kumparan
KONTEN PUBLISHER
24 Juni 2019 15:30

Gak Pake Lama Bayar Pajak Kendaraan Drive Thru di Samsat Rajabasa

IMG-20190624-WA0014.jpg
Lokasi pembayaran pajak kendaraan pada Pelayanan Drive Thru di Samsat Rajabasa, Senin (24/6) | Foto : Obbie Fernando/Lampung Geh
Lampung Geh, Bandar Lampung - Membayar pajak yang biasanya dikeluhkan oleh masyarakat karena lamanya antrean itu terpatahkan dengan Pelayanan Drive Thru Samsat Rajabasa di Jalan Pramuka, Kelurahan Rajabasa, Kecamatan Rajabasa, Kota Bandar Lampung.
ADVERTISEMENT
Kepala Kelompok Kerja (Kapokja) Samsat Drive Thru Unit Pelayanan Cepat (UPC) Rajabasa, Brigpol Hendriyanto, mengatakan pelayanan Drive Thru di Samsat Rajabasa ini sudah berdiri sejak 10 Maret 2008 silam.
"Berdirinya Drive Thru itu waktu jaman Gubernur Sjachroedin ZA. Kelebihannya Drive Thru ini untuk mempermudah masyarakat agar lebih cepat dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor," katanya saat ditemui Lampung Geh di lokasi, Senin (24/6).
IMG-20190624-WA0018.jpg
Wajib pajak saat menyerahkan berkas dari dalam kendaraan di Loket 1 pada Pelayanan Drive Thru di Samsat Rajabasa, Senin (24/6) | Foto : Obbie Fernando/Lampung Geh
Pantauan di lokasi, para wajib pajak yang menggunakan kendaraan baik mobil ataupun motor bisa langsung melakukan pembayaran tanpa harus turun dari kendaraannya.
"Masyarakat tidak perlu lagi mengambil antrean, cukup dari dalam kendaraan mereka memberikan persyaratan yang telah ditentukan, seperti KTP sesuai dengan data yang teregistrasi, STNK dan BPKB," terangnya.
ADVERTISEMENT
Dalam proses pembayarannya sendiri hanya memakan waktu 1-3 menit per berkas. Sehingga ini menjadi solusi masyarakat yang mengeluhkan antrean yang panjang saat membayar pajak kendaraan bermotor.
"Kalau ramainya tergantung, biasanya pada tanggal muda hari Senin sampai Kamis itu ramai. Jamnya sekitar jam 08.00-10.00 WIB, setelah itu berjalan seperti biasanya," jelasnya.
Mengantisipasi peredaran calo, Samsat ini sudah dilengkapi dengan petugas khusus dari kepolisian yang siap mengontrol lokasi-lokasi rawan pencaloan.
"Antisipasi calo biasanya dilakukan pengontrolan oleh Provos dan petugas juga tidak ada yang bermain sehingga berjalan sesuai SOP yang ada," ujar dia.
Serupa juga diungkapkan Koordinator Samsat Drive Thru UPC Rajabasa, Hermawan Latif, bahwa proses pelayanan yang cepat ini berkat koordinasi yang baik antara kepolisian dan pegawai Dinas Bapenda Provinsi Lampung.
IMG-20190624-WA0017.jpg
Petugas Loket 1 bagian pendaftaran saat mengecek berkas wajib pajak pada Pelayanan Drive Thru di Samsat Rajabasa, Senin (24/6) | Foto : Obbie Fernando/Lampung Geh
"Proses pelayanan itu masuk pertama dilayani oleh pihak kepolisian di Loket 1 ke bagian pendaftaran untuk verifikasi kelengkapan dan keabsahan STNK dengan persyaratan melampirkan KTP Elektronik, STNK dan BPKB," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
"Selanjutnya menuju loket 2 untuk pencetakan SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) dan pembayaran pajak. Setelah itu dikembalikan kepada wajib pajak seluruh berkas yang telah selesai dicetak atau registrasi," imbuhnya.
IMG-20190624-WA0013.jpg
Petugas saat verifikasi berkas wajin pajak pada Pelayanan Drive Thru di Samsat Rajabasa, Senin (24/6) | Foto : Obbie Fernando/Lampung Geh
IMG-20190624-WA0016.jpg
Petugas Loket 2 saat menerima uang pembayaran pajak dari wajib pajak pada Pelayanan Drive Thru di Samsat Rajabasa, Senin (24/6) | Foto : Obbie Fernando/Lampung Geh
Sementara itu, Alifia, wajib pajak yang menggunakan jasa Pelayanan Drive Thru di Samsat Rajabasa ini juga merasa terbantu dengan sistem palayanan yang cepat tersebut.
"Cukup membantu sih, kebetulan rumah saya dekat sini. Jadi gampang dan pelayanannya juga baik, prosesnya gak sampai 5 menit, di situ cuman nyerahin STNK, BPKB dan KTP. Setelah itu tunggu sebentar langsung jadi," kata wanita berhijab ini.
IMG-20190624-WA0019.jpg
Alifia, wajib pajak yang menggunakan jasa Pelayanan Drive Thru di Samsat Rajabasa, Senin (24/6) | Foto : Dimas Prasetyo/Lampung Geh
Dirinya mengharapkan pelayanan Drive Thru ini juga ada di Kota dan Kabupaten lain sehingga dipermudah dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan.
ADVERTISEMENT
"Harapannya semakin lebih baik lagi dan ada juga di daerah-daerah terpencil. Jadi supaya lebih mudah dan merata," harap Alifia.(*)
---
Laporan reporter Lampung Geh Obbie Fernando
Editor : M Adita Putra
Video
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan