Woman
·
19 November 2020 16:24

UN Women Adakan WEPs Awards, Pentingnya Kesetaraan Gender dalam Industri Bisnis

Konten ini diproduksi oleh kumparan
UN Women Adakan WEPs Awards, Pentingnya Kesetaraan Gender dalam Industri Bisnis (17708)
Indonesia Awarding Ceremony UN Women 2020 Asia-Pacific Women Empowerment Principles (WEPs) Awards diselenggarakan melalui Zoom, Rabu (18/11). Foto: Dok. UN Women.
Seiring majunya zaman, perempuan didorong untuk aktif berpartisipasi dalam berbagai sektor, termasuk bisnis. Namun di sisi lain, isu kesenjangan gender di lingkungan kerja hingga kini masih terjadi dan tak jarang merugikan pihak perempuan.
Kondisi ini diperparah dengan pandemi COVID-19 yang membuat semakin banyak perempuan terpukul. Padahal menurut UN Resident Coordinator Indonesia, Valerie Julliand, saat ini populasi perempuan di berbagai negara rata-rata mencapai 50 persen dan mewakili separuh dari tenaga kerja di negaranya.
“Penelitian dari UN Women menunjukkan bahwa tanggung jawab rumah tangga dan pekerjaan tak berbayar yang dilakukan perempuan hampir menjadi dua kali lipat dibandingkan laki-laki dalam beberapa bulan terakhir. Begitu pula 35 persen perempuan di sektor informal melaporkan terjadinya penurunan jam kerja berbayar mereka,” jelas Valerie dalam pembukaan Indonesia Awarding Ceremony UN Women 2020 Asia-Pacific Women Empowerment Principles (WEPs) Awards melalui Zoom (18/11).
Sedangkan menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani, di tengah kemajuan zaman, partisipasi perempuan di berbagai sektor bisnis dalam dua dekade terakhir masih stagnan. Bila dibiarkan, jalan perempuan untuk mendapatkan kesempatan dan perlakuan yang sama di sektor bisnis masih harus menempuh jalan yang sangat panjang.
“Pada tahun 2020, di Indonesia partisipasi pekerja perempuan juga menurun. Dari 55,5 persen pada tahun lalu menjadi 54,56 persen. Sementara tingkat partisipasi pekerja laki-laki justru meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah perempuan yang keluar dari lapangan pekerjaan sekarang lebih tinggi,” terangnya.
“Menurut data BPS (Badan Pusat Statistik), pada Februari 2020, partisipasi gender dan ketimpangan upah atau masih sekitar 23 persen. Artinya perempuan mendapatkan upah 23 persen lebih rendah dibandingkan laki-laki,” tambah Sri Mulyani.
Lanjut Sri Mulyani, partisipasi perempuan yang menempati posisi-posisi strategis di perusahaan juga hingga kini masih sangat minim. Hal ini membuktikan bahwa perempuan masih menghadapi tantangan besar di tempat kerja karena adanya diskriminasi gender. Ditambah dengan ancaman kekerasan —fisik dan seksual— yang mengintai perempuan saat bekerja.
UN Women Adakan WEPs Awards, Pentingnya Kesetaraan Gender dalam Industri Bisnis (17709)
com-Sri Mulyani Foto: dok. kemdikbud.go.id
Inilah yang menjadi latar belakang UN Women menyelenggarakan Asia-Pacific Women Empowerment Principles (WEPs) Awards untuk pertama kalinya di tahun 2020. WEPs Awards yang didukung oleh Uni Eropa merupakan ajang penganugerahan yang diberikan kepada pemimpin usaha dan perusahaan-perusahaan Asia Pasifik termasuk Indonesia atas kontribusi mereka dalam memajukan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Penghargaan ini juga bertujuan menginspirasi pelaku usaha dan perusahaan lainnya untuk mengambil aksi untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.
Dalam gelaran perdana ini, lebih dari 60 aplikasi dari Indonesia telah mendaftar WEPs Awards yang lantas dibagi dalam enam kategori penghargaan, yaitu Komitmen Kepemimpinan, Komitmen Kepemimpinan Muda (untuk pemimpin berusia maksimal 30 tahun), Tempat Kerja yang Inklusif Gender, Marketplace yang Responsif Gender, Pelibatan Komunitas dan Industri, serta penghargaan Respons terhadap COVID-19 untuk perusahaan yang telah memberikan kontribusi signifikan untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam konteks COVID-19.
“WEPs Awards merupakan momen penting untuk merayakan kemajuan yang telah dicapai dalam pemberdayaan perempuan. Terlepas dari kemajuan yang ada, masih banyak tantangan yang harus kita hadapi dan ini bukanlah jalan yang dapat kita lalui sendiri. Ini merupakan panggilan untuk semua pihak agar mengambil aksi, termasuk di perusahaan tempat kita bekerja dalam memastikan kondisi kerja yang lebih baik untuk perempuan dan laki-laki, dan kesetaraan upah untuk pekerjaan bernilai sama, tanpa memandang sektor usaha maupun industrinya,” ucap UN Women Indonesia Representative and Liaison to ASEAN, Jamshed M. Kazi, dalam kesempatan yang sama.
UN Women Adakan WEPs Awards, Pentingnya Kesetaraan Gender dalam Industri Bisnis (17710)
juri independen yang terdiri dari para profesional di berbagai bidang industri dalam penghargaan UN Women Asia-Pacific Women Empowerment Principles (WEPs) Awards 2020. Foto: Dok. UN Women
Adapun pemenang setiap kategori telah diumumkan secara virtual pada Rabu (18/11) dan diberikan secara simbolis oleh juri independen yang terdiri dari para profesional di berbagai bidang industri. Para pemenang dari Indonesia akan mendapatkan kesempatan mengikuti WEPs Awards di tingkat regional Asia Pasifik yang akan diselenggarakan pada 15 Desember 2020.

