kumparan
search-gray
Food & Travel31 Juli 2020 19:43

Melihat Tempat Produksi Susu Sapi Perah di Gisting Dairy Farm, Lampung

Konten Redaksi Lampung Geh
Melihat Tempat Produksi Susu Sapi Perah di Gisting Dairy Farm, Lampung (369948)
Tempat pemerahan sekaligus kandang bagi sapi-sapi yang ada di Gisting Dairy Farm, Rabu (29/7) | Foto: Syahwa Roza Hariqo/Lampung Geh
Lampung Geh, Tanggamus - Gisting Dairy Farm merupakan tempat produksi susu sapi perah yang berlokasi di Sigokaton, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung.
ADVERTISEMENT
Menurut Arif, sebagai pengelola, mengatakan bahwa Gisting Dairy Farm merupakan hasil dari rintisan peternakan sapi perah yang sudah ada di Gisting sejak 2017.
Video
"Gisting Dairy Farm itu rintisan peternakan sapi perah di Gisting, di sini adalah pusat produksi susu sapi perah yang ada di Lampung. Luas tempat ini kurang lebih 2200 m². Kami sudah merintis ini (Gisting Dairy Farm) kurang lebih sudah masuk tahun ketiga," kata Arif saat diwawancarai Lampung Geh
Arif menyebutkan total sapi perah di tempat ini mencapai 38 ekor. Arif juga mengatakan untuk pemerahan susu dilakukan setiap hari, namun hanya 30% dari total populasi yang dapat diperah untuk diambil susunya.
Melihat Tempat Produksi Susu Sapi Perah di Gisting Dairy Farm, Lampung (369949)
Salah satu bangunan yang ada di Gisting Dairy Farm, Rabu (29/7) | Foto: Syahwa Roza Hariqo/Lampung Geh
"Pemerahan itu kami lakukan dua kali sehari, pagi dan sore hari sekitar jam 4 subuh, dan jam 2 siang itu kami sudah mulai prepare kembali untuk melakukan pemerahan. Total sapi kurang lebih ada 38 ekor, jenis sapi di sini adalah jenis sapi Friesian Holstein atau sering orang sebut itu sapi FH. Jadi dia itu sapi peranakan khusus perah," ujar Arif.
ADVERTISEMENT
"Kurang lebih saat ini sekitar 70-80 liter per hari, dengan sapi yang diperah itu 30% dari total populasi di sini yang menghasilkan susu, karena ada sebagian sapi yang masih kecil dan pejantan," tambah Arif.
Sementara itu untuk proses pemerahan susu sapi di Gisting Dairy Farm ini sudah menggunakan milking machine.
Melihat Tempat Produksi Susu Sapi Perah di Gisting Dairy Farm, Lampung (369950)
Proses pemerahan sapi di Gisting Dairy Farm menggunakan Milking Machine, Rabu (29/7) | Foto: Syahwa Roza Hariqo/Lampung Geh
"Sekarang kami sudah menggunakan milking machine, sistemnya itu dengan pompa. Jadi susu itu tidak tersentuh dengan tangan, untuk menjaga kehigenisan dari susu itu sendiri," jelas Arif.
Arif juga mengatakan banyak warga sekitar yang membeli susu sapi di tempatnya untuk keperluan pengobatan dan baik buat pertumbuhan anak.
Melihat Tempat Produksi Susu Sapi Perah di Gisting Dairy Farm, Lampung (369951)
Susu Segar Gisting, salah satu produk dari Gisting Dairy Farm, Rabu (29/7) | Foto: Syahwa Roza Hariqo/Lampung Geh
"Produknya kami masih susu segar siap minum, sama yoghurt. Kebanyakan warga sini yang beli, untuk obat asma, obat paru-paru, ada yang buat anaknya untuk masa pertumbuhan," pungkas Arif.
ADVERTISEMENT
Gisting Dairy Farm juga menerima kunjungan dan pemesanan susu secara online melalui nomor WhatsApp 081312011738, gratis ongkos kirim khusus wilayah Kota Bandar Lampung dan sekitarnya. (*)
---
Laporan kontributor Lampung Geh: Syahwa Roza Hariqo
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white