Woman
·
21 September 2020 17:51

Video: 3 Perempuan Bicara Kesetaraan Gender di Tempat Kerja

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Perempuan telah mencapai kemajuan di berbagai sektor. Namun, sayangnya angka partisipasi perempuan di dunia kerja masih tergolong rendah dibanding laki-laki. Di Indonesia sendiri jumlah partisipasi angkatan kerja perempuan terhitung masih di angka 52 persen, sedangkan laki-laki mencapai 84 persen.
Selain itu, relatif lebih tingginya partisipasi angkatan kerja laki-laki dibanding perempuan, secara tidak langsung merefleksikan adanya berbagai hambatan bagi perempuan untuk kembali masuk atau tetap bertahan dalam angkatan kerja. Beberapa permasalahan seperti kesenjangan remunerasi untuk pekerja laki-laki dan perempuan, ketidaksetaraan peluang bagi perempuan dan laki-laki dalam pengembangan karier profesional, bahkan pelecehan dan kekerasan seksual masih menjadi persoalan dalam berbagai konteks.
Video: 3 Perempuan Bicara Kesetaraan Gender di Tempat Kerja (14994)
Sari Safianti, Managing Director Rhenus Project Logistics, Maria Gabriella, CEO Copa de Flores dan Melisa Lolindu, Jurnalis bicara soal kesetaraan gender di tempat kerja. Foto: kumparan
Hal ini dihadapi langsung oleh tiga perempuan dalam video ini, yaitu Sari Safianti, Managing Director Rhenus Project Logistics; Maria Gabriella, CEO Copa de Flores; dan Melisa Lolindu, Jurnalis. Ketiganya membahas tentang tantangan yang mereka hadapi di tempat kerja, serta pentingnya peran perempuan dan perusahaan dalam menciptakan ruang kerja yang ramah gender.
Komitmen untuk mendukung kesetaraan gender dan partisipasi perempuan di dunia usaha, tempat kerja ini juga menjadi perhatian besar oleh lembaga PBB yang bekerja untuk pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender, UN Women. Bersama dengan UN Global Compact, UN Women menginisiasi sebuah prinsip bernama Women’s Empowerment Principles (WEPs) yang dapat diadopsi oleh perusahan dan pengusaha. WEPs sendiri terdiri dari seperangkat prinsip yang menawarkan panduan bagi dunia bisnis untuk mempromosikan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di tempat kerja, usaha, serta komunitas.
Video: 3 Perempuan Bicara Kesetaraan Gender di Tempat Kerja (14995)
UN Women 2020 Asia-Pacific WEPs Awards Foto: asiapacificwepsawards
Untuk pertama kalinya di tahun 2020 ini, UN Women menggelar UN Women Asia Pacific WEPs Awards. Ajang penghargaan ini ditujukan sebagai apresiasi bagi individu dan perusahaan (di Indonesia & Asia Pasifik) yang telah berkomitmen memajukan perempuan dalam bidang usaha mereka dan menerapkan Women’s Empowerment Principles (WEPs).
Apakah perusahaanmu sudah bergerak dalam mendukung pemberdayaan perempuan? Sudah saatnya menyebarkan komitmen hebat tersebut kepada masyarakat luas.
Nominasikan segera perusahaanmu sekarang melalui situs www.asiapacificwepsawards.org dan jadilah sebagai salah satu inisiator dalam gerakan pemberdayaan perempuan di Indonesia!
Artikel ini merupakan kerjasama kumparanWOMAN dengan UN Women dalam mengampanyekan pentingnya pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi. Untuk artikel menarik lainnya kunjungi collection Perempuan Bicara Kerja