kumparan
6 Apr 2019 18:30 WIB

Jelang Pemilu, Disdukcapil Bandar Lampung Buka Selama Weekend

Kantor Pelayanan Satu Atap Pemerintah Kota Bandar Lampung | Foto : Obbie Fernando/Lampung Geh
Lampung Geh, Bandar Lampung - Mendekati waktu pemilihan umum (Pemilu) presiden dan legislatif, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung buka pelayanan hingga akhir pekan (weekend).
ADVERTISEMENT
Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung A. Zainuddin mengatakan, bahwa itu merupakan amanat dari Menteri Dalam Negeri melalui Dirjen Disdukcapil saat berkunjung ke Lampung.
"Alhamdulilah kemarin dapat amanat dari Dirjen untuk Disdukcapil seluruh Indonesia agar segera meningkatkan pelayanan. Oleh sebab itu, Disdukcapil Kota Bandar Lampung buka pada Sabtu dan Minggu," ungkapnya, Sabtu (6/4).
Sama seperti hari biasa, Disdukcapil Kota Bandar Lampung buka sejak pukul 08.00-15.30 WIB namun hanya melakukan pelayanan khusus perekaman e-KTP.
"Selain ini, nanti kita akan laksanakan perekaman ke luar. Itu rencananya di LP (Lembaga Pemasyarakatan), mungkin ke LP Rajabasa dan LP Narkoba. Karena di LP itu sebagian warga Kota Bandar Lampung ada yang belum melakukan perekaman," kata dia.
ADVERTISEMENT
Penambahan hari kerja ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan Disdukcapil Kota Bandar Lampung menjelang pemilu mendatang.
Suasana pelayanan Disdukcapil Kota Bandar Lampung | Foto : Obbie Fernando/Lampung Geh
"Bahkan sampai 17 April nanti kita tetap buka, siapa tahu ada warga yang baru berumur 17 tahun pada hari itu, jadi bisa kita layani dan langsung jadi (e-KTP) Insya Allah," jelas Zainuddin.
Di hari biasa, Disdukcapil Kota Bandar Lampung mampu mencetak e-KTP sebanyak 350-400 kartu per hari. "Kemarin yang hari Rabu (libur Isra Mi'raj), kita cetak sampai 900 e-KTP. Pokoknya secara optimal kita berupaya," terangnya.
Yang semula pembuatan e-KTP hingga jadi memakan waktu selama 3 hari, pada tanggal 15, 16 dan 17 pihaknya mengusahakan bahwa dalam satu hari e-KTP bisa langsung dibawa pulang.
"Kita lihat juga antriannya, kalau dibawah 50 orang bisa ditunggu, kalau lebih yaa harap maklum," ujar dia.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, cara ini sudah pernah dijalankan pada pemilihan gubernur (pilgub) tahun 2018 lalu. "Nanti hanya sampai 17 April saja. Ini juga menjadi suatu wujud perhatian kita kepada masyarakat untuk terus melayani walaupun di hari libur," tandasnya.(*)
---
Laporan reporter Lampung Geh Obbie Fernando
Editor : M Adita Putra
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·