Woman
·
3 April 2020 13:56

Tips Menjalani Waktu Menyenangkan Bersama Keluarga dan Pasangan saat WFH

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Menjalani Waktu Menyenangkan Bersama Keluarga dan Pasangan saat WFH (121163)
Ilustrasi keluarga. Foto: Shutterstock
Selama beberapa pekan ke depan, sebagian dari kita mungkin masih akan terus menjalani periode work from home (WFH) atau bekerja di rumah. Selama itu pula, kita akan bekerja sekaligus menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga dan pasangan, yang mungkin selama ini tak banyak kita temui karena kesibukan kantor.
Selain tetap produktif dalam pekerjaan kantor, ada baiknya kita memanfaatkan momen dengan mengalokasikan waktu berkualitas untuk keluarga guna melakukan hal-hal menyenangkan bersama seperti memasak, menonton, maupun makan bersama.
Walau begitu, kita mungkin akan sedikit kesulitan dalam menyeimbangkan antara waktu bekerja dengan waktu bersama keluarga di rumah.
Bagi Anda yang merasa seperti ini, jangan khawatir. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk tetap menghabiskan waktu menyenangkan bersama keluarga, sekaligus tetap produktif selama WFH. Seperti apa caranya? Yuk, kita simak.

1. Pisahkan antara waktu bekerja dan waktu berkumpul dengan keluarga

Tips Menjalani Waktu Menyenangkan Bersama Keluarga dan Pasangan saat WFH (121164)
Bekerja di rumah. Foto: Unsplash
Pertama, cobalah untuk memisahkan antara waktu bekerja dan waktu berkumpul dengan keluarga. Tetapkan jadwal untuk bekerja di rumah dan beristirahat, lalu usahakan untuk benar-benar mengikuti jadwal tersebut.
Ketika sedang bekerja, jauhkan diri Anda dari segala distraksi yang ada, termasuk dari keluarga yang mungkin mengajak Anda melakukan hal lain.
Kemudian, setelah waktu bekerja berakhir, berikanlah perhatian Anda sepenuhnya kepada keluarga dan pasangan. Hal ini tidak hanya membantu Anda untuk lebih fokus pada pekerjaan, namun juga mendekatkan Anda dengan keluarga.

2. Beri pengertian soal pekerjaan yang harus dilakukan

Tips Menjalani Waktu Menyenangkan Bersama Keluarga dan Pasangan saat WFH (121165)
Ibu dan anak. Foto: Shutterstock
Terkadang, anggota keluarga, misalnya anak, tidak benar-benar mengerti bahwa Anda sedang perlu bekerja dan berkonsentrasi. Sehingga, mereka mungkin akan tetap mengajak Anda untuk bermain atau mengerjakan hal lain, sekalipun sebenarnya Anda masih harus menyelesaikan berbagai pekerjaan.
Hal itu kerap terjadi terutama bila selama ini Anda tak banyak menghabiskan waktu bersama mereka yang merindukan Anda.
Oleh karena itu, cobalah memberikan pengertian kepada anggota keluarga, terutama mungkin pada anak-anak yang masih kecil. Jelaskanlah mengenai tanggung jawab terhadap pekerjaan kantor yang tetap harus ditunaikan meski sedang berada di rumah. Katakan pula bahwa setelah bekerja, Anda akan memiliki waktu untuk berkegiatan bersama mereka.

3. Coba lakukan kegiatan baru bersama mereka

Tips Menjalani Waktu Menyenangkan Bersama Keluarga dan Pasangan saat WFH (121166)
Keluarga. Foto: Shutterstock
Selama WFH, cobalah untuk memanfaatkan momen yang ada untuk melakukan kegiatan yang selama ini jarang dilakukan bersama keluarga. Misalnya, dengan bersih-bersih ataupun masak bersama. Walaupun simpel, hal ini bisa membuat Anda lebih akrab dengan mereka, terutama karena menunjukkan bahwa Anda juga peduli dan bisa turun tangan dalam urusan rumah tangga.
Selain itu, Anda juga bisa mendedikasikan waktu khusus untuk melakukan hal menyenangkan bersama pasangan dan keluarga. Contohnya dengan menonton serial film, bermain game, maupun makan bersama-sama.

4. Berikan kejutan

Tips Menjalani Waktu Menyenangkan Bersama Keluarga dan Pasangan saat WFH (121167)
Ilustrasi hadiah untuk keluarga. Foto: Pixabay/StockSnap
Walau sekarang lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah, ini bukan berarti Anda tak bisa membuat kejutan yang menyenangkan bagi mereka.
Justru, ini adalah waktu yang tepat untuk memberikan kejutan-kejutan kecil. Hal itu akan membuat suasana rumah semakin hangat dan mengurangi stres yang mungkin timbul karena wabah corona yang belum juga berakhir.
Ada berbagai kejutan yang bisa Anda berikan di saat seperti ini, mulai dari memasak makanan spesial hingga memesan hadiah secara online. Usahakan agar kejutan itu sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pasangan dan keluarga, agar mereka semakin senang menerimanya.
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk membantu mencegah penyebaran virus corona. Yuk, bantu donasi sekarang!