kumparan
13 Mei 2018 7:39 WIB

5 Hal yang Terjadi Jika Bumi Itu Datar

Ilustrasi bumi datar. (Foto: Flat Earth Society)
Akan ada banyak hal yang terjadi jika bumi itu datar. Hal pertama adalah gravitasi akan cenderung menarik kita ke utara. Ini terjadi karena gravitasi bukan menarik kita ke bawah, namun menuju pusat bumi. Jika bumi datar maka pusat bumi akan menunjuk ke arah utara.
ADVERTISEMENT
Hal kedua yang terjadi adalah seluruh permukaan bumi akan terpanggang panas matahari. Kita semua dilindungi oleh medan magnet yang dihasilkan oleh perputaran bumi. Jika bumi berbentuk datar dan tidak berputar, maka cahaya matahari akan memanggang semua yang ada di permukaan bumi secara langsung.
Hal ketiga yang terjadi adalah tidak ada navigasi. Selama ini kita mengandalkan kompas yang mengarah pada kedua kutub utara dan selatan bumi. Tentu saja GPS juga tidak akan bekerja karena informasi GPS berasal dari satelit yang mengorbit bumi. Jika bumi berbentuk datar, tidak akan ada medan magnet yang membuat satelit tetap mengorbit bumi.
Hal keempat adalah mata kita bisa melihat dalam jarak panjang sangat-sangat jauh. Hal kelima tentu saja tidak mungkin kita bisa melampaui antartika atau terus berjalan ke tepi bumi. Hal keenam adalah tidak ada musim dan tidak akan ada hujan karena hujan merupakan hasil evaporasi air laut yang secara konstan bergerak terkena angin yang dihasilkan dari rotasi bumi.
ADVERTISEMENT
Hal terakhir tentu saja permukaan bumi yang datar dan stasioner akan tertarik dan bertabrakan dengan matahari karena untuk menjaga dua benda tetap di orbit nya masing-masing, dua benda itu harus berputar dan memiliki gravitasi masing-masing.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan