Pencarian populer

Enam Kata Unik Dalam Dunia Sains

Jika hanya membaca, mungkin tidak bisa kita menebak apa arti katanya.

Sains ternyata tidak hanya sesulit apa yang dipelajari didalamnya namun juga penulisan dan pelafalan kata-katanya. Tentu tiap kata-kata ini memiliki maknanya tersendiri dengan latar belakang yang berbeda dalam perjalanan penemuan hal baru yang ada. Lalu, apa saja enam kata tersebut? Berikut adalah enam kata unik yang mungkin belum pernah kita ketahui dalam sains.

  1. Phosphatidylethanolamines

Phosphatidylethanolamines merupakan makna lain dari kelas fosfolipid yang ditemukan dalam membran biologis. Phosphatidylethanolamines disintesis dengan menambahkan sitidin difosfat-etanolamin ke digliserida. S-Adenosyl metionin selanjutnya dapat memetilasi amina fosfatidletanolamina untuk menghasilkan fosfatidilkolin.

Phosphatidylethanolamine | wikimedia.org

Senyawa ini sering kita temukan, terutama di selebaran (sitoplasmik) lipid bilayer. Phosphatidylethanolamines pada umumnya dapat ditemukan di semua sel hidup, jumlahnya cukup untuk menyusun 25% dari semua fosfolipid. Dalam istilah fisiologi manusia, mereka banyak ditemukan terutama di jaringan saraf seperti materi putih otak, saraf, jaringan saraf, dan sumsum tulang belakang, di mana Phosphatidylethanolamines membentuk 45% dari semua fosfolipid.

  1. Methyl enedioxy methamphetamine (MDMA)

3,4-Methyl enedioxy methamphetamine (MDMA) merupakan gabungan dari beberapa kata yang disatukan, hal ini umumnya dikenal sebagai suatu ekstasi atau obat psikoaktif yang terutama digunakan sebagai obat rekreasi. Efek yang sering ditimbulkan biasanya adalah perubahan sensasi dan peningkatan energi, empati, dan kesenangan. Ketika seseorang meminum ini maka efek dapat dimulai setelah 30-45 menit dan berlangsung 3-6 jam lamanya.

MDMA | wikimedia.org

Efek samping utama dari obat ini adalah kecanduan, masalah ingatan, paranoia, sulit tidur, menggertak gigi, pandangan kabur, berkeringat, dan detak jantung yang cepat. Kematian biasanya diakibatkan oleh peningkatan suhu tubuh dan dehidrasi karena setelah digunakan orang akan sering merasa depresi dan lelah. MDMA biasanya bekerja dan bereaksi dengan meningkatkan aktivitas neurotransmitter serotonin, dopamin, dan noradrenalin di bagian otak. Obat ini termasuk golongan obat yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi kecuali dalam hal tertentu karena memiliki efek stimulan dan halusinogen.

  1. Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis

Pneumonoultramicroscopicsilicovolcanoconiosis, kata yang bahkan orang sangat sulit untuk membacanya. Kata ini adalah kata yang diciptakan oleh presiden National Puzzlers 'League dimana adalah arti lain dari penyakit yang dikenal sebagai silikosis. Ini adalah kata terpanjang dalam bahasa Inggris yang diterbitkan dalam kamus, Oxford English Dictionary. Silikosis dalam dunia sains merupakan suatu bentuk penyakit paru akibat kerja yang disebabkan oleh inhalasi debu silika kristalin dan ditandai oleh peradangan dan jaringan parut dalam bentuk lesi nodular di lobus atas paru-paru.

Silicosis simple | wikimedia.org

  1. Toxineering

Toxineering merupakan kata yang merefleksikan arti lain dari sebuah penghilang rasa sakit yang unik. Kebanyakan orang menghilangkan rasa sakit dengan obat tertentu seperti bius. Belakangan ini muncul metode ilmiah baru yang menghilangkan rasa sakit dengan serangan sakit lainnya seperti bisa dari tarantula. Studi baru yang dirilis pada pertemuan tahunan ke-60 Biophysical Society’s ke-60 di Los Angeles menunjukkan potensi ProTx-II, toksin pepsida yang diekstraksi dari racun Tarantula green velvet (Thrixopelma pruriens), sebagai alternatif pengobatan yang efektif dan tidak mengandung bahan adiktif untuk penghilang rasa sakit.

  1. Sphenopalatine ganglioneuralgia

Memakan ice cream atau minum jenis es lainnya menjadi hal yang cukup sering dilakukan di tengah terik panas siang. Semua dari kita tentu pernah melakukan ini, namun pernahkah kamu menemukan serangan mendadak ke otak mu ketika memasukan makanan atau minuman dingin ke tubuh secara tiba-tiba?

brain freeze | wikimedia.org

Ya, orang-orang menamainya “brain freeze” namun tidak banyak yang tau istilah brain freeze sebenarnya bukan istilah yang sebenarnya. Para ilmuan lebih sering menyebutnya Sphenopalatine ganglioneuralgia, yang berasal dari reaksi nyeri di ganglion sphenopalatine, dan ternyata bagian ini bukanlah bagian langsung otak namun simpul saraf yang terdapat di area kepala kita.

  1. Tetranitratoxycarbon

Tetranitratoxycarbon, mungkin kita tidak pernah mendengar isitilah ini sebelumnya karena istilah ini memang baru ditemukan belakangan ini. Uniknya, molekul yang terbentuk dari oksigen, nitrogen dan karbon ini ditemukan oleh anak kecil bernama Clara Lazen yang berusia 10 tahun. Penemuan pada tahun 2012 ini terjadi pada saat percobaan praktikum dikelasnya. Pada saat awal penemuannya pencampuran untuk membentuk molekul ini menimbulkan ledakan energi yang tidak disangka.

Tetranitratoxicarboni | wikimedia.org
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.60