News
·
9 September 2020 21:25

Arteria Dahlan Disebut Sebagai Cucu Tokoh PKI, Keluarga Bantah

Konten ini diproduksi oleh langkan
Arteria Dahlan Disebut Sebagai Cucu Tokoh PKI, Keluarga Bantah (28249)
Politikus PDI Perjuangan, Arteria Dahlan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Penyataan Hasril Chaniago, bahwa anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Arteria Dahlan merupakan cucu dari Bachtaruddin yang merupakan tokoh dan ikut mendirikan Partai Komunis Indonesia (PKI) di Sumatera Barat dibantah pihak keluarga.
ADVERTISEMENT
Auzal Halim Dt Bagindo Sati, Paman (Mamak) dari Arteria Dahlan menyebutkan, bahwa apa yang disampaikan wartawan senior Hasril Chaniago tentang Arteria itu salah.
"Tidak benar Arteria mempunyai kakek bernama Bachtarudin. Kakek Arteria dari pihak ibu bernama Wahab Syarif, seorang pedagang textile di Tanah Abang. Neneknya bernama Lamsiar, ibu rumah tangga, dan melahirkan tujuh orang anak, salah satunya dari ibu Arteria Dahlan bernama Wasniar," ujar Auzal, Rabu (9/9).
Tidak hanya itu, menurut Auzal, ibu dari Arteria merupakan seorang guru. "Wasniar awalnya merupakan guru Sekolah Dasar perguruan Cikini, kemudian menjadi guru tata boga di SMKN 30 Pakubuwono, Jakarta Selatan,” ungkapnya.
Lalu, silsilah keluarga dari pihak bapak, jelas Auzal, kakek Arteria itu bernama Dahlan bin Ali, yang merupakan seorang pedagang di Sumatera Barat. Sementara, istri dari Dahlan yaitu Dahniar Yahya.
ADVERTISEMENT
"Kalau Dahniar Yahya yang akrab disapa Ibu Nian itu merupakan seorang guru ngaji di Kukuban, Maninjau, ia adalah tokoh Masyumi," jelasnya.
Ditegaskan Auzal, Bachtaruddin itu bukanlah kakek dari Arteria Dahlan. "Tidak benar kakek Arteria itu Bachtaruddin, sebagaimana yang disebut Hasril Chaniago itu," ucapnya.
Selain itu, Harry Asmar Dt Panghulu Dirajo yang merupakan sepupu Arteria Dahlan juga membenarkan apa yang disampaikan Auzal Halim, bahwa tidak ada Ateria memiliki kakek bernama Bachtaruddin.
Terkait nama yang disebut Hasril Chaniago, jelas Harry, memang benar bahwa itu tokoh dan ikut mendirikan PKI di Sumbar.
Namun, Harry memastikan, bahwa itu (Bachtaruddin) bukahlah kakek dari Arteria. "Di Maninjau memang ada tokoh PKI bernama Bachtaruddin. Tapi, saya pastikan itu bukan kakek dari Arteria," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Harry juga menyayangkan apa yang disampaikan Hasril Chaniago tersebut. "Karena dia kurang akurat menyampaikan informasi, Arteria secara pribadi dan partai PDI Perjuangan yang dirugikan," ungkapnya.
Diketahui sebelumnya, usai acara Indonesia Lawyers Club (ILC), Hasril Chaniago juga mengklarifikasi penyataannya tentang Arteria.
Menurut Hasril, Bachtaruddin bukan kakek kandung Arteria, melainkan orang yang sepersukuan dengan Artheria di Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.