2020 Danau Singkarak Ditargetkan Masuk Geopark Nasional

Konten Media Partner
25 Oktober 2019 19:44 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Danau Singkarak (Foto: M. Hendra / Langkan.id)
zoom-in-whitePerbesar
Danau Singkarak (Foto: M. Hendra / Langkan.id)
ADVERTISEMENT
Langkan.id, Tanah Datar – Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menargetkan tahun 2020 kawasan Danau Singkarak masuk Geopark Nasional. Perenacanaan tersebut sudah mulai dimatangkan sejak hari ini dengan konsep berbasis lingkungan.
ADVERTISEMENT
Sekteraris Daerah (Sekda) Kabupaten Tanah Datar, Irwandi menyebutkan, Danau Singkarak dipersiapkan menjadi kawasan Geoprak yang memiliki tiga aspek penting, yaitu Konservasi, Edukasi dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat.
“Nantinya, pariwisata kita di Tanah Datar ini akan kita bungkus dengan Geopark tersebut. Paling menarik dari Geopark Singkarak, yaitu kerjasama dua Kabupaten, antara Tanah Datar dan Kabupaten Solok,” ujarnya melalui rilis yang diterima Langkan.id, Jumat (25/10).
Menurutnya, target Geopark bukan hanya sekedar tingkat Nasional. Namun, juga direncanakan untuk Internasional. “Target kita kan tidak boleh muluk-muluk, sampai Singkarak Geopark ini diakui Unesco nantinya, sehingga pariwisata Tanah Datar ini diminati turis mancanegara,” ungkap Irwandi.
Lalu, kata Irwandi, harus ada usaha sungguh-sungguh dari dinas terkait dan seluruh elemen masyarakat Tanah Datar untuk mendukung Singkarak menuju Geopark 2020 ini. “Sebenarnya, ini sudah kita mulai sejak Juli 2019 yang lalu,” ucapnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, salah seorang dari tim Pokja Geopark Ranah Minang, Dian Hadiansyah mengatakan, tujuan adanya Geopark adalah untuk memuliakan bumi dan mensejahterakan masyarakat.
Geopark, katanya, berguna sebagai instrument handal untuk melawan, menjaga dan mendidik masyarakat agar peduli lingkungan. “Selain itu, masyarakat juga akan menerima dampak baik dari Geopark ini, yaitu meningkatkan perekonomian serta alam yang terjaga dengan baik,” ujarnya.
Diketahui, menuju Geopark Nasional 2020, Pemkab Tanah Datar mengusulkan sebanyak 20 lokasi untuk dijadikan kawasan Geopark, salah satunya Danau Singkarak.
Hingga saat ini, persipaan menuju Geopark Nasional 2020 masih memerlukan tahap pematanngan konsep, kelengkapan data lokasi dan pemerintah setempat serta tinjauan lapangan dari Pusat Survei Geologi. (Zulfikar)