Inilah para penerima penghargaan UN Women Asia-Pacific Women Empowerment Principles (WEPs) Awards 2020:

1. Kategori Kepemimpinan: Presiden Direktur PT Blue Bird Tbk.
DR. Noni S.A. Purnomo, B.Eng, MBA.
2. Kategori Kepemimpinan Muda: Co-Founder heySTARTIC, Vania Santoso.
3. Kategori Tempat Kerja yang Inklusif Gender: Telkomtelstra.
4. Kategori Marketplace yang Gender Responsif: Bukalapak.
5. Kategori Pelibatan Komunitas dan Industri: Gojek.
6. Kategori Tindakan COVID-19: Indosat Ooredoo.
WEPs Awards sendiri merupakan bagian dari program WeEmpowerAsia oleh UN Women dengan dukungan finansial oleh Uni Eropa dan sejalan dengan Women Empowerment Principles, tujuh prinsip-prinsip yang memberikan panduan bagi pelaku usaha dan perusahaan agar rantai nilai mereka lebih responsif gender.
Vincent Piket, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dan Brunei Darussalam mengakui pentingnya kerja sama dengan sektor swasta dalam mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Tindakan tersebut bukan hanya sebagai bentuk moral dan kepedulian terhadap perempuan, namun juga akan berdampak baik bagi perekonomian negara dan dunia.
“Hari ini, Uni Eropa bergabung untuk merayakan para pelaku usaha dan perusahaan yang telah mendukung kesetaraan dalam dunia bisnis. Saya memberi hormat para pemimpin yang telah beraksi dalam memastikan inklusi dan keberagaman gender menjadi kenyataan bagi para pekerja, pemasok, dan komunitas yang mereka dukung. Memastikan kesempatan setara bagi perempuan, serta keadilan dan hak ekonomi perempuan merupakan tugas yang tidak mudah. Namun, kami yakin bahwa pelaku usaha mampu untuk mendorong kemajuan,” pungkas Vincent Piket.

Berikut adalah daftar lengkap pemenang dari Indonesia untuk ajang UN Women 2020 Asia-Pacific WEPs Awards:

1. Kategori Komitmen Kepemimpinan
  • Pemenang Pertama: Dr. Noni S.A. Purnomo, B.Eng, MBA, CEO PT Blue Bird Tbk
  • Pemenang Kedua: Sari Safianti, CEO PT Rhenus Project Logistics
  • Pemenang Ketiga: Elim Sritaba, Chief Sustainability Officer PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk
  • Honorable Mention: Noryawati Mulyono, Co-Founder & Director PT Seaweedtama Biopac Indonesia
2. Kategori Komitmen Kepemimpinan Muda
  • Pemenang Pertama: Vania Santoso, Co-Founder heySTARTIC
  • Pemenang Kedua: Catherine Halim, Co Founder and Managing Director PT Kisaku Mulai Disini
3. Kategori Tempat Kerja yang Inklusif Gender
  • Pemenang Pertama: Telkomtelstra-PT Teltranet Aplikasi Solusi
  • Pemenang Kedua: PT Unilever Indonesia Tbk
  • Pemenang Ketiga: Grab Indonesia
  • Honorable Mention: Bank OCBC NISP Tbk
4. Kategori Marketplace yang Gender Responsif
  • Pemenang Pertama: Bukalapak
  • Pemenang Kedua: Amartha
  • Pemenang Ketiga: PT Martina Berto Tbk (Martha Tilaar Group)
  • Honorable Mention: Ecofrenli
5. Kategori Pelibatan Komunitas dan Industri
  • Pemenang Pertama: Gojek
  • Pemenang Kedua: Grab Indonesia
  • Pemenang Ketiga: Telkomtelstra-PT Teltranet Aplikasi Solusi
  • Honorable Mention: PT XL Axiata Tbk
6. Kategori Tindakan COVID-19
  • Pemenang Pertama: Indosat Ooredoo
  • Pemenang Kedua: PT Unilever Indonesia Tbk
  • Pemenang Ketiga: Rumah Mode Miranda
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan UN Women