kumparan
27 Agustus 2019 9:06

Tips Karier: 5 Cara untuk Tingkatkan Kemampuan Networking

Ilustrasi Perempuan Karier
Ilustrasi perempuan berdiskusi di kantor. Foto: Shutterstock
Dalam menjalani karier, peluang bisnis dan informasi penting bisa didapatkan dengan mudah jika kita bisa membangun jaringan atau networking dengan baik.
ADVERTISEMENT
Selain itu, networking juga dapat menjadi cara terbaik bagi Anda untuk berbagi ide dan pengetahuan baru. Dengan mengembangkan networking, Anda bisa menggali informasi lebih dalam, mendiskusikan sudut pandang yang berbeda, hingga menyelesaikan masalah dan kesulitan yang Anda hadapi sehari-hari. Tak hanya itu, memiliki jangkauan networking yang luas juga bisa sangat membantu Anda untuk mengembangkan karier ke tingkat yang lebih tinggi.
Oleh karena itu, networking menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam kehidupan profesional Anda.
Untuk Anda yang ingin meningkatkan kemampuan dalam membangun jaringan profesional, Anda bisa mencoba menerapkan 5 trik berikut ini seperti dikutip dari Marie Claire.
1. Temukan titik koneksi
Ketika mengenal orang baru, cobalah untuk menemukan topik yang dapat menghubungkan Anda dengan mereka. Anda bisa berbagi tentang hal yang digemari, pengalaman atau passion yang sama. Anda juga dapat membahas tentang sesuatu yang menyenangkan, misalnya tentang musik atau makanan favorit. Cara tersebut dapat membantu Anda untuk mendapat suatu topik bahasan yang berguna untuk pekerjaan Anda suatu saat nanti.
Ilustrasi Perempuan Karier
Ilustrasi perempuan karier berdiskusi di kantor. Foto: Shutterstock
2. Menjadi diri sendiri
ADVERTISEMENT
Hal ini merupakan kunci untuk membuat networking Anda bertahan lama. Sikap tersebut akan mempermudah orang lain untuk menemukan sisi kolaborasi bisnis yang efektif. Anda harus ingat bahwa setiap tindakan yang tidak mencerminkan jati diri Anda akan mudah disadari oleh orang lain.
3. Menawarkan bantuan sama dengan investasi skill
Ketika bekerja dengan orang lain, biasakan diri untuk menawarkan bantuan. Saat hal tersebut menjadi kebiasaan, Anda tidak perlu bertanya lagi apa yang harus dikerjakan. Dengan sendirinya Anda akan tahu hal apa saja yang harus dilakukan hanya dengan mengamati dan mendengarkan.
Ilustrasi Perempuan karier
Perempuan karier. Foto: Shutterstock
4. Terapkan sikap objektif berdasarkan kemampuan
Berinteraksi dengan orang yang berpikir positif dan berbagi pendapat tentang hasil kerja Anda akan memberikan kesan yang berbeda. Kolaborator yang baik adalah mereka yang mengingat kesan hasil kerja Anda, karena kebaikan datang dan pergi dengan mudah saat Anda berada di lingkungan yang kompetitif.
ADVERTISEMENT
5. Teruslah aktif mencari peluang
Keberanian merupakan sifat yang harus dipupuk untuk membangun networking, sebab peluang tidak akan datang jika Anda tidak mencarinya. Jangan biarkan kata ‘tidak’ membuat Anda takut untuk terus mencoba. Karena orang-orang yang mau berdiskusi dan berbagi pengetahuan adalah sosok yang akan banyak dicari ketika akan melakukan sebuah kolaborasi, terutama dalam dunia karier.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan