Woman
·
19 Juli 2021 12:45
·
waktu baca 3 menit

Tips Perawatan untuk Setiap Tipe Kulit dari Dermatologis , Cek Punya Kamu!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Perawatan untuk Setiap Tipe Kulit dari Dermatologis , Cek Punya Kamu! (316707)
searchPerbesar
Tips Perawatan untuk Setiap Tipe Kulit dari Dermatologis , Cek Punya Kamu!. Foto: Shutterstock
Ladies, setiap orang tentunya memiliki perawatan kulit masing-masing yang menyesuaikan dengan tipenya. Oleh karena itu, mengetahui apa tipe kulit yang kamu miliki merupakan salah satu kunci agar wajah tetap terjaga kesehatannya.
ADVERTISEMENT
Menurut dr. Arini Widodo, SpKK, dermatologis yang kerap memberi edukasi tentang masalah kulit di Instagram, kamu bisa mengetahui tipe kulit yang dimiliki dengan merasakan dan melihat secara kasat mata. Misalnya saja, kulit kering akan terlihat lebih kusam dan terasa memiliki tekstur yang kasar.
"Sebaliknya, kulit berminyak tampak mengkilap terutama di daerah yang banyak kelenjar minyak pada wajah. Umumnya seseorang dengan kulit berminyak mengeluhkan meskipun sudah mencuci wajah beberapa kali dalam sehari, tidak lama kemudian minyak di wajah kembali lagi," jelas dr. Arini saat diwawancarai oleh kumparanWOMAN pada Sabtu (17/9) kemarin.
Nah, Ladies, setelah mengetahui tipe kulit yang dimiliki, kamu bisa memulai untuk melakukan perawatan dasar yang sesuai dengan tipe kulit kamu agar tidak terjadi kesalahan. Sehingga, manfaat yang diberikan akan lebih maksimal.
ADVERTISEMENT
Untuk mempermudah, Ladies, berikut kumparanWOMAN telah merangkum informasi terkait perawatan dasar sesuai dengan tipe kulit yang dimiliki. Simak penjelasannya di bawah ini, Ladies!

Kulit kering

Tips Perawatan untuk Setiap Tipe Kulit dari Dermatologis , Cek Punya Kamu! (316708)
searchPerbesar
Ilustrasi Kulit Kering Foto: Shutterstock
Perlu diketahui bahwa perawatan dasar yang bisa dilakukan untuk kulit kering adalah meningkatkan kelembapannya. Oleh karena itu, penggunaan pelembap bisa menjadi solusi untuk kamu si pemilik kulit kering.
Pelembap sendiri merupakan produk perawatan kecantikan yang diperlukan untuk meningkatkan hidrasi kulit. Kamu bisa menggunakan pelembap yang memiliki memiliki kandungan ceramide, asam lemak, atau kolesterol.
Selain itu, kamu juga perlu untuk menghindari produk-produk yang bisa mengiritasi kulit kamu seperti, toner yang mengandung alkohol dan produk yang memiliki wangi-wangian.
"Kulit kering sebaiknya menghindari sabun yang memiliki banyak busa dan antiseptik. Selain itu, mandi dengan air hangat atau panas dalam waktu yang lama juga akan membuat kulit menjadi semakin kering," ungkap dr. Arini.
ADVERTISEMENT

Kulit berminyak

Tips Perawatan untuk Setiap Tipe Kulit dari Dermatologis , Cek Punya Kamu! (316709)
searchPerbesar
Ilustrasi Kulit Berminyak Foto: Shutterstock/Yuttana Jaowattana
Kulit berminyak merupakan salah satu tipe kulit yang kandungan minyaknya agak lebih banyak dari tipe kulit lainnya. Oleh karena itu, perawatan yang bisa kamu lakukan adalah mengontrol produksi minyak berlebih pada kulit tersebut.
Berkurangnya minyak yang kamu miliki ini dapat diharapkan menghambat atau mengurangi produksi sebum itu sendiri. Dengan begitu, kulit kamu bisa terhindar dari komedo ataupun jerawat.
dr. Arini juga menyarankan untuk menggunakan sabun cuci muka yang lembut agar terhindar dari iritasi kulit dan peningkatan produksi minyak pada wajah.
"Pilih produk skin care yang berlabel ‘oil-free’ dan ‘non-comedogenic’. Ini berarti bahwa produk tersebut, termasuk pembersih, pelembab, dan make up tersebut tidak akan menyumbat pori – pori atau menyebabkan jerawat," tambahnya kembali.
ADVERTISEMENT

Kulit sensitif

Tips Perawatan untuk Setiap Tipe Kulit dari Dermatologis , Cek Punya Kamu! (316710)
searchPerbesar
Ilustrasi kulit sensitif. Foto: Shutterstock
Memiliki kulit sensitif membuat kamu harus bisa lebih ekstra memperhatikan kesehatan kulit tersebut. Apabila kamu sedang berada di level kulit yang sangat sensitif hingga tidak jarang mengalami breakout, coba untuk mengurangi jumlah produk skin care atau tidak menggonta-gantinya secara berkala.
"Seiring dengan mudahnya muncul gejala pada tipe kulit ini maka disarankan untuk mengurangi jumlah produk skin care, misalnya tidak gonta ganti produk. Sehingga bisa meminimalisir kemungkinan terjadinya iritasi atau pun alergi pada kulit," jelas dr. Arini.
Sama dengan kulit kering, untuk kulit sensitif, sebaiknya jangan terlalu sering melakukan eksfoliasi pada kulit agar terhindar dari iritasi. Kamu boleh melakukan eksfoliasi apabila kulit yang dimiliki sudah lembap, kemudian dilakukan secara perlahan dan tidak kasar.
ADVERTISEMENT

Kulit kombinasi

Tips Perawatan untuk Setiap Tipe Kulit dari Dermatologis , Cek Punya Kamu! (316711)
searchPerbesar
Ilustrasi perempuan dengan kulit kombinasi. Foto: Dok. Shutter stock
Perawatan dasar yang dilakukan oleh kulit kombinasi memang cukup unik dibandingkan yang lainnya. Pasalnya, perawatan yang dilakukan menyesuaikan dengan kondisi kulit kamu di beberapa area tertentu.
Misalnya saja di area pipi kamu terasa lebih kering, maka kamu bisa menggunakan pelembap. Sebaliknya, jika di area jidat, kulit kamu terasa berminyak, coba untuk menggunakan formulasi skin care yang lebih ringan atau kamu juga bisa menggunakan kertas minyak untuk meminimalisirnya.
"Apabila ingin menggunakan satu produk saja, kamu dapat menggunakan formulasi yang ringan sehingga tidak membuat daerah tersebut semakin tampak berminyak," ujar dr. Arini.
Ladies, kalau kamu tipe kulit yang mana nih?
Penulis: Johanna Aprillia