Pencarian populer

Efek Minum Air Dingin terhadap Tubuh Kita

Benarkah kebiasaan minum air dingin berefek buruk pada tubuh kita?

Efek yang sudah disetujui oleh ilmuwan adalah air dingin cenderung menurunkan suhu tubuh normal tubuh kita. Jika suhu tubuh kita turun, maka pembuluh darah cenderung mengalami pengerutan/vasokonstriksi. Tubuh akan bekerja ekstra untuk mengembalikan pembuluh darah ke posisi semula. Energi yang digunakan untuk pekerjaan ekstra ini sebenarnya dapat digunakan untuk pekerjaan lain seperti mencerna makanan. Alasan lain mengapa air dingin tidak terlalu baik adalah ketidakmampuan untuk memecah lemak yang kita konsumsi. Karena alasan ini, maka lebih baik untuk minum air dengan suhu ruangan atau air hangat saat kita selesai makan.

Namun, tentunya lain cerita saat kita selesai olahraga. Sebelum olahraga, kita melakukan pemanasan agar pembuluh darah melebar akibat aliran darah yang akan menjadi lebih deras saat olahraga. Orang yang tidak biasa olahraga bisa merasakan kelelahan ekstra atau suhu tubuh yang meningkat tajam dan menyebabkan panas berlebih. Kondisi ini dapat diredakan dengan air dingin. Air dingin akan menurunkan suhu dan mengeluarkan panas dalam bentuk keringat.

Efek lain dari minum air dingin yang sudah dibuktikan riset adalah memperparah sakit kepala sebelah. Selain itu, air dingin mempengaruhi saraf vagus sehingga memperlambat detak jantung. Jika kita lihat terhadap kemampuan hidrasi, air dingin dikeluarkan lebih cepat melalui urine sehingga tidak menjaga kita ter-hidrasi dalam waktu lama. Jika kita hendak puasa maka baiknya minum air hangat karena lebih menjaga kita dari rasa haus.

Sumber : Scienceabc

Sumber Gambar : Pixabay

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: