Woman
·
15 Juni 2020 9:02

Tips Diet Sehat untuk Mengecilkan Perut dengan Cepat Menurut Ahli

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Diet Sehat untuk Mengecilkan Perut dengan Cepat Menurut Ahli (37560)
Ilustrasi Olahraga. Foto: Shutter Stock
Bagi sebagian perempuan, perut yang buncit bisa jadi hal yang sangat menganggu. Tak hanya merusak penampilan, memiliki perut buncit sebenarnya juga tidak baik untuk kesehatan.
ADVERTISEMENT
Perut buncit biasanya disebabkan oleh adanya lemak visceral yang ada pada rongga perut. Jika tidak diatasi, lemak tersebut juga bisa menyebar pada organ tubuh lain, seperti jantung, pankreas, dan usus.
Lemak visceral yang menyebabkan perut kita buncit tidak hanya berasal dari makanan yang kita konsumsi, tetapi juga karena tubuh kita memiliki terlalu banyak energi yang sebenarnya tidak digunakan oleh tubuh. Oleh karena itu energi tersebut kemudian disimpan dalam tubuh menjadi lemak visceral.
Untuk mengecilkan perut, dibutuhkan komitmen yang tinggi dalam melakukan diet dan olahraga. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan cara mengolah makanan yang akan dikonsumsi. Jika tidak, usaha yang kamu lakukan bisa sia-sia dan perut tidak akan mengecil dalam waktu dekat.
ADVERTISEMENT
Agar lebih memudahkan, berikut kumparanWOMAN telah merangkum tiga tips diet sehat untuk mengecilkan perut seperti dilansir dari Express UK. Simak selengkapnya di bawah ini.

Memperhatikan cara mengolah makanan

Tips Diet Sehat untuk Mengecilkan Perut dengan Cepat Menurut Ahli (37561)
Ilustrasi mengolah makanan sehat Foto: Shutterstock
Cara paling mendasar untuk menghilangkan lemak di perut adalah dengan mengkonsumsi kalori dalam jumlah lebih sedikit dan menggantinya dengan makanan sehat.
"Makanan diet sehat bisa berupa buah dan sayuran segar, gandum, dan makanan yang mengandung gula, protein, dan lemak yang rendah," ungkap David Weiner, Training Specialist dari aplikasi olahraga dan digital coaching, Freelatics, seperti dikutip dari Express UK.
Selain itu, Ladies juga harus memperhatikan cara mengolah makanan yang dikonsumsi setiap hari. David menyarankan agar kamu makan makanan yang dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang daripada makanan yang digoreng.
ADVERTISEMENT

Mengganti minyak kelapa atau butter dengan minyak zaitun

Tak bisa dipungkiri, menghindari makanan yang digoreng memang bisa jadi tantangan tersendiri bagi kita yang tinggal di Indonesia. Sebab kebanyakan masakannya diolah dengan cara digoreng.
Bagi Ladies yang belum terbiasa mengkonsumsi makanan serba direbus atau dipanggang, kamu tetap bisa makan makanan yang digoreng. Hanya saja kamu harus mengganti minyaknya dengan minyak zaitun dan hindari menggunakan butter karena kandungan lemaknya lebih tinggi.
Tips Diet Sehat untuk Mengecilkan Perut dengan Cepat Menurut Ahli (37562)
Ilustrasi minyak zaitun. Foto: Shutterstock
"Saat mau menggunakan minyak, pilihlah minyak yang sehat seperti minyak zaitun," jelas David. Ia menambahkan bahwa minyak zaitun mengandung lemak paling sehat.
Minyak yang satu ini kaya akan zat asam oleat yang memiliki efek antiinflamasi tinggi dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan berat badan hingga menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.
ADVERTISEMENT
Sebagai catatan, gunakan dengan jumlah sedikit supaya makanan yang dikonsumsi tetap rendah lemak.

Lakukan aerobic dan olahraga dengan intensitas tinggi

Tips Diet Sehat untuk Mengecilkan Perut dengan Cepat Menurut Ahli (37563)
Ilustrasi olahraga. Foto: Shutterstock
Sebagian dari kamu tentu mengetahui bahwa diet tidak selalu cocok dilakukan oleh semua orang. Jika kamu menjadi salah satu orang yang sulit berkomitmen melakukan diet atau mudah sakit jika berdiet, kamu bisa menggantinya dengan olahraga rutin.
Menurut David, olahraga bisa jadi salah satu cara ampuh untuk membakar lemak visceral yang membuat perut kamu buncit. Ia menyarankan agar kamu melakukn aerobic atau olahraga dengan intensitas tinggi lainnya.
"Olahraga seperti aerobic bisa menstimulasi jantung dan laju pernapasan. Proses ini bisa membuat aerobic menjadi olahraga terbaik untuk membakar lemak di perut," ungkap David.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu saja, Ladies juga bisa melakukan olahraga lain, seperti berenang, jalan kaki, lari, atau bersepeda. Intinya, kamu harus melakukan serangkaian olahraga kardio apa saja kurang lebih selama satu jam per hari dan tetap memperhatikan makanan yang dikonsumsi.
--
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.