kumparan
search-gray
Woman30 Juli 2020 21:04

Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda? Ini Alasannya

Konten Redaksi kumparan
Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda? Ini Alasannya (951379)
Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda? Ini Alasannya. Foto: Shutterstock
Payudara merupakan salah satu organ tubuh yang berharga bagi perempuan. Oleh karena itu, tak sedikit perempuan yang memberikan perhatian lebih pada organ tubuh yang satu ini. Mulai dari menjaga kekencangannya dengan olahraga, dipijat, atau dirawat dengan cara lainnya.
ADVERTISEMENT
Jadi tak heran jika ada sedikit perbedaan pada payudara kita bisa langsung tahu dan kadang merasa panik akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Biasanya ini terjadi pada mereka yang baru menyadari bahwa kedua payudaranya memiliki ukuran dan bentuk yang berbeda. Apakah Anda pernah mengalaminya Ladies?
Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda? Ini Alasannya (951380)
Ilustrasi payudara perempuan saat menstruasi. Foto: Shutterstock
Jika pernah, Anda tidak perlu khawatir karena ternyata ukuran payudara yang berbeda atau biasa disebut dengan payudara asimetris ini merupakan suatu hal normal yang terjadi pada perempuan.
Menurut laporan dari Breast Development dari Massachusetts Hospital for Children, perbedaan ukuran payudara perempuan yang terlihat sangat signifikan terjadi pada 25 persen perempuan. Sisanya, jika tidak diperhatikan dengan seksama, secara sepintas ukurannya akan terlihat sama.
Ada beberapa alasan mengapa payudara kita bisa memiliki ukuran yang berbeda. Mulai dari faktor puber, hormon yang mudah berubah, hingga adanya kejadian yang memicu trauma terhadap payudara kita.
Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda? Ini Alasannya (951381)
Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda? Ini Alasannya. Foto: Shutterstock
Perlu diketahui bahwa payudara kita merupakan sebuah kelenjar lemak yang terletak di bagian dada. Sehingga variasi morfologis dalam ukuran, bentuk, volume, kepadatan jaringan, area dada, dan jarak payudara akan menentukan bentuk, penampilan, dan posisi alami payudara perempuan.
ADVERTISEMENT
Jadi, Anda tidak perlu khawatir apabila memiliki ukuran payudara yang berbeda. Sebab itu merupakan hal alami yang wajar terjadi pada setiap perempuan. Selain itu, perbedaan ukuran payudara juga bisa disebabkan oleh hal alamiah lainnya yang terjadi pada tubuh perempuan.
Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda? Ini Alasannya (951382)
Alasan payudara besar sebelah. Foto: Shutterstock
Melansir Healthline, dalam suatu masa proses bertambahnya volume pada payudara juga bisa disebabkan oleh penyimpanan air dan sirkulasi darah yang ada pada payudara. Tak hanya itu, pada saat masa ovulasi atau menjelang menstruasi, kedua payudara bisa berubah menjadi lebih besar dan cenderung sensitif.
Tak jarang, banyak juga perempuan yang mengaku payudaranya menjadi kencang dan sakit saat akan menstruasi. Namun nantinya ukuran dan kondisi payudara akan kembali normal saat kita sedang menstruasi.
ADVERTISEMENT
Ladies, apakah Anda juga mengalami hal yang sama tentang perbedaan ukuran payudara kanan dan kiri?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white