News
·
25 November 2020 21:44

Terkait Tes Swab Mandiri di Lampung, Ini Kata Dinkes

Konten ini diproduksi oleh Lampung Geh
Terkait Tes Swab Mandiri di Lampung, Ini Kata Dinkes (373870)
Ilustrasi corona | Foto: Kumparan
Lampung Geh, Bandar Lampung - Swab test mandiri di Lampung bisa dilakukan di Poli COVID Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Bandar Lampung, Rabu (25/11).
ADVERTISEMENT
Pelaksanaan test usap (swab test) mandiri sudah bisa dilakukan, terutama untuk orang dengan gejala dan hasil tes cepat (rapid test) reaktif, serta hasil tracking. Tidak seperti rapid test yang bisa dilakukan hampir di seluruh rumah sakit, klinik, hingga Puskesmas, swab test saat ini baru bisa dilakukan di rumah sakit pemerintah daerah saja, karena keterbatasan alat.
Untuk pemeriksaan swab dilakukan di Labkesda Provinsi Lampung, RSUD Abdul Moeloek, Balai POM Bandar Lampung, dan Test Cepat Molekuler (TCM) beberapa rumah sakit di kabupaten/kota.
Namun, untuk pelaksaan swab test secara mandiri bisa dilakukan di Poli COVID RSUDAM. Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana saat dihubungi Lampung Geh. "Untuk swab secara mandiri saat ini bisa ke poli COVID RSUDAM," kata Reihana singkat.
ADVERTISEMENT
Saat ditanya apakah swab secara mandiri ada ketentuan atau persyaratan khusus, Reihana mengatakan, dapat langsung datang ke Poli COVID yang dimaksud. "Kalau swab secara mandiri langsung saja datang ke Poli COVID," tambahnya.
Reihana mengatakan, akan ada mobile PCR yang beroperasi di Provinsi Lampung. "Yang akan operasional nanti ada mobile PCR bekerjasama dengan Indofarma Lab Intibious sedang dalam proses perizinan," kata Reihana.
Sementara itu, dikutip dari rilis jumlah pemeriksaan swab di Provinsi Lampung, hingga tanggal 24 November 2020 sebanyak 30.171 spesimen, dengan hasil positif 5.802 spesimen. Sedangkan untuk tanggal 23 November 2020 saja, yang diperiksa sebanyak 431 spesimen dengan hasil positif sebanyak 67. (*)