Woman
·
20 Januari 2020 10:13

Tips Membetulkan Lipstik Patah dan Makeup yang Pecah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Membetulkan Lipstik Patah dan Makeup yang Pecah (53746)
Ilustrasi lipstik Foto: dok. Thinkstock
Ladies, pernahkah Anda mematahkan lipstik atau memecahkan makeup seperti bedak, palet eyeshadow dan blush on secara tidak sengaja? Tentu, hal ini sangat menganggu dan cukup meresahkan. Terlebih lagi, ketika lipstik atau makeup tersebut merupakan produk kecantikan yang sering kita gunakan sehari-hari dan harganya cukup mahal.
ADVERTISEMENT
Bila Anda melakukan hal tersebut, jangan langsung membuang makeup. Karena sebenarnya, ada cara yang bisa dilakukan untuk membetulkannya. Ya, lipstik yang patah dan makeup yang pecah bisa digunakan kembali dengan beberapa cara berikut ini. Seperti apa?
Tips Membetulkan Lipstik Patah dan Makeup yang Pecah (53747)
Ilustrasi lipstik. Foto: Pixabay/MacMonkey
Melansir Allure, bila lipstik patah di bagian tengah, cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan pemantik api untuk melelehkan sedikit bagian lipstik yang ada di tube. Saat sedikit meleleh, letakkan kembali lipstik yang patah dan tekan perlahan hingga patahannya kembali menyatu. Setelah itu, taruh lipstik di dalam freezer hingga kembali padat dan bisa digunakan kembali.
Lalu bagaimana jika lipstik patah di bagian bawah dan ujung lipstik masih bisa dipakai, namun tidak bisa diperbaiki atau direkatkan kembali? Caranya adalah dengan menaruh patahan lipstik di atas sendok, lelehkan patahan lipstik dengan lilin atau korek api dan tuangkan cairan ke dalam wadah bersih. Diamkan hingga cairan dan siap digunakan kembali atau taruh lipstik di dalam kulkas hingga lipstik menjadi padat.
Tips Membetulkan Lipstik Patah dan Makeup yang Pecah (53748)
Ilustrasi makeup dan alat makeup Foto: Shutterstock
Untuk kasus eyeshadow, blush on dan bedak padat yang pecah ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Mengutip Refinery29, Anda hanya memerlukan isopropyl alcohol dan plastic wrap.
ADVERTISEMENT
Pertama-tama, kumpulkan remahan makeup yang pecah dan berserakan, kemudian letakkan kembali ke dalam wadahnya. Setelah itu, ambil plastic wrap dan letakkan di atas wadah makeup agar remahan makeup tidak berantakan. Gunakan jari untuk meratakan remahan eyeshadow hingga menjadi bubuk dan tekan-tekan perlahan hingga permukaannya merata.
Kemudian, teteskan sedikit isopropyl alcohol hingga bubuk menjadi satu dengan cairan. Aduk hingga merata dan ratakan dengan mini spatula atau jari tangan Anda dan diamkan hingga makeup menjadi padat sehingga bisa digunakan kembali.
"Bila makeup yang teksturnya padat pecah berkeping-keping, justru saya lebih suka membuatnya menjadi bubuk dan memindahkannya ke dalam wadah kecil yang lebih nyaman dan praktis digunakan. Anda bisa menggunakannya sebagai bedak tabur atau eyeshadow? bubuk," demikian tutur makeup artist asal Amerika, Stevi Christine, seperti dikutip dari Byrdie.
ADVERTISEMENT
Selamat mencoba ya, Ladies!