kumparan
search-gray
Woman28 Juli 2020 22:20

Viral Tagar WomenSupportingWomen yang Punya Makna Penting untuk Perempuan

Konten Redaksi kumparan
Viral Tagar WomenSupportingWomen yang Punya Makna Penting untuk Perempuan (632007)
Viral Tagar WomenSupportingWomen. Foto: IG: Jennifer Aniston, Reese Witherspoon, Victoria Beckham
Beberapa hari belakangan ini laman Instagram diramaikan dengan foto-foto hitam putih dari para selebriti perempuan. Mereka secara serempak mengunggah foto tersebut dengan tagar WomenSupportingWomen.
ADVERTISEMENT
Posting-an para selebriti ini menjadi viral dan banyak diperbincangkan. Selebriti seperti Victoria Beckham, Reese Witherspoon, Jennifer Aniston, hingga Khloe Kardashian juga turut serta membagikan potret dirinya. Diawali dengan kalimat ‘Challenge accepted’ atau tantangan diterima, para partisipan kemudian menambahkan foto mereka dengan keterangan yang menyentuh dan powerful.
“#Challengeaccepted! Terima kasih kepada seluruh perempuan hebat dalam hidupku karena telah memberi dukungan dan cinta yang tiada akhir. Semoga kita bisa terus bersinar bersama. Inilah yang dinamakan persaudaraan. #womensupportingwomen,” begitu tulis Reese Witherspoon dalam caption fotonya.
Untuk mengajak rekannya yang lain, para selebriti ini kemudian menandai perempuan lain di caption atau di foto. Mulai dari orang tua, rekan dekat, atau bahkan mentornya yang dinilai sudah berjasa dan memiliki prestasi yang sudah sepatutnya dihargai.
ADVERTISEMENT

Alasan tagar WomenSupportingWomen jadi viral

Hingga kini belum diketahui pasti siapa yang memulai gerakan tersebut. Tetapi tagar dan unggahan para selebriti ini sebenarnya memiliki makna khusus yang mendalam.
Menurut juru bicara Instagram, postingan para selebriti ini untuk merayakan kekuatan, saling menunjukkan kasih sayang, dan mengingatkan para perempuan bahwa saling mendukung adalah hal terpenting. Kepada New York Times, juru bicara Instagram juga menyebutkan bahwa awalnya challenge tersebut sudah muncul di situs jurnalis asal Brazil, Ana Paula Padrão, sekitar seminggu yang lalu.
Lalu bagaimana tagar tersebut bisa populer di Instagram? Melansir The Cut, seorang PR dan marketing manager para influencer mengatakan bisa jadi gerakan ini merupakan efek dari sikap berani Alexandria Ocasio-Cortez saat melakukan pidato di gedung DPR pada Kamis (23/7).
ADVERTISEMENT
Dalam pidato tersebut, perempuan yang akrab disapa AOC ini berbicara soal dirinya yang telah dilecehkan secara verbal oleh anggota kongres perwakilan Florida, Ted Yoho. Ia mengaku Ted Yoho telah menyebutnya, ‘disgusting’, ‘fucking b*tch, dan ‘out of your mind’ saat mereka berpapasan di gedung DPR.
Menurut AOC, perkataan yang dilontarkan Ted Yoho di hadapan rekan-rekan media menyiratkan bahwa kata-kata tersebut menjadi hal biasa yang diucapkan pria kepada para perempuan. Padahal seharusnya perempuan juga layak dihargai dan dihormati.
“Saya hanya mau mengatakan bahwa perbuatan menyakitkan yang dikatakan oleh Pak Yoho untuk menyerang saya, bukan hanya ditujukan pada saya, tetapi juga pada seluruh perempuan, bahkan pada putrinya sendiri,” ungkap AOC seperti dikutip dari The Guardian.
Sontak pidato AOC ini membuat para perempuan geram dan lebih berani menyuarakan feminisme dan pemberdayaan perempuan. Kabarnya, hal inilah yang kemudian memicu munculnya tagar WomenSupportingWomen yang tak hanya ditujukan untuk mendukung AOC, tetapi juga mendukung semua perempuan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white