kumparan
Tekno & Sains17 Maret 2020 9:17

Hal-hal yang Cukup Aneh Tentang Tidur

Konten kiriman user

Hal ini bahkan mencakup kebiasaan kita ketika bangun pagi dan jam biologis kita terhadap tidur kita

ADVERTISEMENT
Kenapa Kafein Berefek Pada Jam Biologis Manusia
Untitled Image
coffee beans | pixabay.com
Pada saat itu, biasanya terjadi ritme sirkadian menjadi terganggu sebanyak puluhan menit, lalu apa itu ritme sirkadian? Meminum minuman yang mengandung kafein terkadang sulit dipisahkan dari kehidupan banyak orang. Banyak hal yang berdampak dari meminum kafein, terutama jika diminum di malam hari biasanya orang akan sulit untuk tidur sehingga jam biologisnya menjadi terganggu. Ternyata hal ini bukanlah tidak berdasar namun ada proses yang juga terganggu dalam tubuh manusia. Minum kafein di malam hari akan menunda pelepasan melatonin otak kita dan mengganggu ritme sirkadian kita sebanyak 40 menit. Ritme sirkadian sendiri adalah setiap proses biologis yang menampilkan osilasi endogen dan entrainable sekitar 24 jam, dimana hal ini akan berdampak ke jam biologis yang biasa kita lalui.
ADVERTISEMENT
Kebiasaan “Mager” di Pagi Hari
Untitled Image
sleeping | pixabay.com
Kita mungkin pernah merasakan gejala atau perasaan dimana sangat sulit untuk beranjak dari tempat tidur ketika pagi hari kita terbangun. Padahal ada banyak pekerjaan dan hal yang mungkin perlu kita lakukan. Ternyata kebiasaan atau keadaan ini pada umumnya dikenal sebagai Dysania atau yang umumnya juga dikenal sebagai Clynomania. Dysania atau Clynomania adalah suatu keadaan yang sulit untuk meninggalkan tempat tidur di pagi hari. Dysania dapat berbahaya jika sudah menjadi akut dan dirasakan setiap hari sehingga hanya ingin terus di tempat tidur ketika pagi hari. Beberapa referensi menyebutkan bahwa ketika sudah akut diperlukan suplemen seperti serotonin untuk menyembuhkan kebiasaan ini.
Berapa Lama Seseorang Dapat Langsung Tertidur?
Untitled Image
sleeping bed | pixabay.com
Tidur merupakan aktivitas utama seseorang dalam memulihkan kondisi tubuh yang menurunkan karena rutinitas sehari-hari. Terlelapnya seseorang dan masuk ke dalam alam bawah sadar pun sangat bervariasi. Walaupun sangat ditentukan dengan kondisi dan keadaan sekitar, pada dasarnya waktu terlelapnya orang dan tertidur pulas pada umumnya akan sama secara rata-rata. REM ((rapid eye movement) biasanya akan menjadi satu bagian penting dalam melihat orang terlelap dalam tidurnya atau belum. Menurut penelitian, rata-rata orang terhitung dari mencoba memejamkan mata dan terlelap dalam tidurnya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 7 menit. Tentu hal ini pun diukur dalam kondisi yang sangat ideal.
ADVERTISEMENT
Menunda Pekerjaan Bisa Membuat Orang Insomnia
Untitled Image
insomnia | [ixabay.com
Sebuah studi meneliti pengaruh menunda pekerjaan atau yang lebih kita kenal sebagai “procrastination” terhadap dampak insomnia yang kita alami. Hasilnya ditemukan bahwa insomnia menjadi satu efek besar terhadap kebanyakan orang yang sering menunda pekerjaannya. Hal ini sangat berdasar karena pada umumnya orang yang menunda pekerjaan akan cenderung mengerjakan sesuatu mendekati waktu tenggat hal tersebut. Akibatnya, tidur larut dan berlanjut pada kebiasaan atau gejala insomnia pun sangat mungkin terjadi sehingga akan membuat kebiasaan akan hal tersebut menjadi semakin buruk dan melekat pada diri.
Tidur Menggunakan Sepatu Merupakan Sesuatu yang Ilegal
Untitled Image
homeless sleeping | pixabay.com
Dakota Utara dikenal sebagai negara bagian Amerika Serikat yang didominasi oleh hamparan daratan yang membentang luas di negara bagian tersebut. Ternyata ada hal menarik yang menjadi peraturan di negara bagian ini, hal sesederhana tidur mengenakan atau tidak melepaskan sepatu yang kita kenakan. Di Dakota Utara, jika seseorang tidur tidak melepaskan sepatunya maka orang tersebut sangat mungkin bisa dihukum karena peraturan negara bagian tersebut dengan jelas melarang penggunaan sepatu saat tertidur. Walaupun belum begitu jelas alasan peraturan ini namun hal tersebut umum memang diketahui oleh orang Dakota Utara sebagai hal yang tidak resmi atau illegal disna.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan