kumparan
KONTEN PUBLISHER
1 November 2019 18:01

2 Negara Batal Ikut TdS 2019

TdS 1.jpg
Jumpa Pers jelang pembukaan TdS 2019 di Padang (Foto: M. Hendra/Langkan.id)
Langkan.id, Padang - Peserta Tour de Singkarak (TdS) 2019 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya, dua Negara menyatakan batal untuk mengikuti perhelatan akbar balap sepeda tahunan di Ranah Minang tersebut.
ADVERTISEMENT
Race Director TdS, Jamaluddin Mahmood menyebutkan, tahun ini ada 108 pembalap yang akan menakhlukkan 9 etape dengan jarak tempuh mencapai 1.249,1 kilometer. Mereka (pembalap) datang dari berbagai Negara, yang terdiri dari 18 tim.
“Kalau bicara jumlah peserta, tahun ini menurun jika dibandingkan tahun lalu. Tapi, bicara soal kekuatan peserta, masih sama dengan tahun lalu,” ujarnya saat jumpa pers di Padang, Jumat (1/11).
Tahun 2018 lalu, kata Jamal, TdS diikuti 114 peserta yang terdiri dari 20 tim.
Penurunan jumlah peserta, menurut Jamal, karena ada dua Negara yang menyatakan diri tidak akan ikut TdS 2019, yaitu dari Sri Langka dan Australia.
“Meskipun peserta berkurang, tidak kalah hebat dari pembalap-pembalap pada tahun sebelumnya. Karena adanya rute yang sangat beragam, dalam artian ada flat, tanjakan dan tikungan. Jadi, setiap peserta ada kesempatan untuk menang,” jelasnya.
ADVERTISEMENT
Jamal memastikan, persaiangan dalam TdS 2019 dinilai akan semakin ketat. Pasalnya, lintasan baru yang mengambil rute di Kabupaten Kerinci dan Sungai Penuh, Provinsi Jambi pada etape tujuh dan delapan, bakal memacu adrenalin dari setiap pebalap.
“Rute baru yang belum pernah dilewati itu, diyakini akan menjadi motivasi bagi pebalap untuk tampil lebih prima,” ungkapnya.
Selain itu, menurut TdS 2019 juga diikuti tim dari Sapura Team (Malaysia), yang pernah menempati rangking 2 Asia dan masuk 30 terbaik dunia. Lalu, juga ada dari Trengganu Academy Team U-23.
“Dari Iran juga ikut, di antara tim itu, ada dua orang, salah satunya pernah berada di puncak atlet balap sepeda nomor 1 di dunia. Semoga dengan adanya tim-tim hebat, TdS 2019 bisa lebih baik lagi,” katanya. (M. Hendra)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan