Pencarian populer

Pekerjaan Unik Yang Dikerjakan Robot

Teknologi yang saat ini berkembang secara pesat memberikan dampak yang tidak sedikit bagi kehidupan manusia. Salah satu bentuk hadirnya teknologi adalah keberadaan robot-robot yang disinyalir diciptakan untuk membantu kehidupan manusia. Dengan didesain secara khusus, robot-robot di bawah ini mampu mengerjakan pekerjaan layaknya manusia. Beberapa pekerjaan bahkan mungkin tidak terbayangkan dapat dikerjakan oleh robot.
ADVERTISEMENT
a. Supporter pertandingan baseball
Salah satu tim baseball Korea, Hanhwa Eagles, memiliki cara unik untuk menghadirkan penggemar di setiap pertandingan mereka. Bukan dengan mengadakan jumpa fans atau membagi-bagikan merchandise kepada penggemar mereka, namun mereka justru menghadirkan robot-robot untuk menduduki bangku suporter yang kosong di lapangan. Tidak hanya memenuhi bangku suporter saja, robot-robot tersebut diprogram untuk dapat melakukan kegiatan selayaknya dilakukan seorang supporter. Robot-robot yang diciptakan karena minimnya pendukung tim Hanhwa Eagles akibat terus menerus mengalami kekalahan ini mampu bersorak sorai, melantunkan yel-yel, membuat ombak, hingga berbagai kegiatan lain seperti manusia nyata. Tidak terbatas di situ saja, jika ada fans yang berhalangan hadir, mereka dapat diwakili oleh robot tersebut dengan melakukan log in internet dan memasangkan wajah mereka ke mesin robot.
ADVERTISEMENT
Tapi apa rasanya ya bertanding hanya untuk disaksikan robot saja? Mungkin agak sedikit aneh di awal.
b. Kritikus makanan
E-delicious menjadi sebuah proyek rahasia yang diciptakan oleh pemerintah Thailand. Pembuatan robot ini dilatarbelakangi adanya kebosanan mantan perdana menteri Yingluck Shinawatra terhadap makanan yang dihidangkan dalam setiap dinasnya. E-delicious diprogram untuk mengevaluasi masakan Thailand secara ilmiah dengan mengukur unsur-unsur kimia makanan kemudian membandingkannya dengan rasa ideal yang diinginkan para pejabat tersebut untuk akhirnya diwujudkan dalam skor matematis. Cara ini dianggap paling mudah dan murah untuk membuat peringkat makanan. Namun proyek tersebut justru mendapat kritikan dari rakyat Thailand karena bagi mereka makanan itu hanya dapat dirasakan melalui lidah manusia.
ADVERTISEMENT
c. Komposer musik
Pernahkah kamu membayangkan lagu-lagu kesukaan kita diciptakan oleh sebuah robot? Apakah akan seenak dengan lagu yang diciptakan komposer seperti John Sebastian Bach?
Seorang peneliti dari Georgia Tech ternyata telah menciptakan robot yang bisa menyusun dan memainkan musiknya sendiri, bernama Shimon. Kelebihan yang dimiliki robot berlengan empat ini mampu menuliskan lagunya sendiri setelah mendengarkan permainan musik marimba yang berasal dari dirinya sendiri pula. Shimon menggunakan sistem pembelajaran syaraf dalam untuk memecahkan kode gaya musik yang berbeda, menganalisis pola, hingga menjadikannya sebagai inspirasi untuk menulis potongan musik asli.
d. Menulis dan mengarang novel
True love menjadi judul novel pertama yang penulisnya adalah seorang robot. Novel ini dibuat menggunakan bahasa Rusia dan menjadi salah satu novel terlaris sepanjang tahun. Bagaimana robot bisa membuat novel? Programmer berperan dalam memberikan ringkasan cerita, karakter, sebuah buka untuk menjadi referensi dalam membuat gaya berceritanya, hingga terciptalah sebuah karya novel secara utuh. Mungkin tidak hanya dari segi ceritanya saja yang menarik, penggunaan penulis robot dalam strategi pemasarannya tentu menjadi ketertarikan sendiri bagi orang lain. Hasil tulisan sang robot ini juga mendapat apresiasi lebih dengan menjadi kandidat peraih penghargaan pada kompetisi karya sastra.
ADVERTISEMENT
e. Membuat sesama mereka sendiri
Robot dibuat oleh robot. Mungkin cuma kaum robot yang bisa melakukan itu.
Seperti Jepang yang memiliki perusahaan dengan hanya terdapat robot di dalamnya, tanpa ada campur tangan manusia dalam pengoperasiannya sekalipun. Mereka dipekerjakan untuk membuat robot selama 24 jam sehari dan dapat menghasilkan sekitar 50 robot baru per harinya. Manusia bertugas hanya untuk melakukan pemeriksaan sebulan sekali. Di belahan dunia lain, peneliti dari University of Cambridge menciptakan robot yang tidak hanya dapat mendesain robot, tapi juga melakukan analisis dan memperbaiki desain yang mereka buat.
Kalau sudah begini, bagaimana fungsi manusia di bumi ini?
f. Call center robotik
ADVERTISEMENT
Kalau biasanya fungsi robotik digunakan untuk menjawab panggilan saat operator sedang sibuk, tapi kemajuan telah dilakukan sebuah perusahaan asuransi yang memfungsikan robot untuk benar-benar menjadi perwakilan pemberi layanan call center. Robot tersebut akan menyangkal bahwa dirinya adalah robot dan meyakinkan pelanggan bahwa ialah perwakilan yang akan menangani permohonan pelanggan. Kelemahan yang mungkin dimiliki robot bernama Samantha West ini ialah kebingungan saat pelanggan menanyakan persoalan di luar asuransi jiwa.
Photo by Franck V. on Unsplash
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.86