kumparan
22 Mar 2019 17:48 WIB

1 Ton Sampah, Dibersihkan dari Pesisir Taman Kabarti Panjang Utara

Salah satu titik pengumpulan sampah oleh relawan pembersihan sampah di Pesisir Taman Kabarti Panjang Utara | foto: Latifah Desti Lustikasari/Lampung Geh
Lampung Geh, Bandar Lampung - Lebih dari satu ton sampah berhasil diangkut dari Taman Kabarti (Kampung Baru Tiga), Kelurahan Panjang Utara, Kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung pada hari Jumat (22/3).
Hal ini disampaikan langsung oleh Ahmad Nurizki, selaku Camat Kecamatan Panjang di lokasi kegiatan, "kalau satu ton, itu lebih, sampah yang berhasil dikumpulkan. Bersama-sama kurang lebih 500 orang yang hadir dalam kegiatan bersih-bersih pantai hari ini," katanya.
Kegiatan itu, melibatkan hampir semua organisasi masyarakat di Kecamatan Panjang, mulai dari dari Pemuda Pancasila, FKPPI, Laskar Merah Putih, Mitra Kodim, Mitra Bentala, Walhi, Menwa hingga siswa dan mahasiswa sukarelawan lainnya.
Komandan Distrik Militer (Dandim) 0410 Bandar Lampung Letnan Kolonel Arm Wahyu Djatmiko mengungkapkan, "hari ini intinya kita peduli sampah, sebagai rangkaian peringatan Hari Sampah Nasional, juga sebagai rutinitas. Setiap Jumat di tiap kelurahan pasti adakan Jumat bersih."
Daerah pesisir Taman Kabarti, dinilai merupakan titik sampah yang perlu untuk dibersihkan bersama-sama karena sebagian besar sampah yang didominasi tumpukan sampah plastik yang amat banyak jumlahnya berasal dari lautan.
Nurizki menuturkan, posisi Taman Kabarti yang memang di daerah hilir, menjadi lokasi strategis bermuaranya tumpukan sampah-sampah dari laut. Ia bahkan mengatakan wilayah tersebut sering dilakukan pembersihan meski tidak dengan personil sebanyak hari itu.
Ia juga memaparkan, "kegiatan ini bukan hanya terkonsentrasi pada hari ini saja, selain memang sudah arahan dari Walikota Herman HN untuk melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan tiap Selasa dan Jumat."
"Kegiatan bersih-bersih rutin ini juga sekaligus menginisiasi agar masyarakat sekitar turut bergerak membersihkan sampah di lingkungan wilayah masing-masing," jelasnya.
Karena penumpukan sampah di daerah tersebut bersifat berkelanjutan, saat itu dibersihkan, esok atau setelah hujan, sampah-sampah yang dibawa ombak akan datang dan memenuhi pesisir kembali.
Relawan kegiatan Bersih pantai di Pesisir Taman Kabarti Panjang Utara, sedang bahu-membahu mengangkut sampah menuju mobil dump truck | foto: Latifah Desti Lustikasari/Lampung Geh
"Ke depannya semoga ada perhatian dari pihak dan stake holder tertentu yang membantu melaksanakan pembersihan sampah dari laut ini. Karena memang jalan akses masuk ke sini juga cukup sulit, berupa gang sempit," harapnya.
Pemerintah kota dan Kecamatan sendiri menyiapkan pasukan dari tim BPBD sebanyak 40 personil, 3 dump truck BLHD dan seluruh anggota personil UPT Dinas Kebersihan Kecamatan Panjang, hingga seluruh anggota dan pamong Kecamatan Panjang Utara. (*)
---
Laporan reporter Lampung Geh Latifah Desti Lustikasari
Editor : M Adita Putra
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan