kumparan
6 Jul 2019 20:52 WIB

Bakti Pantai BKIPM Padang Peduli Lingkungan Kawasan Wisata

Petugas BKIPM Padang bersama masyarakat setempat melakukan bersih-bersih pantai di kawasan wisata Pasir Jambak. (Foto: M. Hendra/Langkan.id)
Langkan.id, Padang - Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Padang, bersama sejumlah UPT Kementerian Kelautan dan Perikanan yang ada di Sumatera Barat, melakukan aksi Bakti Pantai di kawasan wisata Pantai Pasir Jambak. Kegiatan ini sehubungan dengan Bulan Bakti Karantina dan Hasil Perikanan 2019 dan Pekan Pelayanan Publik.
ADVERTISEMENT
Kepala BKIPM Padang Rudi Barmara mengatakan, kegiatan Bakti Pantai yang dilakukan tersebut melibatkan pengunjung dan masyarakat yang ada di kawasan wisata Pantai Pasir Jambak. Pada kegiatan ini hal yang dilakukan itu pelepasan 125 ekor tukik atau anak penyu, penanaman 40 pohon cemara laut, dan bersih-bersih sepanjang Pantai Pasir Jambak.
Ia menyebutkan dengan melibatkan pengunjung dan masyarakat, secara tidak langsung BKIPM telah mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya melindungi penyu, dan kesadaran untuk menjaga pantai dari berbagai sampah, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang nyaman.
"Sebenarnya kita merencanakan ingin melibatkan anak-anak sekolah juga pada kegiatan bakti pantai ini, cuma dikarenakan lagi libur sekolah, jadi tidak bisa kita ikut sertakan para pelajarnya. Tapi hari ini kita menggantinnya dengan cara mengajak pengunjung dan masyarakat sekitar untuk ikut terlibat dalam kegiatan ini," katanya, Sabtu (06/07/2019).
ADVERTISEMENT
Menurutnya, selain melibatkan masyarakat serta bersama sejumlah UPT KKP di Sumatera Barat, dengan diselenggarakannya kegiatan Bakti Pantai tersebut, juga melibatkan puluhan petugas BKIPM yang turut turun ke lapangan, yang mengikut rangkaian keigatan Bakti Pantai tersebut.
"Saya berharap dengan adanya kehadiran BKIPM ini dapat memberikan banyak manfaat bagi kawasan wisata Pantai Pasir Jambak khususnya," ujarnya.
Kepala BKIPM Padang Rudi Barmara bersama Kepala Pusat Standarisasi Sistem dan Kepatusan BKIPM RI Teguh Samudro saat melakukan penanaman pohon cemara laut di kawasan wisata Pasir Jambak. (Foto: M. Hendra/Langkan.id)
Kepala Pusat Standarisasi Sistem dan Kepatusan BKIPM RI Teguh Samudro mengatakan, Bulan Bakti Karantina dan Hasil Perikanan 2019 dan Pekan Pelayanan Publik, merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan oleh BKIPM. Di Indonesia kegiatan serupa juga dilakukan oleh 47 BKIPM, namun bentuk kegiatan masing-masing daerah berbeda.
Ia menyebutkan pada setiap kegiatan bulan bakti ini, BKIPM melakukan sosialisasi seputar perikanan dengan cara turun langsung ke lapangan menemui masyarakat. Kegiatan dimaksud seperti donor darah, sunatan massal, bakti pantai yakni bersih pantai dan pelepasan tukik, serta penanaman cemara laut.
ADVERTISEMENT
"Hampir seluruh BKIPM di Indonesia melakukan kegiatan yang serupa di BKIPM Padang ini. Sedangkan untuk Pekan Pelayanan Publik, semua petugas mengenakan pakaian yang menjunjung kearifan lokal. Pada setiap kegiatan itu, turut melibatkan pengguna jasa dan masyarakat, sebagai langkah menuju zona integritas," ungkapnya. (M. Hendra)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan