Tekno & Sains
·
22 November 2020 0:04

Bukan Cuma Manusia, Ada Juga Hewan yang Workaholic

Konten ini diproduksi oleh Lampu Edison
Sebagai manusia kita selalu punya pilihan untuk bekerja. Ada di antara kita yang pekerja keras karena memang suka dengan kehidupan yang penuh kesibukan, ada juga yang bekerja keras demi mendapatkan uang banyak untuk dapat membeli apa yang diinginkan. Tapi ada juga yang tidak suka bekerja keras, mereka bekerja hanya untuk cukup membiayai kebutuhan dasar hidup, sementara waktu yang tersisa digunakan untuk melakukan hobi dan kegiatan yang lainnya. Semuanya terserah kita, apa kita mau bekerja keras atau tidak
ADVERTISEMENT
Lain manusia, lain lagi ceritanya dalam dunia hewan. Hewan peliharaan di rumah kita seperti anjing, kucing, kelinci, dan kura-kura tentu menikmati hidup nyaman. Mereka tidak perlu bekerja dan mendapatkan makanan dan tempat tinggal gratis dari pemiliknya. Tapi tidak begitu dengan hewan-hewan yang hidup di alam liar. Banyak dari mereka yang harus bekerja keras untuk sekedar bertahan hidup. Jika tidak mau bekerja, maka lenyaplah mereka dari muka bumi ini. Berikut adalah hewan-hewan yang paling workaholic di dunia.
Semut
Bukan Cuma Manusia, Ada Juga Hewan yang Workaholic (49230)
Semut hitam. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Wajar jika semut ada di daftar teratas hewan yang paling workaholic di dunia. Mereka memiliki jadwal kerja yang lebih padat daripada manusia. Semut memiliki peran dan tugas masing-masing yang harus mereka laksanakan. Dan semua kegiatan tersebut diawasi oleh seekor pemimpin, yaitu ratu semut. Ratu semut adalah semut betina yang memiliki tugas yang berbeda. Tugasnya adalah untuk berkembang biak dan memperbesar keluarga semut. Ada lagi semut pekerja yang tugasnya adalah menyediakan makanan dan menjaga larva semut. Mereka juga bertugas menjaga kebersihan, membangun terowongan, dan tugas-tugas lainnya.
ADVERTISEMENT
Berang-berang
Bukan Cuma Manusia, Ada Juga Hewan yang Workaholic (49231)
Berang-berang. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Hewan ini terkenal sebagai insinyur alami karena kemampuan mereka membangun bendungan di permukaan air, seperti sungai dan kolam. Untuk mengerjakan satu bendungan, mereka harus bekerja selama berbulan-bulan bahkan sampai bertahun-tahun. Mereka mulai mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membangun rumah musim dingin sudah sejak musim panas atau di awal musim gugur. Mereka memotong kayu dengan menggunakan gigi mereka. Namun, berang-berang juga mampu menggali tanah sehingga mereka bisa menyelundup ke bawah pohon yang tumbang atau ke manapun yang mereka kira merupakan tempat yang tepat untuk menyimpang makanan, bahan-bahan untuk membuat rumah, dan lain sebagainya.
Singa betina
Bukan Cuma Manusia, Ada Juga Hewan yang Workaholic (49232)
Singa betina. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Dalam dunia singa, singa jantan berperan sebagai penjaga keluarga dari musuh. Tapi sang ibulah yang bekerja keras menyediakan makanan untuk keluarga dan menjaga singa-singa yang masih kecil. Mereka bersembunyi dan memata-matai hewan yang menjadi target mereka dan menangkap mangsa tersebut sebagai makanan untuk keluarga. Kadang-kadang singa betina juga harus berburu di malam hari karena langit yang gelap dapat menyamarkan mereka dari pandangan hewan lain.
ADVERTISEMENT
Lebah madu
Bukan Cuma Manusia, Ada Juga Hewan yang Workaholic (49233)
Lebah madu. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Lebah madu mungkin adalah hewan yang paling banyak memberikan keuntungan. Sistem kerja lebah madu mirip dengan pekerjaan di perusahaan. Ratu lebah bekerja seperti CEO perusahaan. Ia memberikan perintah dan bereproduksi agar perusahaan memiliki makin banyak pekerja. Ada juga lebah yang tugasnya turun ke lapangan. Mereka pergi dan mengumpulkan nektar dari bunga dan tumbuhan. Sementara lebah pekerja tugasnya lebih banyak di dalam sarang.
Anjing liar Afrika
Bukan Cuma Manusia, Ada Juga Hewan yang Workaholic (49234)
Anjing liar Afrika. Sumber gambar: Wikimedia Commons.
Hewan ini tidak memburu semua hewan. Secara berkelompok, mereka memilih untuk memburu hewan yang sakit atau terluka. Ketika berburu mereka akan bekerja dalam kelompok berisi 10 sampai 20 anjing. Sebagian berlari di depan dan sebagian lagi di belakang. Karena mereka bekerja dalam kelompok, tingkat keberhasilan mereka hampir selalu 100%. Anjing liar Afrika berburu setidaknya dua kali sehari.
ADVERTISEMENT