kumparan
28 Okt 2018 22:27 WIB

Anwar Ibrahim: Saya Dididik Buya Hamka Lewat Karya Sastra

Langkan.id, Padang - Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, mengaku kagum dengan sejumlah tokoh yang lahir dari Ranah Minangkabau. Di antaranya Abdul Malik Karim Amrullah yang dikenal dengan Buya Hamka.
ADVERTISEMENT
"Ulama besar dunia melayu, bukan saja di Indonesia, di Malaysia dan dikagumi di dunia, Buya Hamka," kata Anwar saat kuliah umum di Universitas Negeri Padang, Minggu 28 Oktober 2018.
Ia mengatakan, banyak belajar dari karya-karya yang dilahirkan Buya Hamka. Mulai dari karya sastra hingga tafsir.
Baginya, Buya Hamka itu pemikir dan tokoh besar dunia yang beretika dan berakhlak mulia. Malah, Anwar mengaku sering membaca buku karangan Buya Hamka selama di penjara.
"Buya Hamka termasuk orang yang mendidik saya. Saya baca buku beliau tentang demokrasi, sastra, dan tafsir," ujarnya.
Anwar berada di Sumatera Barat hingga Senin (29/10). Selain memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Padang, ia juga berkungjung ke Aie Angek Cottage atau Rumah Puisi Taufiq Ismail di Kabupaten Tanah Datar.
ADVERTISEMENT
Kemudian dilanjutkan ke Perguruan Thawalib Padang Panjang dan menikmati kuliner Sate Mak Syukur. Calon Perdana Menteri Malaysia yang digadang-gadangkan ini, juga berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta di Kota Bukittinggi. (Irwanda/KP)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan