Woman
·
7 Oktober 2019 19:23

Zazie Beetz, Aktris yang Perankan Perempuan Idaman Joker

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Zazie Beetz, Aktris yang Perankan Perempuan Idaman Joker (27162)
Aktris Zazie Beetz dalam screening film Joker di 76th Venice Film Festival, 31 Agustus 2019. Foto: ALBERTO PIZZOLI / AFP
Belakangan ini, topik mengenai film 'Joker' tengah menyita perhatian banyak orang. Netizen ramai membicarakan jalan cerita film tersebut, juga membahas soal penampilan Joaquin Phoenix yang begitu piawai memainkan karakter Arthur Fleck atau Joker.
ADVERTISEMENT
Dalam film ini, tampil pula aktris Zazie Beetz sebagai Sophie Dumond, karakter yang menjadi pujaan Joker. Arthur Fleck sempat berfantasi bahwa ia memiliki hubungan asmara dengan Sophie, meski ternyata itu hanyalah ilusi.
Walau karakter Sophie Dumond tidak terlalu sering muncul dalam film yang berdurasi 122 menit tersebut, keberadaan Sophie Dumond atau Zazie Beetz dalam 'Joker' cukup penting dan mendapat banyak pujian dari netizen. Mereka juga berharap agar pada film-film berikutnya, Zazie mendapatkan durasi penampilan yang lebih banyak.
Lalu siapa sebenarnya aktris Zazie Beetz yang mendapatkan peran menarik ini?
1. Aktris berdarah campuran
Zazie Beetz, Aktris yang Perankan Perempuan Idaman Joker (27163)
Aktris AS-Jerman, Zazie Beetz, dalam premiere film 'Joker' di TCL Chinese Theatre, Hollywood, 28 September 2019. Foto: JEAN-BAPTISTE LACROIX/AFP
Zazie Olivia Beetz dilahirkan di Berlin, Jerman, pada 1991. Ayahnya adalah seorang pria Jerman yang pindah ke Amerika setelah tembok Berlin diruntuhkan. Sementara, ibunya adalah seorang perempuan berkulit hitam yang berasal dari New York. Kedua orang tuanya bertemu di Amerika, namun Zazie dilahirkan di Jerman.
ADVERTISEMENT
Zazie sempat tinggal sebentar di Jerman, sebelum akhirnya pindah ke New York. The Cut melaporkan, ibu Zazie ingin agar anaknya besar di lingkungan yang berisi orang-orang dengan penampilan atau ras yang sama sepertinya, yaitu sama-sama memiliki kulit hitam.
"Saya menjalani preschool di Jerman, namun mengenyam pendidikan resmi di New York. (Walau begitu), saya masih kembali ke Jerman untuk kamp musim panas ," tutur Zazie, seperti dikutip The Independent.
2. Mulai dikenal sejak serial TV Atlanta
Zazie Beetz, Aktris yang Perankan Perempuan Idaman Joker (27164)
Zazie Beetz dalam premiere 'Joker' di 2019 Toronto International Film Festival, 9 September 2019. Foto: GEOFF ROBINS / AFP
Zazie adalah sosok yang memiliki ketertarikan besar di bidang seni. Menurut Rolling Stone, semasa kecilnya, Zazie adalah anak kreatif yang menikmati melukis dan bidang seni visual. Bahkan, ia sempat mempertimbangkan karier sebagai seorang graphic artist.
ADVERTISEMENT
Kemudian, USA Today mencatat, pada masa SMA, Zazie memilih belajar di LaGuardia High School dengan jurusan teater, sebelum menjajal hal seperti melukis dan membuat baju. Ia juga melanjutkan pendidikan dengan mengambil jurusan bahasa Prancis di Skidmore College, New York.
"Namun, dunia akting adalah hal paling konsisten yang pernah saya jalani," ungkapnya.
Nama Zazie sendiri mulai dikenal secara luas setelah dia membintangi serial TV 'Atlanta', yang membawanya pada nominasi 'Supporting Actress In A Comedy Series' dari ajang Emmy Awards 2018. Selain itu, dia juga pernah membintangi serial Netflix yang berjudul 'Easy' dan sederet daftar film layar lebar.
3. Membintangi film Marvel sekaligus DC
Meski sama-sama mengambil tema superhero, film yang berasal dari karya Marvel Comics dan DC Comics dikenal memiliki karakteristik dan fandom yang jauh berbeda. Namun, ada beberapa aktris atau aktor yang berkesempatan membintangi film dari kedua komik tersebut.
ADVERTISEMENT
Salah satunya adalah Zazie Beetz yang berperan dalam 'Deadpool 2'--film yang didasarkan pada karya Marvel Comics, sebelum ia membintangi 'Joker' yang diangkat dari DC Comics.
Dalam 'Deadpool 2', Zazie Beetz berperan sebagai Domino, tentara bayaran yang selalu beruntung dalam apapun yang dilakukannya. Meski seharusnya Domino digambarkan sebagai seseorang yang berkulit putih, Zazie mengambil kesempatan akting yang ada dan sukses menarik perhatian lewat perannya sebagai karakter tersebut. Bahkan, sebagian netizen berharap agar karakter ini mendapatkan film spin-off tersendiri.
"Saya tidak pernah membayangkan bahwa (film superhero) akan menjadi jalur (karier saya). Saya gugup, karena saya menandatangani kontrak dan terikat untuk menjalankan cerita tersebut, dan saya tidak tahu apa yang sebenarnya saya lakukan. Tapi, saya menyukai gagasan untuk memperkenalkan sebuah versi live-action dari seorang karakter," tutur Zazie.
ADVERTISEMENT
Setahun setelah ‘Deadpool 2’, baru Zazie Beetz mendapat peran Sophie Dumond dalam ‘Joker’.