigi setiap 4 minggu dan ketika kamu sedang sakit ataupun bepergian.
ADVERTISEMENT

2. Menyeka area genital dari belakang

Tanpa Sadar, Kita Sering Melakukan 5 Kebiasaan Buruk Ini di Kamar Mandi (983)
Ilustrasi Vagina. Foto: Shutterstock
Kebiasaan buruk lainnya ketika di kamar mandi adalah menyeka area genital dari belakang ke depan. Hal ini tidak boleh dilakukan karena bisa menyebabkan vagina terkena bakteri yang memicu terjadinya infeksi.
Bila dibiarkan, kebiasaan ini bisa menyebabkan infeksi pada bagian vulva, infeksi jamur, gatal, dan ruam merah. Sejumlah infeksi saluran kemih ini kemudian akan membuat kamu menjadi sering ke kamar mandi lebih dari biasanya, serta membuat bau kencing berbau tajam menyerupai amonia.

3. Membawa ponsel ke kamar mandi

Tanpa Sadar, Kita Sering Melakukan 5 Kebiasaan Buruk Ini di Kamar Mandi (984)
Ilustrasi ponsel Foto: Shutter Stock
Charles Gerba, seorang profesor ilmu mikrobiologi dan lingkungan di University of Arizona mengatakan bahwa ketika membawa ponsel ke kamar mandi, barang tersebut kemungkinan besar akan ikut terpapar banyak kuman.
ADVERTISEMENT
Kalau kamu termasuk orang yang terbiasa makan sambil memegang ponsel, bayangkan saja ada berapa banyak kuman yang masuk ke dalam makanan yang kamu konsumsi. Untuk menghindari infeksi akibat kuman, kamu perlu membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan dan hindarilah penggunaan ponsel ketika sedang makan. Kamu juga bisa mulai secara rutin membersihkan ponsel kamu agar bebas dari bakteri.

4. Menyimpan krim wajah di kamar mandi

Tanpa Sadar, Kita Sering Melakukan 5 Kebiasaan Buruk Ini di Kamar Mandi (985)
Ilustrasi Skincare Foto: Shutterstock
Tidak hanya dinding kamar mandi yang menjadi tempat pertumbuhan bakteri, tetapi produk kecantikan yang kamu pakai bisa pula menjadi tempat ideal bagi bakteri berkembang biak. Kalau kamu terbiasa meletakkan krim wajah di kamar mandi, segeralah keluarkan produk tersebut untuk menjaganya tetap aman dan steril.
"Banyak produk terdegradasi lebih cepat di lingkungan yang panas dan lembab," jelas Lauren Ploch, seorang dokter kulit di Augusta, Amerika Serikat, dalam Shape.
ADVERTISEMENT
Agar kualitas produk tetap terjaga, letakkanlah krim wajah di dalam lemari untuk menjaga kestabilan suhu, serta mencegahnya dari kontaminasi bakteri.

5. Melewatkan area punggung saat memakai sabun

Tanpa Sadar, Kita Sering Melakukan 5 Kebiasaan Buruk Ini di Kamar Mandi (986)
Ilustrasi mandi Foto: Shutterstock
Punggung adalah area tubuh yang biasanya sulit untuk dijangkau saat menggunakan sabun. Hal tersebut sering kali diabaikan karena sejumlah orang menganggap tubuhnya sudah cukup bersih dan berpikir kalau area punggungnya sudah terkena sabun.
Kebiasaan tidak membersihkan area punggung ini bisa membuat kulit kamu berisiko mengalami jerawat, ruam, hingga mengalami infeksi kulit lainnya. Ini bisa terjadi dikarenakan adanya penumpukan keringat, kotoran, dan minyak yang dibiarkan dalam waktu lama sehingga memicu sejumlah masalah kulit.
Nah, kalau kamu tidak ingin mengalami masalah kesehatan, mulailah untuk menghindari 5 kebiasaan buruk ini ya, Ladies.
ADVERTISEMENT
Penulis: Adinda Cindy Lapod
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)