Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Belanda Tertarik Olah Sampah di Sumbar jadi Energi Terbarukan

Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) - (Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Langkan.id, Padang - Investor asal Belanda menyatakan keinginannya untuk mengelolah sampah yang ada di Sumatera Barat jadi energi terbarukan. Mereka berencana akan datang ke Sumatera Barat dalam waktu dekat ini, untuk melihat langsung potensi tersebut.

Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sumatera Barat, Maswar Dedi, mangatakan, adanya kenginan investor dari Belanda mengelolah sampah di Sumatera Barat jadi energi terbarukan, setelah adanya temu bisnis Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan investor di Belanda pada bulan Mei lalu.

"Kita ada temu bisnis di sana bersama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno pada Mei lalu, ada sejumlah potensi yang kita tawarkan, dan ternyata mereka minat untuk energi terbarukan yang sumbernya dari olahan sampah," katanya, Rabu (12/06).

Ia menyebutkan, keinginan investor dari Belanda kepada potensi energi terbarukan, patut untuk didukung. Hal ini mengingat Sumatera Barat pada saat ini tengah ingin mengembangkan energi terbarukan, seperti halnya pengelolaan sampah.

"Jadi pernyataan mereka jelas yakni untuk mengelolah sampah jadi energi terbarukan. Apalagi persoalan masih menjadi persoalan di semua provinsi, tak terkecuali di daerah Sumatera Barat," ujarnya.

Dedi melihat jika nanti investor Belanda sah berinvestasi maka hal tersebut dapat mengurangi jumlah volume sampah di Sumatera Barat. Artinya selain dapat menghasilkan sebuah energi terbarukan, Sumatera Barat akan diuntungkan salah satunya akan meningkatkan perekonomian dan terbukanya lapangan kerja. (M Hendra)

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.32