Pencarian populer

Agen Rahasia dari Binatang

Biasanya, kita hanya melihat agen-agen rahasia yang berupa binatang pada film atau kartun yang kita lihat karena kepintaran mereka yang mudah dimanfaatkan. Namun, ternyata penggunaan binatang sebagai agen rahasia memang nyata adanya dan pernah sesekali dicoba di dunia.

Beberapa negara yang mempraktekan ini bahkan sampai mencoba mereka ke medan tempur atau menemukan beberapa binatang mencurigakan di negara mereka. Berikut merupakan lima contoh binatang yang pernah dijadikan agen rahasia di dunia:

1. Kucing sebagai Agen Rahasia

Tidak bisa kita pungkiri lagi bahwa beberapa binatang di latih untuk tujuan tertentu oleh agen militer maupun agen khusus suatu negara. Beberapa di antaranya mungkin berhasil namun tidak banyak juga yang gagal. Contohnya upaya Central Intelligence Agency (CIA) untuk menanamkan alat pendengar ke kucing - yang dijuluki Operasi Akustik Kucing.

Cat | wikimedia.org

Sayangnya program ini langsung berujung pada kegagalan pada hari pertama dilakukannya percobaan tersebut. Hal ini terjadi ketika kucing sebagai subjek percobaan itu tertabrak oleh sebuah mobil di luar kedutaan Soviet di Washington DC yang menyebabkan semua langkah awal percobaan berujung pada kegagalan. Proyek ini diperkirakan dianggarkan dengan biaya lebih dari USD 14 juta dan diputuskan untuk dihentikan.

2. Tupai Si Mata-mata

Bintang ini bahkan pernah di tangkap karena aksinya di suatu negara. Bagi banyak orang tupai mungkin adalah binatang kecil yang lucu dan menggemaskan, namun tidak bagi negara ini. Pada tahun 2007, Iran pernah menangkap 14 ekor tupai karena aksi mata-mata yang mereka lakukan. Menurut badan rahasia Iran, tupai-tupai tersebut berpotensi melakukan aksi mata-mata terhadap negaranya dengan dipersenjatainya mereka dengan kamera maupun alat kecil lainnya.

Eastern Grey Squirrel | wikimedia.org

Binatang tersebut ditangkap di area perbatasan Iran serta di curigai sebagai agen negara barat yang berpotensi menghancurkan negara tersebut. Faktanya, seekor tupai sangat kecil kemungkinannya untuk dijadikan mata-mata karena sulitnya diarahkan ke suatu objek atau lokasi sesuai dengan keinginan. Sampai saat ini sendiri belum ada negara yang terbukti melatih tupai untuk tujuan memata-matai kegiatan suatu negara.

3. Kelelawar dalam Perang

Seperti proyek kerahasiaan lainnya yang menyangkut mata-mata, proyek yang berkatain dengan kelelawar ini terlihat agak berbeda. Tujuannya dilakukan dalam membantu militer jika perang terjadi suatu saat. Proyek yang gagal ini adalah bom kelelawar yang terdengar sama anehnya dengan proyek sejenisnya.

big eared townsend fledermaus | wikimedia.org

Percobaan ini dilakukan oleh Amerika Serikat pada perang dunia kedua, dimana kelelawar tersebut diikat ke suatu alat pembakar kecil yang pada akhirnya akan dijatuhkan ke daratan Jepang. Ide awalnya dimulai dengan strategi dan tujuan agar kelelawar tersebut dapat bertengger di dalam bangunan kayu Jepang sebelum terbakar sehingga dapat menyebabkan kekacauan di berbagai area disana. Pada akhirnya bom atom terbukti lebih efektif dan digunakan oleh Amerika Serikat.

4. Merpati yang Mencari Fakta

Pada tahun 2011, pihak berwenang Saudi pernah menangkap seekor burung yang terbang tinggi karena dicurigai telah melakukan misi khusus di dalam negaranya. Namun pengintaian yang dilakukan oleh seekor burung tersebut bukanlah yang pertama dilakukan di dunia. Beberapa menganggap mereka hanya lewat untuk migrasi maupun mengantarkan pesan.

Ilustrasi Merpati di jalan (Foto: dok: Pixabay)

Namun ternyata hewan tersebut telah bertugas dan dilatih di militer sejak awal tahun 1908. Hal ini diketahui ketika orang Jerman pertama kali memasang kamera untuk seekor merpati dengan tujuan mengambil foto udara di suatu negara yang dimata-matai.

5. Lumba-Lumba dalam Agen Pemerintah

Tidak sedikit program kerahasiaan dan kepolisian yang melibatkan binatang gagal serta tidak diteruskan namun beberapa yang berhasil seperti anjing pelacak telah menjadi andalan yang cukup baik sampai saat ini. Selain hewan tersebut mungkin rekrutan dan pelatihan paling sukses dari dunia binatang adalah lumba-lumba.

AS dan Rusia pernah mengkonfirmasi adanya program pelatihan yang melibatkan mamalia laut, di mana lumba-lumba dan anjing laut dilatih untuk mengidentifikasi ranjau bawah air dan pengintai dari bawah laut. Tapi hewan ini seperti tentara muda karena lumba-lumba memiliki hormon juga. Pada bulan Maret tahun 2013 diketahui bahwa tiga lumba-lumba militer yang telah dilatih melarikan diri dan berkeliaran di Laut Hitam untuk mencari pasangan kawinnya namun pemerintah setempat menolak kebenaran laporan tersebut dan tidak membenarkan adanya pelatihan tersebut.

Tursiops truncatus | wikimedia.org

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.63