News
·
16 November 2020 15:31

Memasuki Musim Hujan, Pemkot Bandar Lampung Ajak Masyarakat Antisipasi Banjir

Konten ini diproduksi oleh Lampung Geh
Memasuki Musim Hujan, Pemkot Bandar Lampung Ajak Masyarakat Antisipasi Banjir (400056)
Wali Kota Herman HN meninjau pembangunan drainase dekat kampus UIN RIL, di jalan Endro Suratmin Sukarame Bandar Lampung, Senin (16/11) | Foto : Sidik Aryono/Lampung Geh
Lampung Geh, Bandar Lampung - Antisipasi bancana banjir pada musim penghujan, Wali Kota Bandar Lampung Herman HN mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan, terutama tidak membuang sampah di saluran air dan sungai, Senin (16/11).
ADVERTISEMENT
"Jangan buang sampah di kali, tempat pembuangan sampah sudah kita siapkan, jadi buanglah pada tempatnya. Kalau membuang sampah di kali nanti mampet saluran airnya, akibatnya banjir," ujar Herman pada awak media.
Herman meminta masyarakat dan juga media juga ambil peran dalam hal ini. "Tidak mungkin wali kota mau memantau semuanya, dari sungai ke sungai. Maka masyarakat juga harus memantaunya bersama sama. Begitu juga awak media, bisa berperan menginformasikan kepada pemerintah kota apabila ada saluran air, drainase, ada yang mampet. Hari itu juga harus kita tangani," katanya.
Pihaknya menegaskan bahwa, pemerintah telah mengimbau masyarakat, meskipun tetap saja masih ada yang tidak mematuhinya. "Masyarakat sudah dihimbau, diajak, tapi masih ada saja yang membuang sampah sembarangan di kali. Itulah yang membuat saluran air dan kali mampet sana mampet sini," tegas Herman.
Memasuki Musim Hujan, Pemkot Bandar Lampung Ajak Masyarakat Antisipasi Banjir (400057)
Wali Kota Herman HN meninjau pembangunan drainase dekat kampus UIN RIL, di jalan Endro Suratmin Sukarame Bandar Lampung, Senin (16/11) | Foto : Sidik Aryono/Lampung Geh
Menurut Herman, pembenahan juga dilakukan Pemkot Bandar Lampung di aliran sungai-sugai besar yang ada. "Sungai besar yang ada di kota Bandar Lampung ini juga kewenangan pemerintah pusat, hanya saja, jika ada berapa warga mengeluh, saya benerin," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, upaya Pemkot Bandar Lampung dalam mengantisipasi dampak musim penghujan, yaitu banjir juga rutin dilakukan dengan pengerukan drainase yang tersumbat dan terdapat pendangkalan.
"Drainase sampai saat ini memang terus kita benerin, kita lakukan pengerukan, bukan hanya saat ada laporan saja. Namun upaya ini kita lakukan secara rutin melalui Dinas PU, Dinas Lingkungan Hidup, dan BPBD," terangnya.
Herman juga melakukan peninjauan pembangunan drainase yang ada di Jalan Endro Suratmin, Sukarame Bandar Lampung, atau di sekitar kampus UIN Raden Intan Lampung. (*)