Tertarik Pakai Sunscreen Stick? Perhatikan 5 Hal Ini!

14 Januari 2022 20:00
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi Sunscreen Stick. Foto: Maria Rom/shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sunscreen Stick. Foto: Maria Rom/shutterstock
ADVERTISEMENT
Belakangan ini sunscreen stick tengah menjadi tren di dunia kecantikan. Itu terbukti dari banyaknya brand skin care lokal hingga luar yang berlomba-lomba mengeluarkan produk sunscreen jenis stick.
ADVERTISEMENT
Di kalangan beauty enthusiast, produk ini sangat disukai karena penggunaannya yang mudah dan praktis, khususnya bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi. Selain itu, produk ini juga mudah untuk dibawa ke mana-mana.
Meski demikian, ternyata masih banyak orang yang belum tahu cara penggunaan sunscreen stick dengan benar. Padahal hal ini harus diperhatikan agar produknya bisa bekerja secara maksimal pada kulit.
Nah, buat kamu yang tertarik untuk mencoba menggunakan sunscreen jenis stick, berikut ini ada beberapa tips yang harus diperhatikan saat memakai produk tersebut. Apa saja? Simak informasinya berikut ini.

1. Aplikasikan sunscreen stick setelah memakai pelembap

Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock
Sama seperti sunscreen pada umumnya, sunscreen berbentuk stick juga diaplikasikan setelah menggunakan pelembap. Meski jenisnya stick, produk ini tidak akan menghilangkan efek dari produk skin care yang diaplikasikan sebelumnya. Namun, sebelum mengaplikasikan sunscreen stick, pastikan agar pelembap yang kamu gunakan menyerap terlebih dahulu ya!
ADVERTISEMENT

2. Gosok ke area tangan terlebih dahulu

Sunscreen berbentuk stick biasanya memiliki tekstur yang padat dibanding sunscreen berbentuk cair. Karena itulah, sunscreen stick biasanya sulit diaplikasikan pada kulit.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Nah, untuk menghindari risiko wajah tergeser karena permukaan stick yang terlalu keras, kamu bisa menggosok-gosokan sunscreen stick terlebih dahulu ke area pergelangan tangan. Cara ini konon bisa membuat permukaan sunscreen stick menjadi lumer, sehingga saat diaplikasikan ke permukaan kulit wajah akan terasa lebih lembut.

3. Aplikasikan empat gerakan bolak-balik

Saat mengaplikasikan sunscreen stick di area kulit, pastikan agar kamu mengoleskan produk tersebut dengan cara empat gerakan bolak-balik. Menurut American Academy of Dermatology Association, cara ini bisa membantu memastikan agar area kulitmu terlindungi secara maksimal oleh produk sunscreen.
ADVERTISEMENT

4. Rajin membersihkan permukaan sunscreen stick

Rekomendasi sunscreen stick. Foto: dok. Instagram
zoom-in-whitePerbesar
Rekomendasi sunscreen stick. Foto: dok. Instagram
Salah satu hal yang penting saat menggunakan sunscreen stick adalah memperhatikan kebersihannya. Karena bentuk stick ini langsung menyentuh kulit, ada baiknya jika kamu rutin membersihkan permukaan sunscreen stick yang digunakan.
Atau jika kamu ingin memproteksi kulit lebih maksimal, kamu bisa mengusapkan permukaannya pada tisu setiap sebelum digunakan. Apa pun cara yang kamu pilih, pastikan agar sunscreen stick yang kamu gunakan memiliki permukaan yang bersih sehingga tidak menimbulkan permasalahan kulit.

5. Tidak disarankan re-apply di atas makeup

Ilustrasi perempuan makeup Foto: dok.Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan makeup Foto: dok.Shutterstock
Meski praktis, sebaiknya hindari melakukan re-apply sunscreen stick pada wajah yang sedang menggunakan makeup. Selain karena bisa menggeser produk makeup yang sedang digunakan, re-apply sunscreen stick pada wajah yang sedang menggunakan makeup juga bisa menyebabkan permasalahan higienitas.
ADVERTISEMENT
Jika kamu sedang menggunakan makeup dan ingin re-apply sunscreen, kamu bisa menggunakan produk lain seperti sunscreen spray atau sunscreen powder dibandingkan sunscreen stick.