News
·
22 April 2021 10:52

Curi Rem Kereta Api, Bocah di Bawah Umur Ini Rugikan PT KAI Rp 19 Juta

Konten ini diproduksi oleh Lampung Geh
Curi Rem Kereta Api, Bocah di Bawah Umur Ini Rugikan PT KAI Rp 19 Juta (208495)
Kapolsek Panjang Kota Bandar Lampung Kompol Adit Priyanto saat diwawancarai awak media massa. | Foto : Bella Sardio/ Lampung Geh
Lampung Geh, Bandar lampung - Kepolisian Sektor (Polsek) Panjang Kota Bandar Lampung mengamankan seorang anak di bawah umur yang didapati mencuri rem kereta api hingga PT Kereta Api Indonesia dirugikan sebesar Rp 19 juta.
ADVERTISEMENT
Kapolsek Panjang Bandar Lampung Kompol Adit Priyanto mengungkapkan pihaknya telah mengamankan pelaku berinisial P (15).
"Kami sudah mengamankan tersangka P atas tindak pidana pencurian dan pemberatan," kata Kompol Adit, Kamis (22/4).
Tersangka melakukan aksi pencurian dengan mengambil rem kereta api saat kereta api sedang berhenti di Stasiun Sukamenanti, Panjang, Bandar Lampung.
"Ia menggunakan modus operandi mengambil rem kereta di siang hari saat pegawai kereta api istirahat dan kereta sedang berhenti," ujarnya
Kapolsek melanjutkan pelaku tersebut mengambil dengan cara dipotong selangnya pakai pisau rem itu diambil pelaku pada gerbong kereta yang tidak bergandeng dengan kepala kereta.
Pelaku yang telah melakukannya 2 kali ini menjual rem dengan harga Rp 50 ribu perkilogram. P menjualnya ke pihak rongsokan.
Curi Rem Kereta Api, Bocah di Bawah Umur Ini Rugikan PT KAI Rp 19 Juta (208496)
Kapolsek Panjang Kota Bandar Lampung Kompol Adit Priyanto saat diwawancarai awak media massa. | Foto : Bella Sardio/ Lampung Geh
"Terkait kerugian yang dialami PT Kereta Api Indonesia atas perbuatan P ini mencapai Rp 19 juta," katanya.
ADVERTISEMENT
Sebelum ditangkap, P merupakan DPO akibat pencurian yang ia lakukan yang pertama terkait rem kereta. Setelah melakukan aksi pencurian rem kereta yang kedua ia berhasil di ringkus pihak kepolisian.
"Tapi untuk aksi pencuriannya sudah beberapa kali dilakukan, karena tidak hanya mengambil rem kereta tetapi juga sepeda motor," jelas Kapolsek Panjang.
Polisi mengamankan pada 1 April 2021 setelah laporan warga kehilangan sepeda motor waktu dini hari.
"Pada 1 April dini hari dia mengambil motor dan sekira 1 April siang ia berhasil kami amankan," tuturnya.(*)